Mengenal Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Ana AmaliaAna Amalia - Selasa, 22 Desember 2015
Mengenal Sejarah Hari Ibu di Indonesia
(Foto: Presiden Soekarno/Screenshoot YouTube)

MerahPutih Peristiwa - Setiap tanggal 22 Desember masyarakat Indonesia merakayan Hari Ibu, sejarah Hari Ibu sendiri pertama kali dirayakan di Amerika Serikat pada tahun 1908.

Berbeda dengan di Indonesia yang jatuh pada 22 Desember, hari ibu di Amerika dan beberapa negara lainnya diperingati setiap hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Konon ketika itu seorang wanita Amerika bernama Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya di Grafton, West Virginia pada Mei 1908.

Di Indonesia Hari Ibu diperingati untuk pertama kalinya oleh Presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928.Kongres ini diselenggarakan di sbeuah gedung bernama Dalem Jayadipuran, yang kini merupaakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya.

Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

BACA JUGA: 

  1. Google Doodle Rayakan Hari Ibu
  2. Iklan Mengharukan Tentang Hari Ibu
  3. Gara-Gara Hari Ibu, Mama Minta Menantu
  4. Para Selebriti Cantik Ramaikan Hari Ibu

 

#Sejarah Indonesia #AOA
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan