Mengenal Sejarah Dunia di British Museum British Museum (Sumber: Instagram/katjaosipenk)

INGGRIS memang menjadi incaran para pelancong dunia jika berkunjung ke Benua Eropa. Negara yang merupakan bagian dari Britania Raya memiliki banyak tempat eksotis dan pantas dikunjungi. Misalnya British Museum di Ibu Kota London.

British Museum adalah salah satu museum tertua di dunia. Bangunan ini didirikan pada tahun 1753, namun pertama kali dibuka untuk publik enam tahun setelahnya yakni 15 Januari 1759 di Montagu House di Bloomsbury. British Museum juga sempat mengalami perpindahan hingga di tahun 1997 menempati lokasi yang sekarang.

1. Menjadi favorit wisatawan

Museum ini menjadi favorit pelancong (Sumber: Instagram/sherlock0115)
Museum ini menjadi favorit pelancong (Sumber: Instagram/sherlock0115)

Hampir seluruh museum di London gratis untuk dikunjungi, termasuk British Museum. Setiap tahunnya museum terbaik kelima di dunia ini didatangi 6,8 juta wisataman lokal maupun mancanegara. Di sana ada lebih dari 8 juta koleksi benda-benda kuno dunia.

British Museum beralamat di Great Russell Street, London WC1B 3DG. Museum ini buka setiap hari kecuali tanggal 1 Januari dan 24-26 Desember, pukul 10.00 hingga 17.30. Tapi setiap hari Jumat museum akan buka sampai pukul 20.30. Informasi lebih lanjut tentang jadwal British Museum bisa kamu lihat di situs resminya britishmuseum.org.

2. Beragam koleksi terkenal British Museum

Koleksi mumi di British Museum (Sumber: Instagram/cekkina90)
Koleksi mumi di British Museum (Sumber: Instagram/cekkina90)

Salah satu koleksi terbaik yang ada di British Museum adalah mumi Mesir. Bukan hanya satu, di sana ada sekitar 140 koleksi mumi dan peti matinya. Mumi-mumi tersebut ditaruh di dalam kotak kaca. Beberapa diantaranya bahkan tampak utuh dengan balutan perban berusia ribuan tahun.

Koleksi lain yang menjadi kebanggaan museum ini adalah papan catur The Lewis Chessmen dari abad ke-12. Papan catur ini ditemukan di Skotlandia tahun 1831 dan diklaim sebagai yang tertua. Selain papannya, terdapat juga 93 bidak yang terbuat dari gading gajah laut atau walrus.

Kita juga bisa menemukan berbagai artefak dari belahan dunia termasuk Indonesia. British Museum memiliki koleksi patung Budha kecil dari Candi Jago, ukiran dari Jawa serta Kepala Budha dari Borobudur. Koleksi lainnya adalah barang-barang peradaban Islam di berbagai negara.

3. Koleksi yang menjadi sengketa

Beberapa koleksi British Museum (Sumber: Instagram/britishmuseum)
Beberapa koleksi British Museum (Sumber: Instagram/britishmuseum)

Banyaknya artefak yang berasal dari luar negeri membuat beberapa koleksi British Museum menjadi kontroversi. Ada banyak organisasi yang meminta British Museum untuk mengembalikan artefak-artefak ke negara asal. Contoh koleksi yang disengketakan adalah Benda Perunggu dari Benin, Batu Rosetta dari Mesir dan Marmer Elgin dari Yunani.

Namun British Museum enggan mengembalikan barang-barang tersebut. Museum British beralasan setiap museum harus mengembalikan barang koleksi maka tidak ada lagi yang bisa dipajang. British Museum juga berargumen kalau Surat Keputusan British Museum tahun 1963 secara sah menyatakan barang yang sudah masuk ke museum maka tidak bisa dikeluarkan.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH