Mengenal Pfunds Molkerei, Toko Susu Terindah di Dunia Toko Susu Terindah di Dunia menyimpan kisah dan sejarah yang menarik (foto: jerzy strjelecki/wikimedia commons)

SEBUAH toko susu telah jadi destinasi wisata favorit. Bagaimana bisa?

Ketika kamu masuk ke Pfunds Molkerei, toko susu terindah di dunia, kamu akan merasakan dekorasi paling megah di Verasilles. Hanya untuk membeli sepotong keju atau Yogurt.

Tempat ini terletak di Batuzner Strabe 79, Dresden Jerman. Pfunds Molkerei merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Kota Jerman. Lebih dari 500.000 turis mampir setiap tahun.

Baca Juga:

'Rumah Pie' Mendadak Viral di Media Sosial, Ini Penyebabnya

Hal tersebut tak biasa untuk sebuah toko susu. Namun, ini bukanlah toko susu biasa. Terdapat sentuhan istana, bahkan beberapa orang mengatakan bahwa dekorasi di toko itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kebanyakan interior istana.

Tampilan toko susu Pfunds Molkerei (Foto: instagram @moody.meets.world)

Seperti dilansir laman Odditycentral, seluruh tempat ini didekorasi ubin keramik yang diproduksi Villeroy & Boch. Semuanya dilukis dengan tangan dalam gaya Neo-Renaissance oleh seniman lokal.

Pada 1998, Pfunds Molkerei dianugerahi gelar 'Toko susu Terindah di Dunia' oleh Guinness World Records.

Sejarah Pfunds Molkerei bermula pada 1879, saat petani Jerman Paul Pfund pindah dari Reinholdshain ke Dresden dengan enam sapi dan babi yang sama banyaknya.

Baca juga:

Hias Rumah dengan 10 Ribu Piring Porselen, Pria Ini Jadi Viral

Petani tersebut lalu mendirikan bisnis susu kecil di Gorlitzer Strabe, lokasi orang-orang yang lewat dapat mengamati bagaimana sapi diperah dan susu disiapkan untuk dijual. Tahun berikutnya, saudara laki-laki Paul, aktor Friedrich Pfund, bergabung dengan bisnis tersebut. Mereka bersama-sama mendirikan perusahaan susu Dresdner Gebruder Pfund.

Friedrich Pfund meninggal pada 1893. Setelah kepergiannya, putra Paul, Kurt dan Max, bergabung dengan perusahaan dan membantu brand itu berkembang.

Pada awalnya, perusahaan susu itu sangat sederhana. Hanya memproses 150 liter susu setiap hari. Akan tetapi, pada 1930, perusahaan itu sudah memproses lebih dari 60.000 liter setiap harinya.

Dengan kelebihan produksi susu tersebut, Pfund menjadi produsen susu kental pertama di Jerman. Mereka pun mulai menjual sabun susu serta susu formula.

Toko produk susu Pfund Molkerei yang sangat indah tersebut dibangun pada 1891. Dalam toko didekorasi dengan ubin keramik rumit yang dibuat oleh salah satu perusahaan keramik tertua di Jerman, Villeroy & Boch.

Menariknya, Pfunds Molkerei secara ajaib selamat dari pengeboman Dresden pada Perang Dunia 2. Toko itu bahkan terus beroperasi hingga 1978. Setelah sempat ditutup, barulah pada 1995 toko susu itu kembali dibuka. Sejak saat itu, toko yang menakjubkan ini menjadi landmark Dresden yang diakui secara global.

Meskipun produk perahnya sendiri tidak lagi beroperasi, toko tersebut terus menjual berbagai olahan susu serta sabun susu yang populer. (Ryn)

Baca Juga:

Viral, di Negara Ini Ada Festival Membakar Gunung

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH