Mengenal Sosok Lexyndo Hakim, CdM SEA Games Kamboja 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 15 Februari 2023
Mengenal Sosok Lexyndo Hakim, CdM SEA Games Kamboja 2023
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari (kanan) saat mengumumkan Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim. Foto: NOC Indonesia/Evan Andrew

MerahPutih.com - National Olympic Committee (NOC) Indonesia mengumumkan Chef de Mission (CdM) untuk SEA Games Kamboja 2023.

Lexyndo Hakim ditunjuk memimpin kontingen Indonesia yang akan bertarung pada multievent se-Asia Tenggara itu pada 5-17 Mei 2023.

Baca Juga

Head of Legal PSSI Ditunjuk sebagai CdM SEA Games 2023 Kamboja

Nama Lexy bukanlah sosok baru di dunia olahraga. Saat ini, dia merupakan Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta periode 2022-2026.

Baru satu tahun menjabat, Lexy sudah membawa perubahan signifikan. Dari sisi keorganisasian, dia membawa visi-misi modernisasi, digitalisasi, kolaborasi, dan sinergi.

Hubungan serta komunikasi dengan Pengurus Kota (Pengkot)/Pengurus Kabupaten (Pengkab) berjalan baik dan solid demi meraih tujuan dari program kerja.

Melihat aspek prestasi, basket Jakarta sudah merengkuh beragam gelar selama satu tahun jabatan Lexyndo. Mulai dari lolos Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022, serta Kejurnas 5X5 dan 3X3.

Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim. Foto: NOC Indonesia/Evan Andrew

Keputusan NOC Indonesia menunjuk Lexyndo terbilang tepat. Selain basket, pria yang berprofesi sebagai lawyer itu juga aktif di cabang olahraga lain.

Saat ini, dia masih aktif menduduki Head of Legal PSSI. Lexy ikut ambil peran dalam penyelesaian sengketa PSSI dengan pihak lain, baik di dalam maupun luar negeri, termasuk mengawal proses naturalisasi tiga pesepak bola senior.

Selain itu, Lexy juga masih aktif dalam kepengurusan Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI).

Tak heran, Lexyndo punya banyak relasi dan teman sehingga sangat familier di kalangan cabang olahraga mana pun.

Baca Juga

Catatan 1 Tahun Lexyndo Hakim sebagai Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta

Jabatan Penting Organisasi Tionghoa

Pengalaman keorganisasian Lexyndo tak diragukan lagi. Di luar dunia olahraga, pengalamannya berorganisasi sangat beragam.

Sepak terjang Lexyndo Hakim di luar olahraga cukup menjanjikan. Dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) periode 2021-2025.

Pada organisasi Tionghoa lain, Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta itu ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Persatuan Islam Tionghoa Indonesia periode kepengurusan 2022-2027.

Tak heran, NOC Indonesia memercayakan Chef de Mission (CdM) SEA Games Kamboja 2023 kepadanya.

Tiga Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di tiga multievent yang akan berlangsung pada 2023. Foto: NOC Indonesia/Evan Andrew
Tiga Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di tiga multievent yang akan berlangsung pada 2023. Foto: NOC Indonesia/Evan Andrew

Menduduki posisi sentral di berbagai organisasi pada usia muda ini menjadi pertimbangan NOC Indonesia memilih Lexyndo.

Dia diyakini memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik. Kiprahnya sebagai lawyer tentunya menunjukkan kualitasnya dalam penyelesaian masalah (problem solver).

Selain itu, bisa ditengok perjalanannya dari beragam organisasi, kehadiran Lexy bisa menjadi penyambung yang baik dengan para stakeholder. Kemampuan berkolaborasi dan gaya komunikasi yang baik menjadi nilai plus CdM SEA Games Kamboja 2023 itu.

Makanya, kemampuan Lexyndo Hakim diharapkan bisa membawa hal positif di Kamboja nanti, baik dari sisi prestasi maupun kebutuhan para atlet yang menjadi fokus utama. (*)

Baca Juga

CdM SEA Games 2023 Kamboja Siap Bersinergi agar Atlet Meraih Prestasi Tertinggi

#Lexyndo Hakim #SEA Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan