Mengenal Sensasi Kupu-Kupu di Perut dan Penyebabnya

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 04 Januari 2021
Mengenal Sensasi Kupu-Kupu di Perut dan Penyebabnya
Penyebab sensasi kupu-kupu berterbangan di dalam perut. (Foto: Greatist)

PERNAH enggak sih merasakan sensansi kupu-kupu di perut? Biasanya sih perasaan ini kita alami saat sedang jatuh cinta atau berbicara di depan banyak orang. Rupanya hal ini dapat terjadi saat kita sedang dalam kondisi gugup. Namun sebenarnya apa itu sensasi kupu-kupu berterbangan di perut dan mengapa kita merasakannya?

Mengutip laman Cosmo PH, ahli mengatakan bahwa kupu-kupu gugup ini merupakan pengalaman psikologis sekaligus fisik yang merupakan naluri alamiah manusia. Sensasi ini menyebabkan kita merespons masalah secara langsung atau mundur ke zona nyaman kita.

Baca juga:

Yogurt Bagus Untuk Usus, Tapi...

"Sistem saraf membantu mempersiapkanmu untuk apa yang akan terjadi," jelas Direktur Klinis Kesehatan Mental Bupa UK Insurance, Pablo Vandenabeele. "Ketika kamu gugup, tubuhmu dapat melepaskan adrenalin yang akan mempercepat dentak jantung dan mengalihkan darah dari perut menuju lengan dan kakimu," tambahnya.

Inilah alasan ilmiah mengapa akhirnya kamu merasakan sensasi seolah kupu-kupu sedang berterbangan di dalam perutmu. Jadi bukan karena kupu-kupu itu ada sungguhan di dalam tubuhmu, melainkan berkurangnya aliran darah dalam perut.

Perasaan kupu-kupu di dalam perut biasanya terjadi  karena kita merasa gugup. (Foto: Unsplash/@Icons8 Tea)
Perasaan kupu-kupu di dalam perut biasanya terjadi karena kita merasa gugup. (Foto: Unsplash/@Icons8 Tea)

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa perut manusia sebenarnya sangat sensitif terhadap emosi. Sehingga perasaan cemas, khawatir, sedih, maupun kegembiraa dapat memicu gejala di usus. Makanya tidak heran jika sedang kencan pertama kamu jadi merasakan sesuatu di perut karena sistem pencernaanmu sebenarnya dipicu karena perasaan cemas dan gugupmu ketika bertemu si doi.

Baca juga:

Apa Bedanya Nitro, Cold Brew, dan Iced Coffee?

Laman Heathline juga menambahkan bahwa otak dan perut sebenarnya terhubung melalu saraf vagus, salah satu saraf terbesar di tubuh. Saraf ini kemudian mengirimkan sinyal dari otak ke usus dan sebaliknya. Jadi saat ada muncul perasaan seperti stres dan kecemasan, pencernaan juga jadi terganggu.

Kemudian bagaimana mengatasi perasaan kupu-kupu di dalam perut? "Perut yang gugup dapat dibantu melalui perubahan gaya hidup seperti melatih kesadaran," saran Vandenabeele. Mindfulness adalah alat penting yang harus kamu miliki saat menangani gejala kecemasan. Kamu bisa mencoba melakukan meditasi rutin untuk melatih perhatian.

Sensasi ini terjadi karena sistem pencernaan manusia sensitif terhadap emosi. (Foto: Pixabay/@Alicia_Harper)
Sensasi ini terjadi karena sistem pencernaan manusia sensitif terhadap emosi. (Foto: Pixabay/@Alicia_Harper)

Jika tidak menyukai meditasi, kamu bisa mencoba melatih napas. Atau kamu juga dapat melakukan persiapan dan perencanaan matang setiap sebelum melakukan sesuatu. "Jika kamu khawatir akan sesuatu yang akan datang, cobalah persiapkan sebanyak yang kamu bisa," jelas Vandenabeele.

Tidak lupa kesehatan fisik juga tidak kalah penting. Selain dengan mempersiapkan mental, sensasi kupu-kupu berterbangan dalam perut bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar kesehatan perut terjaga, memenuhi tidur yang cukup, serta berolahraga rutin. (Sam)

Baca juga:

4 Rahasia di Balik Kulit Wajah Glowing

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan