Mengenal Makna Lambang Pramuka

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Jumat, 14 Agustus 2015
Mengenal Makna Lambang Pramuka
Logo Hari Pramuka ke-54 (Foto: Twitter kwarnas)

MerahPutih Nasional - Tepat di hari ini, 14 Agustus 2015, masyarakat Indonesia tengah berbondong-bondong memperingati Hari Pramuka yang ke-54. Tema peringatan hari pramuka pada tahun ini adalah "Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda".

Selain memperingati hari pramuka, tentu tak ada salahnya jika kita semua mengetahui makna dari lambang gerakan pramuka di Indonesia. Mungkin sebagian dari kita banyak yang belum tau makna dari lambang Gerakan Pramuka terkenal dengan bentuk Silluete (bayangan) Tunas Kelapa.

Seperti dimuat laman Wikipedia, Lambang Gerakan Pramuka merupakan tanda pengenal organisasi Gerakan Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipurwo, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh pramuka.

Lambang Gerakan Pramuka ini digunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961, pada panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang dianugerahkan kepada Gerakan Pramuka.

Penggunaan lambang tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan menanamkan sifat dan keadaan seperti yang termaktub dalam arti kiasan lambang Tunas Kelapa itu pada setiap anggota Gerakan Pramuka.

Baca Juga:

Selamat Hari Pramuka ke-54

Selamat Hari Anak Nasional 2015

Google Rilis Doodle Hari Anak

Kak Seto Berharap Hari Anak Jadi Hari Libur Nasional

Ucapan Selamat Hari Ayah Mengharukan dari Kendall Jenner untuk Caitlyn Jenner

#Indonesia #Hari Pramuka
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan