Mengenal Mortal Kombat, Game yang Diadaptasi Jadi Film Mortal Kombat (Sumber: nuuvem.com)

MORTAL Kombat belakangan menjadi ramai diperbincangkan, terutama bagi penggemar film Indonesia. Hal itu lantaran aktor tanah air Joe Taslim telah dipastikan memerankan salah satu karakter Mortal Kombat, Sub-Zero.

Sub-Zero bukanlah karakter sembarangan. Ia bahkan telah muncul dalam Mortal Kombat angkatan pertama di tahun 1992. Sub-Zero sendiri ada dua yakni karakter asli bernama Bi-Han yang telah tewas di tangan Scorpion. Sementara karakter Sub-Zero kedua adalah adik laki-laki Bi-Han yakni Kuai Liang.

Nah, bagi pada gamer, pasti tak asing dengan Mortal Kombat. Ia adalah game kategori petarung yang diciptakan oleh Ed Boon dan John Tobias. Mortal Kombat adalah game pertempuran dengan tingkat kekerasan tinggi. Bahkan game tersebut menjadi salah satu alasan terbentuknya ESRB, sebuah organisasi regulator mandiri untuk menilai batasan usia untuk bermain suatu game.

Sempat bangkrut

Mortal Kombat (Sumber: Mortal Kombat Games Support)
Mortal Kombat (Sumber: Mortal Kombat Games Support)

Pada awalnya Mortal Kombat hanya ada di arkade. Namun ditingkatkan oleh Acclaim Entertainment agar bisa dimainkan pada konsol permainan video. Midway Games kemudian mengambil alih pengelolaan Mortal Kombat dan mencoba mengembangkannya.

Menariknya, perjalanan Mortal Kombat sempat terhambat. Hal itu karena Midway mengalami kebangkrutan di tahun 2009. Beruntung, tim pengembangan Mortal Kombat diakuisisi oleh Warner Bros. dan berubah menjadi NetherRealm Studios.

Game Mortal Kombat pertama yang langsung ditangani oleh NetherRealm Studios adalah Mortal Kombat IX, dirilis pada April 2011. Seri kesembilan itu berhasil, NetherRealm Studios kemudian mengembangkan seri selanjutnya di tahun 2015.

Bukan cuma game

Mortal Kombat (Sumber: Microsoft)
Mortal Kombat (Sumber: Microsoft)

Bersamaan dengan Street Fighter dan Tekken, Mortal Kombat telah menjadi salah satu waralaba pertempuran yang sukses sepanjang sejarah video game. Meski awalnya Mortal Kombat adalah sebuah game, ia kemudian berkembang dalam berbagai bentuk seperti film animasi dan live-action, serial TV, buku komik, permainan kartu hingga merchendise.

Film Mortal Kombat pertama dirilis tahun 1995, yang digarap oleh Paul W. S. Anderson. Beberapa bintang yang terlibat dalam film tersebut seperti Robin Shou, Linden Ashby Bridgette Wilson dan Christopher Lambert.

Hebatnya, film Mortal Kombat mendapat respon positif dari para penonton. Selama tiga pekan berturut-turut film ini mampu menduduki puncak box office dengan penghasilman total US$122 juta di seluruh dunia. Film ini pun dibuatkan sekuelnya di tahun 1997 berjudul Mortal Kombat: Annihilation. Terdapat pula dua serial televisi spin-off, Mortal Kombat: Defenders of the Realm dan Mortal Kombat: Conquest.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH