Mengenal Leadless Pacemaker, Alat Pacu Jantung Tanpa Operasi Leadless Pacemaker, Alat Pacu Jantung Tanpa Operasi(Foto: pixabay/publidcomainpictures)

ALAT pacu jantung di pasang kepada para penderita penyakit Jantung, untuk memacu jantung mereka agar bisa berdenyut dengan normal kembali. Misalnya pada penderita kelainan denyut jantung yang terlalu lambat.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Dicky Armein Hanafy, bila obat-obatan tak mampu mengatasinya, ada cara lain yakni dengan alat pacu jantung.

Baca Juga:

Kenali Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

"Jika, obat-obatan tidak mampu mengatasi masalah, pemasangan alat pacu jantung permanen atau pacemaker menjadi jalan keluar. Alat tersebut berfungsi memacu jantung untuk berdenyut secara normal," tutur dr. Dicky, pada zoom media gathering Heartology Cardiovascular Center, Kamis (25/3).

Leadless pacemaker merupakan solusi ketika obat-obatan tidak mampu mengatasi masalah kelainan jantung (Foto: pixabay/pexels)

Pada kondisi normalnya, jantung manusia secara umum berdenyut sekitar 60-100 detak permenitnya. Salah satu penyebab jantung berdetak lebih cepat, lebih lambat maupun tak beraturan, yakni kerusakan dalam sistem listrik pada jantung.

Denyut jantung yang iramanya tidak normal, bisa menyebabkan fungsi jantung sebaga pemompa darah ke seluruh tubuh terganggu.

Dokter Dicky menjelaskan, bahwa denyut jantung yang terlalu lambat (brakikardia), akan membuat tubuh tak memperoleh darah yang cukup. sehingga bisa menyebabkan seseorang kelelahan, kunang-kunang, mudah pingsan, bernapas pendek hingga mengalami kerusakan organ vital.

Dalam sejumlah kasus terparah, kelainan itu bisa mengakibatkan stroke, di saat suplai darah ke otak kurang dalam jangka waktu tertentu, sehingga menyebabkan matinya sel-sel otak.

Untuk mengatasi kelainan itu, dr Dicky menjelaskan bisa dilakukan dengan obat-obatan. Namun, bila obat sudah tidak mampu mengatasi, maka pemasangan alat pacu jantung permanen dapat menjadi solusi.

Baca Juga:

Kenali Perbedaan Serangan Jantung dan Stroke

alat pacu jantung tanpa kabel Leadless pacemaker berukuran sangat kecil (foto: pixabay/mohamed_hassan)

Menariknya saat ini sudah tersedia sebuah alat pacu jantung tanpa kabel (leadless pacemaker) berukuran sangat kecil, hanya seukuran suplemen vitamin.

Menurut dr Dicky yang berpraktik di Heartology Cardiovascular Center, Brawijaya Hospital Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan tersebut, untuk pemasangan leadless pacemaker cukup dengan menggunakan kateter dan tidak memerlukan operasi.

"Proses pemasangan leadless pacemaker tidak memerlukan operasi, cukup dimasukkan dengan menggunakan kateter melalui sayatan kecil di pangkal paha dan dengan panduan X-ray, kateter nantinya akan diarahkan ke jantung," tutur dr Dicky.

Ketika pemasangan alat tersebut, si pasien terlebih dahulu diberika bius lokal pada area tersebut. Kemudian setelah kateter berada di dalam bilik kanan jantung, barulh pacemaker ditempatkan

Pada saat pemasangan, pasien akan diberikan bius lokal di sekitar area tersebut. Kemudian, setelah kateter berada di bilik kanan jantung, barulah pacemaker ditempatkan.

Nantinya pacemaker akan di tes untuk memastikan, bahwa alat tersebut terpasangan serta bekerja dengan baik. Kemudian, kateter dikeluarkan lalu luka sayatan ditutup dengan cara ditekan.

Prosedur tersebut tidak memakan waktu yang terlalu lama, hanya sekitar 30 menit, tergantung dari kondisi serta anotomi si pasien.

Salah satu keunggulan leadless pacemaker tersebut, yakni tak memerlukan kabel ataupun generator, jadi tidak memerlukan operasi.

Kemudian, sejumlah keuntungan lainnya dari alat tersebut, yakni risiko komplikasi yang rendah, prosedur yang singkat, dan pasien bisa segera beraktivitas, serta tak ada keterbatasan gerakan pada sekitar bagian dada. Alat canggih tersebut bisa bertahan hingga 12 tahun. (Ryn)

Baca Juga:

Denyut Jantung Cepat atau Lambat yang Berbahaya?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ameca Humanoid, Robot dengan Ekspresi Wajah Menakutkan
Fun
Ameca Humanoid, Robot dengan Ekspresi Wajah Menakutkan

Robot canggih namun memiliki wajah tak biasa.

Atasi Kecemasan akibat Kemunculan Varian Omicron
Hiburan & Gaya Hidup
Atasi Kecemasan akibat Kemunculan Varian Omicron

Kenali tips megnatasi kecemasan dan ketakutan akibat munculnya varian baru Virus COVID-19 Omicron

Internet untuk UMKM Desa
Fun
Internet untuk UMKM Desa

Pelaku UMKM di desa membutuhkan akses internet untuk menunjang aktivitas.

Nike Valentine's Day Pack 2021 Hadirkan 4 Sepatu Bertemakan Pink dan Putih
Fashion
16 Tahun Berkarya Drive Hadirkan Album ‘re.viv.al’
ShowBiz
16 Tahun Berkarya Drive Hadirkan Album ‘re.viv.al’

Album baru Drive setelah 16 tahun berkarya.

Tampilan Sneaker Kolaborasi Stussy x Nike Air Force 1 Mid
Fashion
Tampilan Sneaker Kolaborasi Stussy x Nike Air Force 1 Mid

Ini menjadi kali pertama Stussy menciptakan kolaborasi dengan Nike Air Force 1 Mid

Cek nih Ciri-ciri Gangguan Megalomania
Hiburan & Gaya Hidup
Cek nih Ciri-ciri Gangguan Megalomania

Terbiasa membesar-besarkan sesuatu.

Telegram Hadirkan Fitur Baru, Apa Saja?
Fun
Telegram Hadirkan Fitur Baru, Apa Saja?

Aplikasi pengiriman pesan secara online ini mengeluarkan tiga fitur baru.

Film Eternals Sudah Hadir di Disney Plus
ShowBiz
Film Eternals Sudah Hadir di Disney Plus

Film Eternals telah memperoleh Rp 2,35 triliun dalam pendapatan box office domestik

5 Tampilan Koko-Koko Borju ke Mal, 'Valid No Debat'
Fashion
5 Tampilan Koko-Koko Borju ke Mal, 'Valid No Debat'

Biar makin pede saat mejeng di mal.