Mengenal Mikrobiome, Bakteri yang Kebanyakan Ada di Tubuh Para Atlet Unggulan Dalam perut atlet ditemukan bakteri mikrobiome. (Foto: guenergy)

PARA ahli medis modern kerap melakukan riset pada para atlet dan membandingkannya dengan masyarakat umum untuk mendapatkan atlet unggulan berikutnya. Alih-alih menemukan cara memprediksikan atlet unggulan, mereka malah mendapatkan temuan yang sama sekali tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Dalam perut atau pencernaan atlet ditemukan bakteri yang dinamakan mikrobiome. Bakteri itu kebanyakan ada pada jajaran atlet-atlet unggulan. Konon riset yang baru saja dimulai ini dapat mengarahkan masyarakat menjadi atlet-atlet kelas dunia.

Harvard Medical School melakukan penelitian terhadap 40 wanita yang berbeda untuk menemukan bakteri tersebut. Para peneliti itu mengambil contoh kotoran dari 40 obyek penelitian dengan harapan dapat melihat kemungkinan-kemungkinan baru sesuai dengan hipotesa mereka.

Menurut salah seorang penelitinya, Dr. Jonathan Scheimen, mengatakan bahwa dalam tubuh manusia banyak bakteri yang berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang menghasilkan energi. Tugas bakteri itu menguraikan karbohidrat, protein dan serat menjadi energi yang dibutuhkan manusia. Termasuk pula menjalankan peran pada perdangan, penyembuhan dan syaraf.

Penelitian mereka ini tak sekedar mengumpul sample kotoran atlet saja. Mereka juga memperhatikan dan meneliti keseluruhan kehidupan atlet. Dengan demikian mereka menemukan hubungan dengan bakteri mikrobiome itu yang membantu karier atlet. Seperti mereka mengambil contoh dari 20 pelari maraton Boston 2015. Para peneliti mengambil kotoran para atlet sebelum dan sesudah melakukan lari maraton.

Scheiman menjelaskan fungsi bakteri salah satunya adalah mengurai asam laktat. Sedangkan asam laktat sendiri akan berproduksi lebih banyak ketika tubuh melakukan aktivitas berlebih. tentunya ketika tubuh melakukan aktivitas yang berlebihan maka otot akan kelelahan dan meradang. Disini pula kemudian bakteri mikrobiome menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun penelitian ini harus melewati rangkaian uji penelitian. Sebab yang diriset oleh Scheiman hanyalah pelari bukan campuran atlet lainnya. Perdebatan ini masih berlanjut sebab masih terdapat banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan muncul. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH