Mengenal Lebih Jauh Grup Band Seventeen yang Terkena Tsunami di Pantai Tanjung Lesung Grup Band Seveteen tertimpa musibah saat manggung di Tanjung Lesung (Foto: instagram @seventeenbandid)

SEVENTEEN merupakan sebuah grup band yang dibentuk pada tahun 1999 di Yogyakarta. Grup Seventeen saat ini digawangi oleh Riefian 'Ifan' Fajarsyah (vokal), , Herman Sikumbang (Gitar), Windu Andi Darmawan (Drum) dan M. Awal 'Bani' Purbani (Bass). Formasi tersebut bukan formasi awal, melainkan usai sempat terjadinya beberapa kali gonta-ganti personel di kubu Seveteen.

Seveteen terbentuk atas prakarsa dari beberapa personel pertamanya yaitu Yudhi Rus Harjanto, Herman Sikumbang, Zulianto 'Zozo' Angga, dan Windu Andi Darmawan, dimana keempat orang tersebut mengenyam pendidikan di sekolah menengah atas (SMA) yang sama di Yogyakarta.

Grup Band Seventeen sempat gonta-ganti personel (Foto: instagram @seventeenbandid)

Dengan keinginan yang kuat dalam membentuk sebuah band, akhirnya Yudhi, Herman Zozo dan dan Windu merekrut Bani serta sepupu Yudhi. Hingga akhirnya Seventeen secara resmi dibentuk pada tanggal 17 Januri 1999 silam. Untuk pemilihan nama Seventeen sendiri lantaran semua personil band kala itu berusia 17 tahun. Kemudian setahun kemudian Doni pun bergabung untuk mengisi posisi vokal di Seventeen.

Seventeen menelurkan album perdananya yang bertajuk Bintang Terpilih pada 17 Juli 2003 lalu, lewat Universal Music Indonesia. Dalam album tersebut Seventeen menggandeng VJ Ari Untung untuk duet di lagu Jibaku. Alhasil album itu sukses mencapai angkat penjualan 75.000 keping dan beberapa lagu dari Seventeen dipakai untuk soundtrack sinetron.

Album perdana Seventeen laku 75.000 copy (Foto: Instagram @seventeenbandid)

Tapi tak lama berselang, pihak label Seventeen menutup divisi lokalnya selama dua tahun, hingga menyebabkan Seventeen tak memiliki kontrak label. Namun usai divisi lokal Universal Music kembali dibuka, Seventeen langsung kembali menandatangani kontrak. mereka pun langsung merilis album kedua mereka yang bertajuk "Sweet Seventeen" di tahun 2005 dengan hit andalannya yang cukup sukses yaitu "Jika Kau Percaya".

Namun pada tahun 2008 ada 3 orang personel yang hengkang dari Seventeen yaitu Dodi, Andi serta Zozo. Hal itu menyebabkan personel yang tersisa kebingungan mencari pengganti posisi yang sangat krusial dalam sebuah band yaitu vokalis yang sebelumnya diisi oleh Doni. Tapi, setelah melalui proses audisi, Seventeen akhirnya mantap merekrut Ifan sebagai vokalis baru mereka.

Perbedaan karakter vokal Ifan dari vokalis yang sebelumnya, membuat warna baru sekaligus angin segar bagi Seventeen. Betapa tidak, saat album ketiga mereka Lelaki Hebat mengudara di tahun 2008, suara khas dari Ifan membuat popularitas Seventeen mulai meroket.

Mencapai kejayaan di album ketiga (Foto: instagram @seventeenbandid)

Bisa dibilang album ketiga Seventeen merupakan masa-masa emas, karena hampir seluruh lagu dari album tersebut menjadi hit di Indonesia pada waktu itu sekitar tahun 2008-2010, antara lain yaitu Selalu Mengalah, Untuk Mencintaimu, Jalan Terbaik, Cinta Tak Bertuan dan Lelaki Hebat.

Usai merilis album ketiga, Andi yang sempat hengkang lantaran fokus pada pekerjaan sebagai karyawan bank, kembali bergabung sebagai drummer di Sevetenn. Hingga pada tahun 2011, Band yang satu ini merilis album keempat mereka "Dunia yang Indah". Album itu pun cukup sukses berkat hit yang berhasil meledak di jagat musik tanah air yaitu 'Jaga Selalu Hatimu'.

Sementara itu pada tahun 2013 lantaran perbedaan visi, akhirnya Yudhi memilih hengkang dari Seventeen kala album kelima Seventeen, Sang Juara, akan diluncurkan dengan single 'Sumpah Ku Mencintaimu'.

Tak sampai disitu, Seventeen kembali merilis album keenam mereka pada tahun 2016 lalu, yang terdiri dari 3 single, yaitu Cinta Jangan Sembunyi, Bukan Main Main, Aku Gila dan Menunggu Kamu. Album keenam Seventeen pun sukses mendapat plakat platinum dari penjualan album di posisi nomor 4. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Kaesang Berada Di Pinggir Pantai, Ribuan Warganet Khawatir akan Keselamatannya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala