Mengenal Resin, Bahan Kimia yang Bisa Memperluas Kreativitasmu Diorama pulau dengan resin. (Foto: Rumble)

MULAI dari sungai beserta hewan di dalamnya, bangkai kapal tenggelam serta ekosistemnya, situasi peperangan beserta tank yang terkena cipratan genangan air bercampur lumpur, sampai pemandangan garis pantai beserta ombak dan gradasi laut, semua bisa kamu buat sebagai pajangan dengan penggunaan bahan kimia resin untuk diorama kamu.

Digunakan juga sebagai alat perekat, beberapa hasil kreasi diorama maupun kerajinan tangan dengan resin mampu membuat hasil karyamu lebih imajinatif dan realistis lho! Penasaran?

1. Terarium Air Terjun

Mengenal Resin, Bahan Kimia yang Bisa Memperluas Kreativitasmu
Terarium air terjun dalam air. (Foto: instructables.com)

Pada dasarnya, resin merupakan bahan kimia bening yang bisa digunakan untuk apa saja. Namun karena ketransparannya, resin bisa dijadikan sebagi bentuk air ataupun awan sesuai kebutuhan. Dalam terarium ini, resin dijadikan sebagai genangan air untuk membuat air terjun.

Pada dasarnya resin berwarna bening dan kamu bisa mencampurnya dengan pewarna resin khusus dan mewarnainya sesuai dengan takaran masing-masing.

2. Diorama landscape paus

Mengenal Resin, Bahan Kimia yang Bisa Memperluas Kreativitasmu
Hiu dalam diorama menggunakan epoxy resin. (Foto: youtube)

Epoxy resin mampu menunjang imajinasi tanpa batas yang kamu miliki, termasuk membuat diorama paus yang setengah muncul ke permukaan laut. Untuk membuat ini, kamu membutuhkan mainan hiu itu sendiri dan juga cetakan sesuai kebutuhan.

Setelah resin terbentuk, kamu bisa menggunakan sand paper atau amplas untuk menjernihkan hasil resin. Untuk membuat bebatuannya, kamu bisa menggunakan spons yang dicat sendiri dan kemudian ditempel dengan resin yang sudah kamu buat.

3. Lukisan resin

https://www.youtube.com/watch?v=z5B1nDL9RhY
Epoxy resin sebagai pajangan dinding. (Foto: Paint Addict Studios)

Tidak terbatas sebagai penunjang realitas dalam diorama, resin juga bisa digunakan untuk berbagai kerajinan lukisan. Biasanya resin yang digunakan untuk lukisan lebih bersifat abstrak dengan campuran warna yang banyak. Untuk lukisan, tidak ada aturan dalam mencampur-campur warna.

Tetapi pada dasarnya semua penggunaan resin harus sesuai takaran terhadap bahan campuran yang biasanya digunakan untuk menghilangkan gelembung serta bahan campuran yang digunakan untuk mempercepat pengeringan resin. Jika tidak diaduk sesuai dengan aturan, resin bisa gagal dan menjadi lengket dan tidak bisa kering.

4. Diorama peperangan

Bagi kamu yang suka diorama berjenis peperangan, pasti kamu akan menyukai diorama dengan bantuan resin ini. Setelah merakit pesawatnya itu sendiri, pada kerajinan ini ia ingin membuat setting dimana pesawat terjatuh dan terdampar di lautan.

Setelah selesai membuat pantai, resin akan diracik dan diwarnai yang kemudian diaduk dan dituangkan ke diorama. Untuk menghasilkan gradasi, kamu harus meracik resin berulang kali dan tidak bisa diselesaikan dalam sekali penuangan dan peracikan resin.

5. Diorama kolam koi

<iframe width="1423" height="620" src="https://www.youtube.com/embed/z5B1nDL9RhY" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>
Diorama kolam koi. (Foto: peblaze)

Dengan tanaman air cantik dan bunga dipinggir kolam, kamu bisa membuat diorama kolam dengan menggunakan ikan-ikan koi indah yang sedang berenang di permukaan air.

Untuk ikan koi, kamu bisa menggunakan clay dan mengecatnya sendiri, atau kamu bisa menggunakan mainan yang kemudian akan dicelupakan ketika resin sudah agak mengental. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH