Mengenal Penyebab Terjadinya Serangan Jantung Meski Telah Pasang Ring Kenali penyebab terjadinya serangan jantung (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

PEMASANGAN ring dilakukan pada pasien yang mengalami penyempitan pembuluh darah. Hal itu bertujuan untuk memperbaiki asupan darah secara memadai. Penyempitan pembuluh darah juga bisa terjadi secara tiba-tiba atau kronis.

Pada pasien yang mengalami penyempitan tiba-tiba, perlu adanya pemasangan ring segera, untuk mengurangi risiko komplikasi jantung, bahkan risiko terparahnya yakni kematian.

Baca Juga:

Awas, Jangan Abaikan Penyakit Jantung Bawaan

Sementara itu, untuk orang lainnya, tindakan pemasangan perlu adanya investigasi terlebih dahulu, guna memastikan adanya penyakit jantung koroner

Pada Media Gathering yang diadakan oleh Heartology Cardiovascular Center secara online, Dafsah Arifa Juzar, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, menjelaskan, ada beberapa cara untuk menginvestigasi penyakit jantung.

Dafsah Arifa Juzar, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, menjelaskan, ada beberapa cara untuk menginvestigasi penyakit jantung (Foto: dok. heartology cardiovascular center)

Seperti halnya EKG atau Elektrokardiogram, yang dilakukan untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung dan dapat memperlihatkan adanya kekurangan asupan oksigen atau bahkan kerusakan otot jantung akibat serangan jantung.

Menurut dr. Dafsah, pada orang yang tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan EKG saat istirahat, bukan berarti aman dari penyakit jantung koroner. Hal tersebut disebabkan lantaran penyakit jantung koroner bersifat degeneratif

Selain itu, dr. Dafsah juga menjelaskan, bahwa penyakit jantung koroner atau proses aterosklerosis merupakan proses alamiah yang akan terjadi dengan bertambahnya umur.

"Proses aterosklerosis ini akan terakselerasi bila didapatkan faktor-faktor risiko, seperti tekanan darah tinggi, merokok, sakit kencing manis, hiperkolesterolemia, riwayat keluarga dengan penyakit jantung prematur, dan kebiasaan hidup tidak sehat," tutur dr. Dafsah pada merahputih.com, di media gathering Heartology Cardiovascular Center, Sabtu (19/6).

Pemeriksaaan EKG saat istirahat saja, belum cukup untuk orang-orang yang mempunyai lebih dari satu faktor risiko jantung atau telah berumur di atas 30 tahun.

Karena itu, performa jantung dalam mengatasi beban kerja, perlu diuji dengan pemeriksaan stress test. Pemeriksaan stress test sendiri bisa dilakukan dengan treadmill stress test, pemeriksaan stress echo, dan pencitraan lainnya.

Baca Juga:

Waspada Serangan Jantung Mendadak Ketika Olahraga Berlebihan

Bila penyakit jantung koroner tidak dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan, maka diperlukan prosedur angioplasti (pemasangan ring).

Dokter Dafsah menjelaskan "Pemasangan ring jantung merupakan prosedur non bedah dengan anestesi lokal dan sedasi ringan. Akses ke pembuluh darah koroner sebagian besar melalui pembuluh darah di pergelangan tangan dan ataupun pembuluh darah di pangkal paha pada keadaan tertentu."

Sementara itu, saat pemasangan ring atau selama tindakan berlangsung, pasien akan dalam keadaan sadar namun nyaman.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pemasangan ring (Foto: pixabay/pexels)

Pada penyempitan sedang yang lebih dari satu indikasi pemasangan cincin, dapat dikonfirmasi dengan pemeriksaan iFR (Instant wave-free Ratio) ataupun FFR (Fractional Flow Reserve), sehingga pemasangan ring yang tidak berindikasi bisa dihindari dan juga untuk mengurangi risiko komplikasi akibat pemasangan ring yang tidak diperlukan.

Pemasangan ring yang optimal dibutuhkan konfirmasi dari alat pencitraaan intravaskular. Alat intravaskular yang dimaksud adalah IVUS (IntraVascular Ultrasound), yang merupakan teknologi imaging dengan ultra sound, untuk memberi gambaran di dalam pembuluh darah, termasuk plak serta kondisi pembuluh darah.

Informasi yang didapat dari hasil pencitraan tersebut, akan memfasilitasi pemilihan metode persiapan kelainan penyempitan pembuluh darah, agar dapat dipasang ring secara optimal. Optimal yang dimaksud, yakni berkurangnya risiko penyempitan dan komplikasi pada lokasi pemasangan ring tersebut.

Untuk kelainan jantung koroner yang sudah lanjut, berat atau kompleks, penyempitan pembuluh darah jantung telah mengalami pengapuran, atau klasifikasi.

Apabila hal itu terjadi, maka diperlukan adanya terapi tambahan, agar pemasangan ring mencapai hasil optimal, berdasarkan konfirmasi IVUS.

Teknologi-teknologi yang ada di Heartology memfasilitasi para dokter untuk menentukan keparahan penyakit dan strategi pengobatan tata laksana terbaik untuk pasien.

Strategi tata laksana pengobatan meliputi indikasi perlu atau tidaknya pemasangan ring serta pemilihan strategi untuk mempersiapkan lesi (plak) menyempit sebelum dilakukanpemasangan ring.

Akurasi diagnosis dan penggunaan terapi tambahan dalam pemasangan ring merupakan kunci keberhasilan dan keamanan.

"Pemasangan ring yang optimal akan memberikan manfaat jangka panjang untuk meminimalisir terjadinya penyempitan ulang (restenosis), mengurangi rasa nyeri jantung dan memperbaiki kualitas hidup," tutupnya dr. Dafsah. (Ryn)

Baca Juga:

Mengenal Leadless Pacemaker, Alat Pacu Jantung Tanpa Operasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Buku Kuno Ini Bisa Membunuh Orang
Fun
Buku Kuno Ini Bisa Membunuh Orang

Sebuah buku Kuno dipercaya bisa mengakibatkan kematian bagi orang yang menyentuhnya.

Waspada Long Haul Pada Si Kecil Penyintas COVID-19
Fun
Waspada Long Haul Pada Si Kecil Penyintas COVID-19

Long haul bisa terjadi pada anak.

Irama Nusantara Luncurkan Album Lawas Rasa Baru
ShowBiz
Irama Nusantara Luncurkan Album Lawas Rasa Baru

Mereka meluncurkan mini album bertajuk Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1.

Skena Indie Selalu Menarik. Banyak Kejutan! Redsix Rilis Lagu Yorkie
ShowBiz
Skena Indie Selalu Menarik. Banyak Kejutan! Redsix Rilis Lagu Yorkie

RedSix selalu berusaha berinovasi dengan ide dan musik yang baru dan segar.

Menikah di Atas Pesawat, Tertarik?
Fun
Menikah di Atas Pesawat, Tertarik?

Program yang diberi nama Weddings in the Sky ini dijamin memberikan pengalaman tiada duanya buat pasangan

Pintek Instant Tawarkan Solusi Dana Pendidikan
Hiburan & Gaya Hidup
Pintek Instant Tawarkan Solusi Dana Pendidikan

Pintek Instant diharapkan menjawab kebutuhan orangtua untuk pendidikan anak di masa pandemi.

BTS Sumbang Kostum Ikonis 'Dynamite' untuk Dilelang
ShowBiz
BTS Sumbang Kostum Ikonis 'Dynamite' untuk Dilelang

Kostum BTS terdiri dari kemeja, topi, sneakers, celana, dan kaus itu diperkirakan seharga US$20.000-40.000 (Rp284-569 juta).

Sirkuit F1 Arab Saudi Sudah Siap Digunakan Berlaga
Fun
Sirkuit F1 Arab Saudi Sudah Siap Digunakan Berlaga

Sirkuit F1 Jeddah sudah akan bisa dipakai enam bulan lagi.

Cek nih Ciri-ciri Gangguan Megalomania
Hiburan & Gaya Hidup
Cek nih Ciri-ciri Gangguan Megalomania

Terbiasa membesar-besarkan sesuatu.

Menggunakan Sistem Magnet, DJI Siap Rilis Osmo Mobile 4
Fun
Menggunakan Sistem Magnet, DJI Siap Rilis Osmo Mobile 4

DJI tidak hanya konsisten merilis drone, tetapi juga gimbal kamera untuk merekam video menggunakan gawai.