Mengenal Layang-Layang di Museum Layang-Layang Museum Lauang-Layang (MP/Rizki Fitrianto)

DI Jakarta memang banyak sekali museum yang layak di kunjungi. Seperti Museum Layang-Layang di Jalan H Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di sini kamu bisa melihat ratusan koleksi layang-layang dari berbagai daerah.

Suasana di museum begitu sejuk. Banyak pepohonan rindang yang melindungi kita dari teriknya matahari. Di sebelah kanan saat memasuki museum, kamu akan melihat sebuah bangunan jadul tempat layang-layang di pajang.

Menariknya, museum yang berdiri sejak 2003 itu bukanlah milik pemerintah melainkan swasta. Tempat tersebut didirikan di atas kediaman pemilik Museum Layang-Layang, Endang Ernawati.

Tak berniat punya museum layang-layang

Museum Layang-layang, terletak di Jalan H Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Foto: MP/Muchammad Yani)
Museum Layang-layang, terletak di Jalan H Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Awalnya Endang tidak mengkhususkan untuk mengkoleksi layang-layang. Ia malah lebih senang dengan kain batik. Di lemarinya, ia bahkan punya ratusan kain yang ia kumpulkan.

"Di dalem situ (ruangan) ada kain batik saya 800 helai, itu saya ngumpulin saat pergi ngajar," ucap Endang saat diwawancarai Merahputih.com.

Endang Ernawati (MP/Rizki Fitrianto)
Endang Ernawati (MP/Rizki Fitrianto)

Endang mulai tertarik dengan layang-layang saat pulang dari Amerika Serikat di tahun 1970-an. Ia merasa layang-layang begitu indah saat diterbangkan di udara.

Perempuan yang sudah berkepala tujuh itu menjelaskan dibangunnya Museum Layang-Layang tidak berorientasi kepada profit. Bahkan Endang kerap nombok ketika ada beberapa event yang mengundang museumnya.

"Kalau orang udah seumur saya itu tidak berfokus di uang. Kalau saya tujuannya udah bisa membiayai ini aja udah tenang," ujarnya.

Koleksi yang dimiliki Museum Layang-Layang

Layang-layang terkecil yang dimiliki Museum Layang-Layang (MP/Rizki Fitrianto)
Layang-layang terkecil yang dimiliki Museum Layang-Layang (MP/Rizki Fitrianto)

Museum dengan arsitektur bangunan Jawa ini punya sekitar 600 koleksi layang-layang. Kamu bisa melihat bentuk layang-layang yang terbuat dari daun.

Koleksi yang cukup unik dari museum ini adalah layang-layang kecil dari Tiongkok. Ukurannya hanya beberapa centimeter saja. Pemandu menjelaskan meski ukurannya sangat kecil, layang-layang tersebut bisa terbang.

Ada juga koleksi layang-layang 3 dimensi berbagai bentuk seperti unicorn, kapal layar, naga dan capung. Tentunya semua koleksi di sana dijamin akan menambag wawasan kamu tentang layang-layang. Oh iya, di sana pihak pengelola juga memberikan materi membuat layang-layang sederhana. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH