Otomotif

Mengenal Pontiac Ghost Car, Mobil Berbalut Plexiglass

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 19 Agustus 2020
Mengenal Pontiac Ghost Car, Mobil Berbalut Plexiglass
Mobil Pontiac Ghost Car terlihat sangat unik (Foto: vintage every day)

DILUNCURKAN pada 1939, Pontiac Ghost Car merupakan mobil transparan pertama yang dibuat di Amerika. Bagian-bagian dalam body mobil yang biasa tertutup pada mobil biasa, di Pontiac Ghost Car terlihat jelas.

Seperti yang dilansir dari laman Odditycentral, Pontiac Ghost Car dibangun oleh General Motors dalam kemitraan dengan Rohm dan Hass, perusahaan yang menemukan Plexiglas.

Baca juga:

Mobil ala Avatar Buatan Mercedez-Benz

Bahan revolusioner itu menggantikan lembaran logam, sehingga memberikan pandangan yang jelas tentang tata cara kerja bagian dalam mobil.

Body mobil Pontiac ini terbuat dari plexiglas (Foto: vintage every day)

Untuk menambah penampilannya yang mencolok, struktur metalik dan tembaga sangat terlihat di mobil itu. Lalu terdapat pula berbagai perangkat keras yang berlapis krom, serta ban yang berwarna putih. Saat itu, total pembuatan Ghost Car diperkirakan sekitar USD25 ribu atau sekitar Rp369 juta.

"Mobil transparan, yang pertama dibangun di Amerika Serikat oleh Fisher Body Division. Mobil yang paling mencolok di jalan raya dan gedung cakrawala GM di pameran dunia New York," bunyi siaran pers General Motors tahun 1939.

"Mobil tersebut dibuat untuk menunjukan interior yang kokoh dan fitur lainnya yang lengkap, dengan jendela yang bisa naik turun, pintu yang bisa dibuka-tutup. Satu-satunya material yang kurang ialah insulasi yang biasanya diaplikasikan pada permukaan bagian dalam, tapi dikerjakan dengan material baru, yakni plastik sintetis sebening kristal," lanjut siaran pers tersebut.

Baca juga:

GIIAS akan Hadirkan Konsep Baru di Akhir Tahun 2020

Pada 1940, Pontiac Ghost Car kedua dibangun untuk pameran Golden Gate. Tak hanya itu, kendaraan yang menarik perhatian ini pun ditampilkan dalam materi promosi Pontiac serta majalah otomotif.

Pontiac Ghost Car tahun 1939 pernah dipinjamkan ke Smithsonian selama Perang Dunia 2. Tahun 2011 mobil ini dilelang seharga Rp308 ribu atau sekitar Rp4,5 miliar. (ryn)

Baca juga:

Mengintip Mobil Listrik Termurah di Dunia, Hanya Rp13 Juta

#Pontiac #Mobil Kuno #Mobil Unik #Mobil Mahal
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan