Mengenal Shamsi Ali, Imam Masjid yang Kritik Fadli Zon dan Setya Novanto

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Minggu, 06 September 2015
Mengenal Shamsi Ali, Imam Masjid yang Kritik Fadli Zon dan Setya Novanto
Imam Shamsi Ali. (capture BBC)

MerahPutih Internasional - Shamsi Ali, Imam masjid New York yang kini ramai diperbincangkan netizen akibat kritik pedasnya kepada Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang menghadiri konferensi pers kampanye Donald Trump di New York. Lalu siapa sebenarnya sosok Shamsi Ali?

Seperti yang dilansir BBC, Shamsi Ali lahir dengan nama Mohammed Utteng Ali merupakan anak ketiga dari enam bersaudara yang dianggap sebagai salah satu tokoh agama terkemuka di New York. Shamsi Ali merupakan imam masjid kota New York kelahiran Tanah Toa, Sulawesi Selatan tahun 1968.

Tahun 1988 Shamsi Ali meninggalkan Indonesia untuk bersekolah di Islamic University di Pakistan kemudian pindah ke Arab Saudi untuk mengajar. Tahun 1996 mulai bekerja di perwakilan Indonesia untuk PBB di New York dan menjadi imam masjid Al-Hikmah.

Di luar kegiatan dakwah di masjid, kampus, dan komunitas, Shamsi Ali mengajar staf FBI dan anggota Kongres di Washington tentang hubungan antar agama. Shamsi Ali juga diminta oleh Duta Besar Indonesia untuk PBB untuk membangun dan mengelola masjid Indonesia di New York.

Shamsi Ali dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul dengan orang dari berbagai kalangan. Tak heran jika Shamsi Ali juga berteman dengan mantan presiden AS George W Bush hingga Oprah Winfrey. Hanya selang beberapa hari setelah peristiwa 11 September 2001, kota New York memilihnya untuk mewakili komunitas Muslim untuk mengunjungi lokasi kejadian.

Berbeda dengan tokoh agama lainnya, Shamsi Ali menyukai musik rap dan hip hop, meskipun banyak dari rekan-rekannya yang konservatif untuk melarang musik gaul itu.

Kini Shamsi Ali lebih memilih berkhotbah dengan jamaah terbatas di Masjid Al-Hikmah New York daripada berkhotbah ke keliling beberapa masjid di seantero negeri Paman Sam.

 

Baca Juga:

Ini Jawaban Lengkap Shamsi Ali Tanggapi Ancaman Somasi Fadli Zon

Ini Percakapan Fadli Zon dengan Shamsi Ali yang Berujung Ancaman Somasi

Imam Masjid New York Kecam Kunjungan Pimpinan DPR ke Donald Trump

Imam Masjid New York: Sejam Bersama Donald Trump

Pertanggungjawaban Setya Novanto dan Fadli Zon Disegerakan

 

#Setya Novanto #Fadli Zon #Shamsi Ali
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan