Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Idola Generasi Z Juice WRLD yang mengawali karirnya dari SoundCloud. (Foto: DJBooth.com)

MURNI bermodalkan kecakapannya dalam bermusik, Juice WRLD ditawarkan kesempatan bernilai lebih dari $3 juta dollar atau sekitar hampir 43 M. "Kami merasakan, bahwa ia bisa menjadi suara dari generasinya." ungkap Dash Sherod selaku Artist & Repertoire dari Interscope Records, ketika nekat membuat kesepakatan dengan nilai yang sangat besar untuk artis sekelas rapper SoundCloud berumur 19 tahun pada Maret 2018 lalu.

Lucid Dream, merupakan single terbesar dari Juice WRLD yang berhasil mengangkatnya sampai menjadi idola hip-hop remaja generasi ini. Dirilis tahun lalu, lagu Lucid Dream berhasil tercatat sebagai lagu yang paling sering di putar di SoundCloud akhir 2018 lalu.

Selain meraih jumlah streaming lebih dari 123 juta kali di platform tersebut, Lucid Dream juga berhasil memanjat tangga Billboard Hot 100 sampai pada nomor 2 dan bertahan selama 42 minggu. Hingga saat ini video untuk lagu tersebut telah di ditonton sebanyak 315.919.292 juta kali.

(video: Youtube/Lyrical Lemonade)

Juice WRLD yang sebelumnya memiliki followers Instagram berjumlah 2,000an, saati ini telah mencapai 5,7 juta pengikut.

"Sekarang, saya pikir orang akan memberikan kesepakatan senilai $6 Juta kepada Juice WRLD" tukas Sherrod.
Memulai karir lewat platform musik digital SoundCloud pada tahun 2015, kini Juice WRLD telah bergabung dengan Interscope Records yang telah bekerjasama dengan Eminem, Imagine Dragons, Selena Gomez, Gun N'Roses, Lady Gaga, Kendrick Lamar, BlackPink, dan artis terkenal lainnya.

From zero to hero, yuk kita kupas lebih lanjut cerita tentang Juice WRLD, penyanyi bergenre emo-rap yang menjadi idola generasi Z!

1. Berawal dari SoundCloud, sampai menjadi sensasi dunia

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Generasi Z
Juice WRLD dilarang mendengarkan musik hip-hop oleh ibunya saat kecil. (Foto: complex.com)

Memulai karir lewat platform musik digital SoundCloud, Juice WRLD merilis single pertamanya berjudul Forever yang diunggahnya ketika ia duduk di bangku SMA pada tahun 2015.

Dengan akun bernama JuicetheKidd, penyanyi dengan nama asli Jarad Anthony Higgins ini memilih nama panggung yang terinspirasi dari kecintaannya terhadap rapper legendaris Tupac Shakur, dan filmnya, Juice (1992).

2. Pernah dilarang mendengarkan musik hip-hop

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Generasi Z
Lagu Lucid Dream berhasil membuat karir Juicy WRLD melonjak. (Foto: hypebeast.com)

Rapper muda yang kerap disebut dengan nama Juice ini, pernah dilarang mendengarkan musik hip-hop oleh ibunya, siapa sangka kini ia menjadi salah satu musisi hip-hop terbesar di generasi Z.

Hidup dengan kakak laki-laki dan ibunya, ayah Juice meninggalkan ibunya ketika ia baru berusia tiga tahun. Merupakan orang yang sangat taat dan religius, ibunda Juice melarangnya untuk mendengarkan musik beraliran hip-hop.

Scene ini berhutang terima kasih pada para sepupu Juice, karena tanpa mereka mungkin tidak akan lahir raja hip-hop dengan sentuhan emo-rap di era sekarang. Sebagaimana ia mendapatkan referensi hip-hop kala itu hanya Juice dapatkan dari mereka.

Diperkenalkan kepada musisi hip-hop legendaris seperti Cam'ron, Jeezy, dan Lil Wayne, Cassidy, dan Meek Mill, membuat Juicy semakin tertarik dalam dunia hip-hop dengan membuat grup dengan tetangganya yang bernama Team Imperial.

Sebagai member termuda dalam tim, sejak dini bakat Juice WRLD telah tersibak oleh teman-temannya atas skill freestyle-nya yang sangat kreatif dan seolah tidak pernah kehabisan ide.

3. Gaya bermusik dipengaruhi oleh berbagai genre musik

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Generasi Z
Juice WRLD menjadikan berbagai genre sebagai pengaruh musiknya. (Foto: AXS.com)

Berhasil menepis gelar 'one hit wonder'', album kedua Juice WRLD yang dirilis 8 Maret lalu ini dikatakan akan memperdengarkan musik yang terpengaruhi oleh segala genre musik.

Orang bisa mengatakan mereka mendengar pengaruh genre rock, band Blink 182, emo, dan lain-lain, namun di album ini kamu bisa mendengar seluruh genre yang ada, ungkap Juice WRLD ketika diwawancarai oleh Rollingstone. Ia memiliki seluruh lagu, mulai dari lagu untuk trap house, sock hop, caribbeans, raves, untuk berdansa, tambah penyanyi yang lahir pada 2 Desember 1998 ini.

4. Mengidap gejala autisme sejak kecil tidak menghentikan Juice WRLD untuk berkarya

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Generasi Z
Juice WRLD baru saja merilis album keduanya pada 8 Maret lalu. (Foto: Rap-Up.com)

Lahir dan besar di Chicago, Jarad Higgins, ibu, dan kakaknya, hidup secara nomaden ke daerah pinggiran sekitaran South Side, Chicago karena pelantun All Girls Are the Same ini terus membuat masalah di sekolahnya.

Lahir dengan nama Jarad Higgins, Juice merupakan anak yang pintar disekolahnya. Namun ketika ia duduk di kelas lima sekolah dasar, Juice kecil didiagnosa gejala ADD (Attention Deficit Hyperactive), gejala yang menunjukkan kesulitan dalam berkonsentrasi, menerima instruksi, impulsif, dan selalu menunjukkan aktivitas motorik yang berlebihan.

5. Karakteristik dalam bermusik dan pesan yang dihantarkan dalam setiap alunan lagu

Mengenal Rapper Juice WRLD, Sosok Musisi Emo-Rap Generasi Z
Pesan-pesan menyayat hati yang terselubung dalam karya Juice membuat ia digemari dikalangan milenial. (Foto RhymeSource.com)

Juice WRLD dikenal dengan lirik-lirik bertema "patah hati" yang digemari oleh generasi milenial dan generasi Z. Perpaduan vokal yang terdengar putus asa, dengan melodi yang menyayat hati, serta ketukan rap modern yang up-beat diiringi dengan riff gitar pada lagu-lagu era tahun 90-an, menceritakan sejuta makna yang bisa menghubungkan kondisi remaja saat ini yang lebih berpotensi untuk mengalami depresi dan berbagai gangguan mental di era digital.

Untuk membuat seseorang keluar dari masa-masa gelapnya, Juice WRLD mengatakan bahwa sebagai musisi, ia harus mencoba untuk berada di masa-masa gelap mereka agar bisa ikut merasakannya."itu tidak akan berjalan lancar jika kamu hanya mengarahkan jarimu dan mengatakan bahwa ia adalah pecandu narkoba. Kamu bodoh, dan kamu harus berhenti', menurut Juice.

"Kita tidak akan tahu apa yang sedang dilalui seseorang, karena setiap orang memiliki perjuangan terhadap masalah yang berbeda-beda. Ada yang telah melewati hal yang sangat buruk dan berat di dalam hidupnya, sehingga pelarian mereka disalurkan dengan penggunaan obat terlarang." ungkap Juice WRLD yang telah menjadi pecandu berat narkoba sejak duduk di bangku sekolah kelas enam.

Dari karya-karyanya, seolah Juice WRLD ingin memberikan dukungan penuh kepada orang-orang diluar sana yang juga sedang berjuang dalam segala permasalahan hidupnya masing-masing. "Kamu tidak sendiri. saya bertarung dengan kamu, jadi ketahuilah bahwa aku disini." ungkap Juice WRLD. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya