Kesehatan

Mengenal Prosopagnosia, Kondisi Buta Wajah Dialami Brad Pitt dan Steve Wozniak

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 21 Maret 2023
Mengenal Prosopagnosia, Kondisi Buta Wajah Dialami Brad Pitt dan Steve Wozniak
Aktor kenamaan Hollywood Brad Pitt akui kalau dirinya memiliki kondisi prosopagnosia. (Foto: IMDB)

LUPA terhadap wajah seseorang baru dikenal merupakan hal yang wajar. Namun, kamu harus waspada kita kamu malah lupa dengan wajah orang terdekatmu, bahkan diri sendiri.

Hal yang manusiawi ketika seseorang dapat membedakan dan mengenali ribuan wajah yang mereka temukan. Wajah atau rupa seseorang kemudian dihubungkan dengan informasi lain seperti nama dan identitas yang telah disimpan di pikiran dari waktu ke waktu. Maka, sulit mengingat wajah orang yang telah dikenal lama dan wajah sendiri merupakan tanda dari adanya sebuah gangguan bernama prosopagnosia.

Baca Juga:

'Bullet Train' Hadirkan Aksi Penuh Ketegangan dalam Perjalanan Kereta Cepat

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke, Prosopagnosia yang juga dikenal sebagai kebutaan wajah atau agnosia wajah adalah gangguan neurologis yang ditandai dengan ketidakmampuan untuk mengenali wajah. Istilah ini berasal dari kata Yunani prosopon ‘wajah’ dan agnosia ‘kurangnya pengetahuan’.

Kondisi tersebut seringkali membuatnya disangka sombong. (Foto: IMDB)

"Bergantung pada tingkat gangguannya, beberapa orang dengan prosopagnosia mungkin hanya mengalami kesulitan mengenali wajah yang dikenal, sementara yang lain tidak dapat membedakan wajah yang tidak dikenal. Orang lain mungkin tidak dapat membedakan wajah sebagai objek yang berbeda. Beberapa orang bahkan tidak dapat mengenali wajah mereka sendiri,” tulis National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Menurut data yang dihimpun oleh Harvard University, kondisi ini sebenarnya tidak begitu langka. Tercatat 1 dari 33 orang di dunia mengalami kondisi neurologis tersebut.

Baca Juga:

Debut ‘Bullet Train’ Geser ‘League of Super-Pets’ dari Puncak Box Office

Beberapa tokoh terkenal di dunia juga rupanya ada yang memiliki kondisi ini, mereka ialah aktor Hollywood Brad Pitt dan Co-founder Apple Steve Wozniak.

Pitt mengaku memiliki kondisi prosopagnosia membuat orang salah paham. Ia bahkan kerap kali dianggap sombong oleh banyak orang karena tidak dapat mengenali wajah.

Ketika tidak bisa mengingat wajah seseorang yang ia temui, bintang Bullet Train itu biasanya meminta orang untuk mengingatkannya di mana atau kapan mereka bertemu, tetapi orang umumnya menjadi tersinggung.

Selain Brad Pitt, Co-founder Apple Steve Wozniak rupanya juga memiliki prosopagnosia. (Foto: IMDB)

"Begitu banyak orang membenci saya karena mereka pikir saya tidak menghormati mereka, saya seringkali dianggap egois dan sombong, padahal itu misteri untuk saya, saya tidak dapat memahami dan mengingat wajah," kata Pitt seperti dikutip dari Global News.

Meskipun begitu, prosopagnosia tidak terkait dengan disfungsi memori, kehilangan memori, gangguan penglihatan, atau ketidakmampuan belajar. Kondisi ini diduga akibat pengaruh bawaan, kerusakan, atau gangguan pada lipatan di otak yang tampaknya mengoordinasikan sistem saraf yang mengendalikan persepsi wajah dan memori, yakni gyrus fusiformis kanan.

Walaupun tidak ada pengobatan untuk kondisi ini, ada perawatan yang ditujukan untuk membantu individu mengembangkan cara mengkompensasi dan beradaptasi dengan kondisi tersebut. (dsh)

Baca Juga:

Meski Sudah Rampung, Warner Bros. Batal Merilis Film 'Batgirl'

#Kesehatan #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan