Mengenal Joaquin Phoenix, Si Joker yang Rela Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa Membangun karakter Joker versi sendiri adalah ide terbaik Joaquin Phoenix (Foto: Reddit/DCEU)

SETELAH banyak kabar beredar dari media hiburan tentang standing applause untuk screening perdana film Joker 2019, Joaquin Phoenix diakui menjadi salah satu aktor yang layak memerankan tokoh Joker yang sebelumnya diperankan mendiang Heath Ledger.

Melansir laman Entertainment Weekly, Joaquin Phoenix mengatakan, untuk menjadi tokoh badut musuh Batman itu tak perlu mengikuti gaya berakting aktor sebelumnya (Heath Ledger di film The Dark Knight). Hal itu disampaikannya saat press conference untuk Venice Film Festival 2019 yang diselenggarakan 28 Agustus sampai 7 September.

Baca juga:

Mengenal Aktor Joaquin Phoenix, Pemeran Utama Film ‘Joker’

Joaquin Phoenix sebelumnya pernah membintangi beberapa film laga yang perannya 'menyerempet' karakter Joker. di antaranya film Taxy Driver, Mean Streets, dan The King of Comedy.

Untuk memerankan Joker, Phoenix melakukan persiapan cukup matang. Dia menggunakan konsep orisinal. Dia menyiapkan karakter yang menyerupai Joker dengan caranya sendiri. "Ketertarikan untuk membuat film dan karakter di film ini adalah membuat hal itu menarik dengan gaya kita sendiri. Jadi menurutku, aku tidak perlu mengikuti Joker yang sebelumnya," Ujar Phoenix.

Baca juga:

Transisi Arthur Fleck Menjadi Karakter Jahat di Film Joker Terbaru

Joaquin Phoenix, Ciri Khas Orisinal untuk Karakter Joker
Joaquin Phoenix mainkan dua peran dengan karakteristik berbeda (Foto: the verge)

Pemeran Joker sebelumnya, mendiang Heath Ledger, memiliki karakteristik yang mirip sekali dengan Joker di dalam komik. Mulai dari upaya yang ia lakukan untuk menjadi Joker hingga watak yang diciptakannya. Hal tersebut menjadikan film The Dark Knight salah satu film terbaik DC. Mendiang Ledger pun diakui layak sebagai aktor watak terbaik.

Akan tetapi, Joaquin Phoenix memiliki tingkat yang sama. Upaya untuk menjadi Joker tak kalah besar. Termasuk menghilangkan 23.5 kilogram berat badannya dan melakukan mimik tertawa jahat ala Joker dengan melakukan riset dengan keluar masuk berbagai rumah sakit jiwa.

Phoenix digadang-gadang akan meneruskan langkah mendiang Heath Ledger sebagai pemeran Joker terbaik.

"Pertama-tama adalah menurunkan berat badan, itulah yang aku lakukan untuk menjadi Joker. Menurunkan berat badan yang cukup banyak tersebut akan berdampak ke psikis, dan kamu akan mulai risih ketika kehilangan berat badan sebanyak itu dalam waktu singkat," ujar Phoenix.

"Ada juga buku tentang politisi pembunuh, dan aku mengikuti watak dari salah satu pria di buku ini sebagai karakter dari Joker tersebut," tambahnya.

Bagi kamu yang tidak sabar ingin menonton film Joker dan menyaksikan seperti apa akting dari Joaquin Phoenix sebagai Joker. Film Joker terbaru dijadwalkan tayang 6 September 2019 di bioskop Indonesia. (dnz)

Baca juga:

Fakta-Fakta yang Wajib Diketahui dari Film Joker



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH