Mengenal Lebih Dekat Rido Faristiawan 'SKY', Sang Juara True Brew Competition Rido Faristiawan sukses menyabet gelar juara di True Brew Competition (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

DALAM kompetisi bergengsi True Brew Competition, kompetisi kopi tubruk pertama di Indonesia bahkan dunia. Ada satu nama yang menarik perhatian publik, sang Juara Rido Faristiawan atau yang akrab disapa SKY.

Pria berusia 27 tahun yang berpenampilan nyentrik dengan topi bundarnya ini, ternyata memiliki lika-liku pengalaman yang cukup luar biasa tentang kopi.

Apalagi saat ini ia telah menyandang dua gelar juara, Juara 1 Manual Brew Adoe Tjangkir di Tahun 2016, dan Juara 1 True Brew Competition di Tahun 2018. Pastinya nama SKY semakin terkenal di dunia kopi Indonesia.

1. Ketertarikan ikut kompetisi kopi tubruk karena kopi tubruk memiliki sedikit variabel yang bisa diubah

SKY sangat tertarik mengikuti True Brew Competition. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Ketertarikan SKY pada True Brew Competition berawal dari kompetisi yang pertama kali ada di Indonesia. Hal itu menjadi tantangan sendiri baginya, kopi tubruk memiliki variabel yang sedikit untuk diubah tak seperti manual brew yang lebih luas cakupannya. Jadi menurut SKY, pemenang kompetisi ini pasti memiliki 'something special'.

Adapun keunikannya kopi tubruk menurut SKY, teknik menyeduh kopi tubruk lebih kompleks. Karena tak adanya penyaringan membuat banyaknya rasa yang hadir. Itulah sebenarnya fungsi tubruk, lebih kompleks atau lebih banyak layer pada kopi.

2. Kopi membuatnya belajar banyak dan membuka usahanya sendiri

SKY menyukai kopi sejak kecil (Foto: Instagram@pas_coffee_house)

SKY menyukai kopi sejak kecil. Ia memilih meminum kopi ketimbang merokok. Awal mulanya SKY hanya menjadi seorang penikmat kopi. Kemudian ia mempelajarinya sedikit demi sedikit. Sharing dengan teman-teman dan membaca pemahaman-pemahaman kimia tentang kopi. Kemudian ia memberanikan diri untuk membuka kedai kopi sendiri sekitar 3 tahun lalu yang dinamakan Pas Coffee House.

3. Pilih kedai kopi dibandingkan pekerjaan formal

SKY Pilih menjadi pengusaha kopi dibanding kerja kantoran (Foto: instagram @pas_coffee_house)

SKY bergelar Sarjana Ilmu Politik, Hubungan Internasional FISIP Universitas Budi Luhur. Setelah lulus kuliah sempat bekerja kantoran, vendor untuk Google dengan gaji yang cukup besar. Sayangnya ia menemukan kejenuhan dan ingin mencari pekerjaan lainnya yang dia suka. Hingga akhirnya SKY memutuskan untuk membuka kedai kopi dan mengundurkan diri dari pekerjaan formalnya.

4. Otak dagangnya sudah ada sejak ia kecil

SKY miliki jiwa enterpreneur sejak kecil (Foto: instagram @pas_coffee_house)

Rupanya pilihan SKY untuk membuka kedai kopi karena ia memiliki jiwa enterpreneur yang kuat sejak kecil. SKY bercerita jika dari jaman masih duduk dibangku sekolah dulu, ia kerap berjualan, hingga bisnis ternak ikan lele pun ia pernah jalani.

SKY berharap seluruh masyarakat indonesia semakin makmur agar lebih stabil dan berimbang antara daya beli masyarakat dan hobi ngopi. Selain itu SKY juga berharap pada pengusaha di bidang kopi semakin maju dan berkembang. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Heboh! Bocah 11 Tahun ini Miliki Tinggi Badan Melebihi Pebakset Tingkat Dunia

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH