Otomotif
Mengenal Lebih Jauh Fitur Drive Mode Pada Mobil Modern Mengenal fitur drive mode. (Foto: kabaroto.com)

SEJUMLAH mobil modern saat ini dibekali oleh fitur drive mode. Fitur ini diklaim bisa memudahkan pengemudi untuk bisa memilih mode berkendara sesuai selera serta kebutuhan.

Membahas lebih rinci tentang fitur drive mode, Aftersales Support PT Astra International Peugeot Samsudin mengatakan bahwa fitur drive mode merupakan fitur yang memberikan pilihan ke pengemudi untuk memilih karakter berkendara.

"Teknologi ini dapat diatur sesuai dengan selera dan kebutuhan berkendara," ujar Samsudin dikutip dari laman kabaroto.com.

Baca juga:

Cara Cerdas Merawat D-CVT Mobil

Sistem drive mode bisa mengontrol sejumlah hal. (Foto: kabaroto.com)

Menurut Samsudin, hadirnya drive mode tidak lepas dari keunggulan teknologi Electronic Control Unit (ECU) pada mobil. Melalui komponen tersebut, sistem drive mode bisa mengontrol sejumlah hal, seperti transmisi mesin, suspensi, pengereman, hingga kemudi.

Drive mode terdiri dari mode Eco, Normal, dan Sport. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, biasanya cukup dengan menekan tombol atau memutarnya di dekat tuas transmisi. Kemudian, pilihan ketiga mode tersebut akan tampil secara otomatis pada panel instrumen.

Misalnya, untuk efisiensi BBM pengemudi bisa memilih Eco Mode. Mode ini umumnya merupakan mode yang cocok dipakai ketika berkendara jarak jauh, karena membuat konsumsi BBM irit dan efisien.

Baca juga:

Tips Memilih Head Unit Mobil Bagi Pemula

Drive mode terdiri dari mode Eco, Normal dan Sport. (Foto: kabaroto.com)

Electronic Control Unit (ECU) akan melakukan penyesuaian secara bertahap, agar bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar tidak sampai terbuang percuma. Begitu pun dengan perpindahan transmisi serta pengoperasian pengatur suhu ruangan kabin yang bekerja dibuat seefisien mungkin.

"Sedangkan, Normal Mode akan memberi kenyamanan ekstra karena mobil dapat berjalan sesuai kemampuan yang diatur oleh pabrikan. Khususnya dipakai di lingkungan perkotaan atau di kepadatan arus lalu-lintas," jelasnya.

Apabila pengemudi mengaktifkan sport mode ketika berkendara, umumnya akan membuat akselerasi mobil menjadi lebih responsif. Penggunaan sport mode pun membuat respon putaran mesin kian cepat.

Salah satu momen terbaik untuk mengaktifkan mode sport yakni ketika kamu merasa perlu menyalip kendaraan lain. Karena, seketika tenaga, torsi dan respon akan meningkat jauh lebih cepat. (Ryn)

Baca juga:

Beralih ke Hibrida dan Listrik, Fiat Hentikan Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil

Kanal