Kuliner

Mengenal Kuliner Cappadocia, Kota Impian Kinan 'Layangan Putus'

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 08 Januari 2022
Mengenal Kuliner Cappadocia, Kota Impian Kinan 'Layangan Putus'
Cappadocia tak hanya menawarkan wisata balon udara. (Foto: Daily Sabah)

IT`s my dream! Not hers. My dream, mas!," bentak Kinan (Putri Marino) kepada suaminya Aris (Reza Rahadian) dalam serial Layangan Putus. Kinan amat kesal lantaran Aris bakal pergi ke Cappadocia, Turki bukan bersamanya melainkan bersama perempuan lain, Lydia Danira (Anya Geraldine). Padahal Cappadocia merupakan kota impian Kinan yang menawarkan wisata balon udara.

Menariknya, Cappadocia tak hanya terkenal dengan wisata balon udaranya. Kota ini juga memiliki kuliner lezat yang siap menggugah selera makan kamu. Jadi, setelah seru merasakan berada di ketinggian dengan balon udara, kuliner khas Cappadocia ini siap menyambut kamu di daratan.

Baca Juga:

Manisnya Bikin Lupa Daratan, 4 Dessert Slovenia yang Wajib Kamu Coba

Menurut artikel di laman Turkish Airlinesh, ada empat kuliner Cappadocia yang mesti kamu coba, antara lain:

1. Pottery Kebab Turki

Makanan ini dimasukkan ke dalam tanah liat dengan bagian atas ditutup dengan aluminium foil. (Foto: Dreamstime.com)

Pottery kebab adalah masakan khas cappadocia. Makanan berkuah ini terbuat dari daging sapi atau kambing, tomat, bawang merah, bawang bombay, kentang, jamur dan beberapa sayuran lainnya. Penyajian kebab pottery ini sangat unik, kerena dimasak di oven dan dimasukkan ke dalam pottery atau di dalam tanah liat dengan bagian atas ditutup dengan aluminium foil.

Setelah matang, masakan yang di dalam poterry ini dipecahkan dan dihidangkan dengan nasi atau roti. Rasanya yang gurih dengan rempah-rempah pilihan membuat masakan ini seperti masakan Indonesia. Makanan ini banyak ditemui di beberapa rumah makan di kawasan Avanos, Cappadocia.

2. Kuru Fasulye

Makanan ini mempunyai rasa yang lezat ketika dimakan. (Foto: Deposhit Photo)

Kuru Fasulye adalah makanan yang terbuat dari kacang dan bumbu rempah-rempah pilihan. Makanan ini bisa juga disajikan dengan daging potongan tipis yang disebut dengan pastirma. Penyajiannya dengan nasi atau acar.

Meskipun makanan ini terbuat dari bahan yang sederhana, rasanya sangat lezat ketika masuk ke dalam mulut. Makanan ini dimasak dengan cara dimasukkan di tandor hingga matang atau kurang lebih selama tiga jam.

Baca Juga:

Wisata Kuliner ke Restoran Milik Idola K-Pop

3. Ayva Dolmasi atau Stuffed Quince

Ayva Dolmasi diisi dengan daging cincang yang dicampur dengan sejenis biji-bijian gandum. (Foto: Yemek.com)

Ayva Dolmasi atau Stuffed Quince adalah makanan lokal Cappadocia yang diisi dengan daging cincang dan dicampur dengan sejenis biji-bijian gandum. Makanan ini dimasak di dalam oven dan disajikan dengan hangat akan lebih sempurna.

4. Kuru Kaymak atau Krim Kental

Resep makanan ini sudah menjadi turun-menurun dari generasi ke generasi. (Foto: World Food Atlas)

Kuru Kaymak juga merupakan makanan lokal Cappadocia lainnya. Makanan ini dibuat dengan gumpalan krim yang biasa disajikan dengan madu. Resep makanan ini sudah menjadi turun-menurun dari generasi ke generasi dan memiliki rasa yang sangat lezat. Makanan ini dapat ditemui di Nevsheir dan beberapa bagian timur Anatolia. (dea)

Baca Juga:

Kenalan dengan Kuliner dari Negara-negara di Seluruh Dunia Ini

#Wisata Dunia #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan