Mengenal Shin Tae-Yong, Pelatih Baru yang Pernah Permalukan Timnas Hingga Klub Indonesia Shin Tae-yong. (Zimbio) B

Merahputih.com - PSSI menunjuk pelatih asal Korea Selatan (Korsel), Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia. Shin Tae-Yong lahir di Gyeongbuk, 11 Januari 1970. Pria 49 tahun itu adalah mantan pemain dan juga pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia.

Bagi pecinta sepakbola Indonesia, Shin bukanlah nama baru. Shin bersama timnya kala itu tercatat pernah beberapa kali menjungkalkan Timnas hingga klub-klub Indonesia.

Sebut saja ketika dia memimpin Korea Selatan U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 tahun 2016 silam.

Baca Juga

Shin Tae-yong ke Indonesia Tanggal 26 Desember untuk Tanda Tangan Kontrak

Saat itu, Korea Selatan berada di Grup H beesama Timnas Indonesia U-23. Kedua tim bertemu pada pertandingan terakhir yang sama-sama menentukan kelolosan ke Piala Asia U-23. Diprediksi bakal jadi pertandingan yang seru, tetapi nyatanya tidak.

Shin Tae-yong dan pasukannya terlalu tangguh. Korsel menang meyakinkan 4-0 untuk lolos ke Qatar. Setelah itu, Shin Tae-yong membawa anak asuhnya mencapai final sebelum dikalahkan Jepang 0-1.

Sama halnya ketika masih bermain di Seongnam FC. Bersama tim tersebut, pria kelahiran Yeongdoek ini beberapa kali tampil di kompetisi tingkat Asia. Ia pun pernah merasakan bermain melawan tim-tim asal Indonesia.

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong

Klub pertama yang dihadapi ialah Pelita Jaya pada tahun 1994/95. Dalam dua pertandingan itu, Seongnam menang agregat 5-1 setelah menang 1-0 di leg pertama dan 4-1 di leg kedua. Musim berikutnya giliran Persib Bandung yang diladeni oleh Seongnam.

Dalam pertandingan yang digelar di Bandung tersebut Seongnam menang telak 5-2 atas tuan rumah Persib. Satu dari lima gol Seongnam itu dicetak Shin Tae-yong di menit ke-19. Kemenangan atas Persib membuat Seongnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup Asia Timur yang berujung pada gelar juara Liga Champions Asia 1995/1996.

Baca Juga

Shin Tae-yong Diminta Tangani Timnas Indonesia Senior dan Junior untuk Piala Dunia U-20 2021

Terakhir, klub Indonesia yang dihadapi oleh Shin Tae-yong adalah Persik Kediri. Bermain di Liga Champions 2004, Persik Kediri berada satu grup dengan Seongnam di Grup G.

Di leg pertama di Stadion Brawijaya, Persik tumbang 1-2 dari Seongnam. Sedangkan di leg kedua, Seongnam pesta gol ke gawang Persik dengan menang telak 15-0. Satu dari 15 gol itu dicetak Shin Tae-yong. (*/Bolaskor.com)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH