Kesehatan
Mengenal Lebih Jauh 3-Day Military Diet Military Diet hanya mengurangi bobot air bukan bobot lemak. (Foto Everyday Health)

BISA menurunkan berat badan yang banyak dalam waktu yang singkat menjadi impian banyak orang, apalagi jika harus menghadiri suatu acara yang penting dalam waktu yang dekat. The Military Diet pun sempat marak di media sosial karena mampu menurunkan berat badan yang drastis dalam satu minggu. Artikel ini akan mengupas tentang arti Military Diet, caranya, dan dampaknya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari Healthline, military diet sesungguhnya tidak berkaitan dengan kemiliteran. Military Diet ini dipercaya mampu mempercepat metabolisme dengan membatasi asupan kalori selama tiga hari.

Pada tiga hari pertama, kamu harus mengikuti meal plan atau rencana makan ketat dengan kalori terbatas, dan diikuti dengan empat hari libur. Para pengikut diet dianjurkan untuk mengulangi diet mingguan ini sampai satu bulan, atau sampai mereka mencapai berat badan ideal mereka.

Diet ini tidak direkomendasikan para ahli kesehatan. (Foto Verywell Fit)
Diet ini tidak direkomendasikan para ahli kesehatan. (Foto: Verywell Fit)

Sesungguhnya, pembatasan kalori yang dilakukan pada military diet ini merupakan bentuk dari intermittent fasting. Intermittent fasting adalah diet dengan cara makan sepuasnya pada jam tertentu, dan sisanya puasa dan hanya diperbolehkan minum air putih saja.

Baca juga:

5 Akibat dari Makan Terlalu Cepat

Lantas, bagaimana military diet ini bekerja? Laman Healthline mengungkapkan bahwa diet militer ini dibagi menjadi dua fase selama seminggu. Diet ini menyediakan rencana makan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam untuk tiga hari pertama tanpa mengonsumsi camilan di antara waktu makan.

Diet tiga hari ini membatasi makanan yang dikonsumsi sampai sejumlah 16 jenis makanan saja.

Baca Juga:

3 Hal yang Harus Dibiasakan Setelah Bebas dari Behel

Pada hari pertama, menu sarapan adalah setengah buah jeruk bali, sebuah roti panggang, yang diberikan dua sendok teh selai kacang, dan secangkir kopi atau teh tanpa gula. Pada makan siang, kamu akan menikmati sebuah roti panggang lagi, setengah kaleng tuna, dan segelas kopi atau teh tanpa gula. Kemudian kamu akan menikmati tiga ons daging apa saja, semangkuk kacang hijau, setengah buah pisang, satu apel kecil, dan satu cup es krim vanila.

Hari kedua diawali dengan sarapan yang sehat dengan sebutir telur rebus, sebuah roti panggang, dan setengah buah pisang. Kemudian menu makan siangnya adalah satu cup cottage cheese, lima biskuit asin (saltine cracker), dan sebutir telur rebus. Untuk makan malam, konsumsi dua buah sosis, satu cup brokoli, setengah cup wortel, setengah buah pisang, dan setengah cup dari es krim vanila.

Military DIet menu plan. (Foto Militarydiet.com)
Military DIet menu plan. (Foto: Militarydiet)

Selanjutnya pada hari ketiga, siapkan lima buah biskuit asin, satu lembar cheddar cheese, dan sebuah apel kecil. Menu makan siang meliputi sebutir telur yang bisa diolah sesuai selera dan sebuah roti panggang. Kemudian, makan malam meliputi satu kaleng tuna, setengah pisang, dan satu cup es krim vanila.

Pada fase ini, total asupan kalori yang dikonsumsi berkisar antata 1,100 sampai 1,400 kalori per hari. Ini dianggap sebagai diet rendah kalori. Sesungguhnya tidak ada aturan pada empat hari selanjutnya. Jika kamu masih ingin mengurangi berat badan, maka batasi konsumsi kalori sampai 1,500 sampai empat hari kedepan.

Dari sisi kesehatan, laman Healthline menyebutkan bahwa military diet itu tidak seimbang. Siklus diet seperti ini jika dilakukan berkali-kali mampu menyebabkan isu kesehatany yang serius, yakni kekurangan nutrisi. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh PubMed Central juga menambahkan bahwa pengurangan kalori secara dramatis, bahkan untuk waktu yang singkat, bisa memperburuk pola makan yang tidak sehat dan gangguan makan.

Tidak hanya itu, makan makanan olahan (sosis, biskuit, es krim) secara reguler juga mampu menyebabkan gangguan metabolisme. Pola makan yang sehat harus melibatkan sebagian besar makanan utuh dan makanan olahan seminimal mungkin. Military diet juga tidak berkelanjutan untuk jangka panjang sehingga kamu cenderung mengalami naik berat badan lagi jika kembali pada gaya hidup tidak sehat.

Meskipun ada orang yang mampu menurunkan berat badan sampai 4,5 kg per minggu dengan military diet, belum tentu kamu juga. Ini disebabkan karena tubuh orang berbeda-beda. Military diet juga hanya mengurangi berat air ketimbang lemak sehingga kamu akan cepat naik lagi jika mulai makan seperti biasa. (SHN)

Baca juga:

Manfaat Madu dan Lemon, Bisa Buat Diet

Penulis : annehs annehs
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
5 Fakta Menarik di Balik Drama Korea 'Big Mouth'
ShowBiz
5 Fakta Menarik di Balik Drama Korea 'Big Mouth'

Big Mouth banyak didiskusikan sejak rilis perdana pada 29 Juli 2022.

Mengapa Orang Nunda Bayar Utang Justru Lebih Galak Saat Ditagih
Hiburan & Gaya Hidup
Mengapa Orang Nunda Bayar Utang Justru Lebih Galak Saat Ditagih

Giliran ditagih baik-baik tepat di tanggal sesuai janjinya malah kasih seribu alasan sambil bentak-bentak

Audi dan Porsche akan Terjun ke Formula 1?
Olahraga
Audi dan Porsche akan Terjun ke Formula 1?

Kedua pabrikan dirumorkan akan turut serta di F1 musim 2026.

Korban Pelecehan dan Kekerasan Seksual Enggan Speak Out, Ini Penyebabnya
Fun
Korban Pelecehan dan Kekerasan Seksual Enggan Speak Out, Ini Penyebabnya

Korban pelecehan seksual harus berani lawan dan jangan takut speak out.

Masak Jadi Sarana Terapi untuk Atasi Masalah Kesehatan Mental
Fun
Masak Jadi Sarana Terapi untuk Atasi Masalah Kesehatan Mental

Terapi masak untuk masalah kesehatan mental.

Makanan Vegan dengan Unsur Seng
Fun
Makanan Vegan dengan Unsur Seng

kita perlu untuk mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung seng.

Yuk Aktif Bergerak Demi Tulang Kuat dan Jantung Sehat
Fun
Yuk Aktif Bergerak Demi Tulang Kuat dan Jantung Sehat

Pentingnya sinergi kesehatan antara otot, tulang, dan jantung.

LANY akan Menggelar Konser di Indonesia 9 November 2022
ShowBiz
LANY akan Menggelar Konser di Indonesia 9 November 2022

Tiket konser LANY mulai dijual pada 10 Juni 2022.

Ubah Kayu jadi Radio Laris di Mancanegara
Fun
Ubah Kayu jadi Radio Laris di Mancanegara

Berawal dari tugas akhir kampus, menjadi produk kesukaan dunia.