Pride Month
Mengenal Sapioseksual, ketika Isi Kepala Lebih Menarik daripada Kelamin Sapioseksual tertarik kepada isi otak seseorang. (foto: unsplash/michael prewett)

SELAMA ini isu preferensi seksual menjadi hal yang selalu hangat untuk dibicarakan. Secara tradisional, kita diajarkan dalam pola biner. Bahwa perempuan tertarik kepada lelaki secara seksual. Demikian sebaliknya.

Namun, di masa kini, norma tradisional tak lagi pas. Ada berbagai orientasi seksual di luar sana. Kaum LGBTQ misalnya. Belakangan munucl juga istilah panseksual. Terbaru, hadir kata 'sapioseksual'.

Untuk istilah itu, produser musik Mark Ronson punya cerita. Dalam sebuah wawancara dengan Good Morning Britain, produser dan penyanyi Mark Ronson mengungkapkan diri sebagai seorang sapioseksual. "Aku merasa diriku ini ialah seorang sapioseksual," ujarnya.

Meskipun mengaku seorang sapioseksual dalam acara tersebut, Ronson mengaku sebenarnya ia belum pernah tahu ada istilah sapioseksual sampai hal itu diungkap penulis dan jurnalis Nicki Hodgson di acara tersebut.

BACA JUGA: HAM Idola Korea yang Dirampas oleh Agensi

Hodgson sebelumnya mengidentifikasi dirinya sebagai seorang sapioseksual. "Aku pernah berkencan dengan pria, perempuan, transgender, dan mereka yang disebut biseksual. Namun, satu-satunya hal yang menghubungkan orang-orang yang aku kencani ialah isi otak mereka," jelas Hodgson.

Jadi, apa sih artinya menjadi sapioseksual?

couple
Kecerdasan seseorang menarik buat si sapioseksual. (foto: pixabay/snapwiresnap)

Kata 'sapioseksual' berasal dari istilah 'sapiens' yang berarti bijaksana. Jika dikaitkan dengan pengalaman Hodgson dan Ronson, bisa dikatakan bahwa sapioseksual adalah seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap orang lain berdasarkan tingkat kecerdasan dan isi pikirannya.

NPR.org melansir popularitas istilah tersebut mulai meningkat saat sebuah aplikasi kencan daring, OkCupid, memperkenalkan berbagai macam pilihan orientasi seksual untuk penggunanya. Salah satunya ialah sapioseksual.

Kini istilah sapioseksual jadi salah satu jenis preferensi tersendiri dalam memilih pasangan. Setiap orang memang punya preferensi dalam memilih pasangan, mulai dari penampilan fisik, selera musik, hingga kesamaan hobi. Beberapa di antaranya memiliki ketertarikan emosional, bahkan seksual, pada orang dengan tingkat kepandaian tertentu.

Dalam artikelnya di Psychology Today, Diana Raab, PhD menyebut mereka yang mengaku sebagai sapioseksual percaya bahwa otak manusia merupakan organ seks terbesar. Mereka lebih bergairah dan antusias pada lawan bicara yang punya rasa ingin tahu, berpikir tajam, serta terbuka akan hal-hal baru.

mark Ronson
Orang sapioseksual seperti Mark Ronson menyukai percakapan berbau filsafat, politik, atau psikologi. (foto: Instagram @iammarkronson)

Orang sapioseksual tertarik pada percakapan berbau filsafat, politik, atau psikologi. Namun, tidak selamanya ketertarikan ini menjurus pada seksualitas. Terkadang, sapioseksualitas juga dapat terjadi pada hubungan pertemanan biasa. Contohnya, kamu lebih suka berteman dengan orang-orang pintar karena kamu bisa mendiskusikan isu-isu seputar politik atau ekonomi. Bisa dikatakan hal tersebut juga bagian dari sapioseksualitas.

Fenomena itu juga didukung oleh sebuah jurnal penelitian yang terbit di Intelligence. Penelitian yang dilakukan kepada 383 orang dewasa tersebut mencari tahu kualitas apa yang dicari dalam pasangan, serta ketertarikan mereka pada tingkat kecerdasan yang berbeda-beda.Hasilnya menunjukkan bahwa 'kecerdasan' menempati posisi kedua pada kualitas yang paling disukai dalam pasangan, setelah 'baik dan pengertian'.

Raab menjelaskan bahwa preferensi sapioseksual ini mungkin saja terbentuk dari apa yang terjadi selama masa kecil seseorang, termasuk bagaimana dia memandang hubungan asmara. Faktor-faktor yang mendasari hal tersebut meliputi hubungan dengan orangtua, pengalaman cinta pertama, serta pengalaman intim pertama dengan pasangan.

Ada kemungkinan seseorang mencari pasangan dengan sifat atau kualitas diri yang tidak pernah dimiliki. Fenomena itu ternyata dapat membantu seseorang mengenal diri sendiri lebih dalam.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan seorang sapioseksual juga mempertimbangkan kualitas lain di samping kecerdasan pasangannya, seperti halnya penampilan fisik, kebaikan hatinya, atau selera humor.(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Fitur Terbaru Google untuk Smartphone Android
Fun
5 Fitur Terbaru Google untuk Smartphone Android

Google menghadirkan lima fitur baru untuk smartphone Android.

Sukses Besar, Konser Virtual BLACKPINK Raup Pendapatan Rp147 Miliar
ShowBiz
Sukses Besar, Konser Virtual BLACKPINK Raup Pendapatan Rp147 Miliar

Grup asuhan YG Entertainment itu berhasil menarik 280 ribu penonton di luar negara Tiongkok.

Levi’s x Pokemon, Bikin Kamu Tampil Imut dan Tetap Hype
Fashion
Album Baru White Shoes & the Couples Company Sangat Eksperimental
ShowBiz
Album Baru White Shoes & the Couples Company Sangat Eksperimental

White Shoes & the Couples Company melakukan banyak eksperimen di album baru.

Mengenal Mutasi Virus dan Penyebabnya
Fun
Mengenal Mutasi Virus dan Penyebabnya

Apa yang dimaksud dengan mutasi virus?

Cara Berkualitas Menghabiskan Waktu Luang Agar Lebih Bermanfaat
Fun
Cara Berkualitas Menghabiskan Waktu Luang Agar Lebih Bermanfaat

Ada beberapa cara untu menghabiskan waktu luangmu untuk jadi lebih bermanfaat.

Cara Memutuskan Pacar Berdasarkan Jurusan Kuliah, Maaf Valid No Debat!
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Memutuskan Pacar Berdasarkan Jurusan Kuliah, Maaf Valid No Debat!

Ketika ilmu dikaitkan dengan hubungan pacaran.

Keuangan Sosial Syariah dan Filantropi untuk Pulihkan Indonesia dari COVID-19
Fun
Keuangan Sosial Syariah dan Filantropi untuk Pulihkan Indonesia dari COVID-19

Kolaborasi akan memudahkan Indonesia pulih dari pandemi COVID-19.

Siasati Pandemi, Jangar Rilis Video Live Session
ShowBiz
Siasati Pandemi, Jangar Rilis Video Live Session

Jangar membuat panggung online pertama dengan konsep tempat di alam terbuka.

Episode Pamungkas Dokumenter Arashi Tayang 28 Februari
ShowBiz
Episode Pamungkas Dokumenter Arashi Tayang 28 Februari

Nantinya akan menampilkan konser Arashi sebelum hiatus.