Mengenal Stargazy Pie, Hidangan Unik dengan Kepala Ikan Menyembul

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 04 Januari 2021
Mengenal Stargazy Pie, Hidangan Unik dengan Kepala Ikan Menyembul
Stargazy Pie merupakan pastry unik asal Inggris (Foto: instagram @matt.woodburn)

KUE pie mungkin sudah familiar di masyarakat dunia. Namun, belum lama ini ada sebuah hidangan kue pie yang sangat unik yakni Stargazy Pie. Hidangan pastry asal Inggris tersebut menggunakan ikan utuh sebagai isian. Menariknya kepala ikan dibuat tampak terlihat.

Baca Juga:

Teknik Ahli Kuliner Merebus Telur, Dijamin Enak dan Pas

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral, Inggris merupakan rumah bagi beragam kue pie, dari mulai pie klasik seperti pie apel, hingga suguhan yang jarang dikenal seperti pie steak dan pie pot.

Namun, tidak satupun dari suguhan kue tersebut yang seheboh dan seunik Stargzy Pie. Tak peduli seberapa rumit desain pie kamu, kamu tidak bisa mengalahkan keunikan pie dengan kepala sarden yang mencuat dari adonan hangat yang menghadap ke langit.

ADa kisah dibalik uniknya Stargazy Pie (Foto: instagram @the_cornish_chef)

Rupanya di balik keunikan Stargazy Pie ada sebuah legenda yang lahir dari kebutuhan. Cerita bermula pada musim dingin di abad ke-16, cuaca sangat buruk sehingga penduduk Mousehole, di Cornwall tidak bisa pergi ke laut untuk mencari ikan, dan kelaparan.

Untungnya ada seorang pahlawan lokal mengambil langkah untuk menyelamatkan semua orang. Pahlawan lokal tersebut bernama Tom Bawcock, seorang nelayan lokal yang naik ke kapalnya dan keluar ke lautan badai, di saat tidak ada orang lain yang berani.

Setelah itu, Tom Bawcock kembali dengan tangkapan legendaris yang mencakup tujuh jenis ikan. Legenda mengatakan, seluruh tangkapan dipanggang menjadi pie raksasa dengan kepala ikan menyembul pada kue untuk membuktikan bahwa ada ikan di dalamnya.

Baca Juga:

4 Kuliner Khas Penajam Paser Utara yang Super Lezat

Tradisi Tom Bawcock diduga telah dirayakan setiap tanggal 23 Desember, di The Ship Inn, Mousehole, selama ratusan tahun. Perayaan tahunan yang dikenal sebagai Tom Bawcock's Eve tersebut, menarik banyak orang ke penginapan setempat, di mana Stargazy Pie raksasa disajikan kepada pelanggan secara gratis.

Namun Tom Bawcock's Eve bukan satu-satunya waktu Stargazy Pie dibuat. Ada banyak variasi pie yang dibuat oleh banyak koki, dan itu bahkan merupakan hidangan pemenang acara Great British Menu musim 2007 dari BBC.

Bahan utama Stargazy Pie adalah pilchard (sarden), atau bisa juga diganti dengan mackerel atau herring. Beberapa koki percaya, bahwa ikan putih apapun bisa digunakan untuk isian, namun kepala sarden yang menonjol sangat penting untuk penyajian.

Stargazy pie terdiri dari isian yang terbuat dari berbagai jenis ikan yang dipanggang, dengan campuran herbal dan kulit lemon. Semuanya dicampur dengan telur parut, kentang tumbuk dan krim, kemudian ditutup dengan lapisan kue cornish. Setelah itu kepala dan ekornya dimasukan ke atas ke dalam pie, dan semuanya di masak ke dalam oven.

Beberapa orang hanya menambahkan kepala pilchard hanya sebagai hiasan, sementara sejumlah koki mengklaim bahwa menambahkan ikan utuh membuat Stargazy Pie menjadi lebih baik. Rupanya, posisi horizontal ikan tersebut memungkinkan minyak yang dilepaskannya selama pemasakan mengalir ke dalam pie hingga membuatnya menjadi lembab dan lebih beraroma. (Ryn)

Baca Juga:

Foodies! Wajib Icip 4 Kuliner Nikmat ini saat Liburan di Jakarta

#Kue Unik #Kue #Kuliner Unik #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan