Film

Mengenal Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di 'Doctor Strange 2'

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 09 Mei 2022
Mengenal Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di 'Doctor Strange 2'
Raden Topo Wresniwiro merupakan aktor berkebangsaan Inggris keturunan Indonesia. (Foto: Marvel)

SETELAH film Doctor Strange in the Multiverse of Madness resmi tayang di Indonesia, mendadak nama Raden Topo Wresniwiro viral di media sosial. Ia merupakan aktor berkebangsaan Inggris keturunan Indonesia.

Berperan sebagai karakter Master Hamir sejak film pertama Doctor Strange (2016), Raden Topo diketahui sebelumnya merupakan guru privat di Inggris. Topo mendirikan Topo Tutorials sejak 2009, mengajar matematika, bahasa Inggris, studi bisnis, dan karate.

Baca juga:

Doctor Strange Kembangkan Cerita Karakter dengan Lebih Kompleks

Mengenal Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di 'Doctor Strange 2'
Raden Topo Wresniwiro pertama kali muncul di Doctor Strange (2016). (Foto: YouTube)

Raden Topo Wresniwiro pertama kali muncul di Marvel Cinematic Universe (MCU) sebagai cameo dalam Doctor Strange (2016). Ia saat itu memerankan Master Hamir yang merupakan seorang guru sihir. Master Hamir adalah anggota Master of Mystic Arts yang bermukim di Kamar-Taj. Kuil itu merupakan tempat Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) menyembuhkan tangan dan belajar sihir.

Saat Strange pertama kali tiba di Kamar-Taj, ia mengira Master Hamir adalah Ancient One. Namun, Hamir ternyata hanya diminta Ancient One (Tilda Swinton) untuk menunjukkan kemampuan sihirnya di hadapan Strange.

Kini, Master Hamir kembali muncul sebagai salah satu anggota Masters of Mystic Arts di Kamar-Taj dalam Doctor Strange 2. Master Hamir muncul bersama Doctor Strange dan Wong (Benedict Wong) saat mereka menyambut kedatangan Scarlet Witch (Elizabeth Olsen).

Baca juga:

Keseruan Produksi Film 'Doctor Strange 2'

Mengenal Raden Topo Wresniwiro, Aktor Keturunan Indonesia di 'Doctor Strange 2'
Raden Topo Wresniwiro kembali tampil di Doctor Strange 2. (Foto: Greenscene)

Selain dalam MCU, Raden Topo Wresniwiro juga tampil sebagai cameo di sejumlah film Hollywood lainnya. Berdasarkan situs IMDb, ia bermain di Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015) sebagai Ubert Quaril. Selain itu, Raden Topo Wresniwiro juga bermain di Maleficent: Mistress of Evil (2019) yang dibintangi Angelina Jolie. Di film itu, ia memerankan karakter Tundra Spiritual Fey.

Kemunculan Raden Topo dalam Doctor Strange 2 membuat warga net merasa bangga meski sang aktor tidak berkebangsaan Indonesia. Namun, Raden Topo Wresniwiro masih memiliki darah Indonesia dalam dirinya. Apalagi ia sudah lebih dari satu kali ikut andil dalam film Hollywood.

Raden Topo Wresniwiro ternyata lahir di Semarang, Jawa Tengah. Ia juga pernah tinggal di beberapa kota di Indonesia seperti Kudus, Yogyakarta, dan Jakarta. Namun, sejak usia muda, ia pindah dan dibesarkan di London, Inggris. Ia pun berpindah kewarganegaraan karena menetap di Inggris.

Karier keartisan Raden Topo sendiri dimulai saat ia memerankan peran kecil dalam film The Mystery of Edwin Drood (2012) sebagai orang Timur. Sejak saat itu kariernya sebagai aktor semakin diperhitungkan. Penampilan Raden Topo Wresniwiro dapat disaksikan di Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang tayang sejak 5 Mei di bioskop Indonesia. (DGS)

Baca juga:

Kurang dari Seminggu 'Doctor Strange 2' Sudah Raup Rp 1,3 Triliun

#Film #Doctor Strange # Marvel Cinematic Universe #Aktor Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan