Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ibu Ani Yudhoyono Ibu Negara Ani Yudhoyono (tengah) saat mengunjungi pabrik jamu Sido Muncul di Ungaran, Semarang. (Foto: instagram.com/aniyudhoyono)

KANKER darah saat ini jadi perbincangan hangat di masyarakat maupun dunia maya. Hal itu karena penyakit yang menyerang tulang belakang manusia itu menjangkiti seorang Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kini, istri Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tengah dirawat di National Universtiy Hospital Singapura. Lalu apa itu kanker darah?


1. Produksi sel darah putih terganggu

Produksi sel darah putih pada pengidah leukimia terganggu. (Foto: Pixabay/DarkoStojanovic)
Produksi sel darah putih pada pengidah leukimia terganggu. (Foto: Pixabay/DarkoStojanovic)

Kanker darah atau leukemia yaitu sebuah kondisi medis serius yang dipicu oleh terganggunya fungsi sumsum tulang belakang. Dalam keadaan normal, sumsum tulang belakang memproduksi sel darah putih secara teratur. Hal itu berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit yang disebabkan oleh masuknya bakteri maupun virus.

Namun penderita leukemia, sumsum tulang belakang mereka memproduksi sel darah putih yang belum matang dalam jumlah besar. Dampaknya, bukan saja kekebalan tubuh terganggu, tapi keseimbangan jumlah sel darah putih dengan sel darah lainnya juga turut berubah.

2. Gejala kanker darah dari penurunan berat badan hingga nyeri persendian

Gejala kanker terlihat seiring waktu setelah proses pematangan. (Foto: Pixabay/sasint)
Gejala kanker terlihat seiring waktu setelah proses pematangan. (Foto: Pixabay/sasint)

Sebelum sel darah putih abnormal terkonsentrasi di beberapa bagian tubuh, seperti hati, ginjal, paru-paru, dan limfa, mereka akan mengalami proses pematangan terlebih dahulu. Pada fase tersebut, tubuh tidak akan menunjukkan gejala kanker apapun.

Dikutip Go Dok, seiring waktu, secara perlahan akan terlihat beberapa gejala kanker darah sebagi berikut.

- Penurunan berat badan secara drastis

- Tubuh rentan terkena infeksi penyakit

- Darah susah menggumpal sehingga rawan mengalami pendarahan hebat

- Munculnya memar dan bintik kemerahan pada permukaan kulit

- Sering mimisan

- Sakit kepala, mual, dan muntah

- Tubuh demam dan menggigil

- Nyeri pada tulang dan persendian


3. Kanker darah dibagi ke dalam empat jenis

Kanker darah terbagi menjadi empat jenis. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Kanker darah terbagi menjadi empat jenis. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

- Acute Myelogenous Leukemia (AML)

AML merupakan jenis kanker darah umumnya menyerang orang dewasa. Biasanya, AML merangsang pembentukan sel mieloid yang tidak sempurna sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah

- Acute Lymphocytic Leukemia (ALL)

ALL biasanya menyerang fungsi limfosit dalam tubuh. Akibatnya, penderita yang mayoritas masih tergolong anak-anak akan lebih rentan terkena infeksi serius

- Chronic Myelogenous Leukemia (CML)

CML merupakan jenis kanker darah yang banyak menimpa usia 20 tahun ke atas. Faktanya, CML dibagi menjadi dua fase; yaitu fase awal saat tubuh memproduksi sel abnormal, dan fase lanjutan ketika jumlah sel bertambah secara drastis

- Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL)

CLL yaitu jenis kanker darah yang hanya menjangkiti orang dewasa. Hal paling mengerikan tentang kanker darah jenis ini adalah penderita biasanya baru merasakan gejala ketika penyakit sudah mencapai stadium lanjut. (*)

Baca juga berita lainnya dalam aritkel: SBY Sedih, Istrinya Sakit Begini ...


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH