Mengenal Lebih Dekat Sistem PGM-FI Pada Sepeda Motor

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 28 Juni 2021
Mengenal Lebih Dekat Sistem PGM-FI Pada Sepeda Motor
Kenali sistem PGM-FI pada sepeda motor (Foto: kabaroto)

PADA sepeda motor Honda yang kerap melintas di jalan, kamu mungkin pernah melihat sebuah sticker PGM-FI yang tertempel pada motor. Meski begitu, banyak yang tidak mengetahui apa itu PGM-FI.

Pada sepeda motor, sistem PGM-FI sudah dilengkapi dengan satu lampu indikator yang terdapat pada bagian spidometer, yakni Malfunction Indicator Lamp (MIL).

Baca Juga:

Mengenal WMC250EV, Motor Listrik Tercepat di Dunia

Banyak motor matic yang sudah menggunakan sistem PGM-FI (Foto: kabaroto)

Seperti yang dilansir dari laman kabaroto.com, fungsi dari lampu tersebut, yakni memberikan informasi pada si pengendara terkait kinerja dari sistem PGM-FI.

Apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu indikator MIL akan menyala atau berkedip. Fitur tersebut bekerja berdasarkan informasi dari Engine Control Module (ECM).

Hal itu dipaparkan oleh Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman. Dasarnya, ketika kondisi normal, bila kunci kontak diputar ke posisi 'ON' maka lampu MIL akan menyala sekitar 2 detik, kemudian akan mati kembali.

Tapi sebaliknya, bila ECM mendapati adanya kerusakan pada sistem PGM-FI, maka lampu MIL akan terus menyala serta berkedip, selama kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI belum diperbaiki.

Baca Juga:

UBL Uji Coba Kembali Motor Listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul

Jangan langsung panik saat lampu indikator MIL menyala (Foto: kabaroto)

Ketika lampu indikator MIL menyala atau berkedip. Kamu jangan langsung panik, karena ECM telah dibekali oleh teknologi Fail Safe Mode.

Menurut Ade, teknologi tersebut bisa memberikan informasi atau data-data yang dibutuhkan oleh ECM, saat adanya sensor yang bermasalah. Jadi, sepeda motor masih tetap bisa dihidupkan dan dijalankan dengan normal. Hanya saja performa mesin akan sedikit menurun.

Tapi, bila kerusakan sistem PGM-FI terdapat pada bagian komponen primer maupun sensor utama, maka secara otomatis ECM akan mematikan fitur pengapian mesin serta suplai bahan bakar, sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

Bila sudah demikian, sebaiknya sebaiknya bawa motor ke bengkel resmi, untuk dilakukan perbaikan dan pemeriksaan lebih lanjut, agar kondisi sepeda motor kembali prima. (Ryn)

Baca Juga:

Gaharnya Royal Enfield Kustom Kolaborasi Thrive Motorcycle dan Den Dimas

#Otomotif #Teknologi #Motor #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan