Kenali Kanker, ini 5 Sel Pemicu Kanker

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 18 Oktober 2017
Kenali Kanker, ini 5 Sel Pemicu Kanker
Sel kanker. (Foto: Pixabay)

OKTOBER merupakan bulan peduli kanker payudara yang diperingati di seluruh dunia. Masyarakat diajak untuk peduli dan ikut serta dalam kampanye peduli kanker payudara. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengenal lebih jauh penyakit ini. Dengan begitu, kewaspadaan Anda terhadap penyakit satu ini dapat tumbuh.

Kanker berasal dari pertumbuhan sel abnormal yang bisa muncul pada hampir semua bagian tubuh. Meskipun demikian, jenis sel kanker yang terbentuk pada setiap sel tubuh bisa berbeda-beda. Hal itu tergantung pada organ atau bagian tubuh tempat pertama sel kanker muncul.

Sel kanker dapat dikelompokkan ke lima kategori berdasarkan organ atau jenis sel yang pertama kali mengalami pertumbuhan abnormal.

1. Karsinoma

Karsinoma merupakan jenis sel kanker yang berawal pada jaringan epitel. Jaringan itu terdapat pada bagian terluar dari organ baik pada kulit maupun organ dalam. Sebagian besar kasus kanker karsinoma terjadi pada jaringan organ dalam seperti paru-paru, hati, usus, dan ginjal. Karsinoma merupakan jenis kanker yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

2. Sarkoma

Sarkoma adalah sel kanker yang muncul pada organ dengan jaringan ikat. Sarkoma dapat muncul pada jaringan ikat keras seperti pada tulang dan biasanya berasal dari sel tulang atau osteosit sel abnormal. Pada jaringan ikut lunak, sarkoma dapat muncul pada kartilago atau tulang rawan dan sel otot, termasuk pada pembuluh darah.

3. Leukemia

Leukimia adalah sel kanker yang muncul pada jaringan pembentuk sel darah seperti sumsum tulang. Sel kanker ini menyebabkan tubuh memproduksi sel darah putih namun tidak sempurna dan belum matang. Akibatnya, sel darah putih leukosit tersebut tidak dapat bekerja melawan infeksi. Akibatnya, leukimia menyebabkan gangguan keseimbangan sel darah.

4. Limfoma dan myelom

Limfoma dan myelom merupakan dua jenis sel kanker yang muncul pada organ pengatur sistem imun. Salah satu bagian dari sistem imun ialah organ limfatik yang mencakup kelenjar limfa, saluran limfa, dan organ limpa.
Limfoma merupakan jenis sel kanker yang dapat berasal dari organ limfatik mana pun dan dapat menyebar ke seluruh tubuh, termasuk sel darah putih limfosit.

Sementara itu, myeloma merupakan jenis sel kanker yang berasal dari sel plasma yang dibentuk pada sumsum tulang. Plasma sel berperan dalam produksi antibodi atau immunoglobulin untuk melawan infeksi. Pada kanker myeloma, pertumbuhan plasma sel terjadi secara tidak normal dan menyebabkan kerja antibodi tidak efektif melawan infeksi.

5. Sel kanker saraf pusat

Sel abnormal pada saraf pusat bisa menyebkan kanker otak dan saraf tulang belakang. Pada dasarnya, kerja sistem saraf pusat diatur otak dengan mengirimkan sinyal elektrik lewat serabut saraf. Selain itu, otak terhubung dengan saraf tulang belakang melalui serabut saraf. Sel saraf otak terdiri dari berbagai jaringan penghubung antarsel saraf yang dikenal dengan nama glia.

Sebagian besar kasus kanker otak berawal dari kemunculan sel abnormal pada glia atau dikenal dengan nama glioma. Kanker pada sistem saraf pusat sebagian besar bersifat jinak dan tumbuh sangat lambat. Namun, beberapa jenis kanker yang lebih jarang dilaporkan mungkin saja tumbuh dengan cepat dan bersifat ganas. (*)

Simak artikel lain tentang kanker: Berat Berlebih Penyebab Kanker?

#Lapsus Kanker #Kanker #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan