Mengenal Lorem Ipsum, Istilah Penataan Huruf dari Sebuah Teks

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Minggu, 23 Juli 2017
Mengenal Lorem Ipsum, Istilah Penataan Huruf dari Sebuah Teks
(Foto: popwebdesign)

PERNAHKAH Anda menyadari sebuah desain pada tulisan? Atau mungkin Anda hanya membaca sebuah teks begitu saja. Tanpa sadari ada sebuah hal yang membuat Anda tertarik untuk membaca teks tersebut. Bagi industri percetakan, mereka menggunakan penataan huruf yang disebut dengan lorem ipsum.

Dikenal sejak tahu 1500an, secara ringkas, lorem ipsum adalah sebuah teks visual yang mengedepankan desain grafis pada sebuah teks. Bisa font, tipografi, atau tata letak. Dengan demikian, pada sebuah teks, pembaca akan tertarik karena ada sebuah desain pada bacaan tersebut.

Dibutuhkan desain menarik pada sebuah teks bacaan. Dengan adanya desain tersebut, tentu pembaca akan terpengaruh oleh isi tulisannya. Secara singkatnya lorem ipsum memiliki persebaran teks yang normal. Sudah banyak juga paket desktop publishing dan editor yang membuat contoh teks dengan lorem ipsum.

Pada dasarnya lorem ipsum berasal dari bahasa latin, yaitu greeking. Arti dari greeking ini adalah melatinkan atau menyunanikan. Lorem ipsum berasal dari sebuah naskah sastra latin pada masa sebelum masehi. Maka dari itu, diperkirakan lorem ipsum sudah berumur ratusan tahun.

Seorang profesor bahasa latin dari Hampden-Sidney College di Virginia meneliti darimana asalnya teks lorem ipsum ini. Akhirnya ia menemukan bahwa lorem ipsum berasal dari naskah "de Finibus Bonorum et Malorum", buku yang ditulis oleh Cicero, seorang filsuf berdarah Italia yang hidup di masa romawi kuno.

Tulisan lorem ipsum memiliki banyak variasi. Kebanyakan sudah mengalami banyak perubahan bentuk. Apalagi semua generator lorem insum di internet kerap mengulang bagian tertentu. Inilah yang membuat generator internet pertama menggunakan kamus yang berisi 200 kata latin. Hasilnya lorem ipsum yang nampak akan masuk akal.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Suka Gagal Menabung? Ikuti Cara Ini

#Tips & Trik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan