Mengenal Manfaat Bir Bagi Tubuh Bir sebaiknya dikonsumsi dalam takaran wajar untuk mendapatkan manfaatnya. (Foto: Unsplash/mnm.all)

BIR adalah minuman hasil fermentasi bahan makanan mengandung pati tanpa melalui proses penyulingan. Jika diminum berlebihan memang bisa menimbulkan efek mabuk. Apalagi terlalu banyak meminum bir juga bisa mengikis lapisan yang melindungi organ vital di dalam tubuh.

Melansir dari menshealth.com, minum bir identik dengan perayaan pesta bagi kalangan orang dewasa. Meskipun banyak info miring tentang efek samping bir, tetapi jika diminum dalam batas wajar ternyata bisa menjaga imun tubuh. Minuman ini mengandung vitamin dan mineral serta senyawa polifenol yang berperan dalam mencegah peradangan.


Baca Juga:

Bukan untuk Dihindari, Kenali Jenis Karbohidrat yang Tepat Untukmu


1. Mencegah diabetes

bir
Terdapat senyawa tetrahydro iso-asam alpha yang mengurangi kadar insulin. (Foto: Pexels/Pixabay)

Ternyata minum segelas bir setiap hari mampu mencegah penyakit diabetes. Terdapat senyawa tetrahydro iso-asam alpha di dalam bir yang mampu mengurangi kadar insulin dalam darah.

2. Kesehatan pencernaan

bir
Menghasilkan prebiotik yang baik untuk perut. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Dari fermentasi minuman bir menghasilkan prebiotik yang berfungsi untuk memelihara bakteri baik di dalam usus. Pencernaan pun semakin lancar. Tidak ada lagi lemak dan kalori berlebih yang menumpuk dan menyebabkan resiko penyakit kanker.

Baca Juga:

Manfaat di Balik Kehangatan Dry Sauna untuk Tubuh

3. Penyakit jantung

bir
membantu mengurangi kadar homosistein di dalam darah. (Foto: Pexels/pixabay)

Bir mengandung folat yang terbukti membantu mengurangi kadar homosistein di dalam darah. Homosistein sendiri adalah asam amino alami yang kadarnya harus selalu rendah. Jika melewati batas, homosistein bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika sudah begitu resiko terkena serangan jantung semakin tinggi.


4. Imun tubuh

bir
Konsumsi dalam batas wajar membantu imun. (Foto: Pixabay/NeuPaddy)

Dengan minum bir secara rutin dalam batas wajar, imun tubuh pun akan semakin meningkat. Hasil fermentasi gandum dalam pembuatan bir ini mengandung antioksidan yang berperan untuk melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan. Selain itu terdapat anti-mikroba yang berfungsi untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Kamu akan semakin jarang jatuh sakit. (mar)


Baca Juga:


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH