Mengenal Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya Jerawat memang tidak pandang waktu datangnya. (Foto: Pexels/Ryan Jvr)

SEPERTINYA masalah jerawat menjadi problem umum tapi menjengkelkan. Kehadirannya terkadang membuat stres. Jerawat selalu menjadi musuh utama banyak orang. Karena sulit diobati apalagi jika kita tidak tahu penyebabnya apa. Ditambah lagi tak banyak orang yang mengenal jenis kulitnya sendiri. Ini yang kemudian seringkali salah dalam membeli produk perawatan kulit berjerawat.

Dari laman healthline.com, jenis jerawat ternyata berbeda-beda. Bisa dikategorikan melalui penyebab serta keseimbangan hormon di dalam tubuh. Kamu hanya perlu konsultasi ke dokter kulit untuk mengetahui sebenarnya bagaimana jenis kulit dan kondisi tubuhmu sehari-hari. Dengan begitu perawatan pun tak mungkin salah. Jerawat juga tidak betah berada di permukaan kulitmu. Simak ulasan berikut untuk mengetahui jenis-jenis jerawat dan cara tepat mengobatinya.

Baca Juga:

Cara Ampuh Atasi Jerawat di Wajah


1. Pustula

muka
Bersihkan ponsel untuk menghindari jerawat di muka. (Foto: Pexels/Duong Nhan)


Jerawat jenis ini sangat umum menjangkiti orang-orang. Pustula merupakan jerawat berisi cairan putih berupa nanah. Kemunculannya disebabkan adanya infeksi di dalam pori-pori kulit. Cairan putih tersebut sebenarnya tanda bahwa permukaan kulit sedang melawan kotoran dan bakteri yang tersumbat. Penyebabnya bisa jadi karena kamu sering menyentuh permukaan kulit tanpa membersihkan jari-jari terlebih dahulu. Biasakan untuk mencuci tangan serta membersihkan ponsel. Gunakan obat salep yang mengandung tea tree oil untuk membasmi pustula.


2. Papula

muka
Jerawat ini muncul secara berkelompok dan kemerahan. (Foto: Pexels/Jennifer Enujiugha)


Hampir serupa dengan pustula, bedanya papula tidak mengandung cairan putih. Bentuknya seperti benjolan berwarna merah dan ukurannya sangat kecil. biasanya muncul secara berkelompok dan bisa sangat menyakitkan. Cara menyembuhkannya harus menggunakan antibiotik khusus seperti retinol.

3. Hormonal

muka
Jerawat hormonal tidak ada obatnya. (Foto: Pexels/MIXU)

Kalau yang satu ini lebih banyak dialami oleh perempuan. Jerawat hormonal kerap muncul ketika masa PMS atau beberapa hari sebelum haid. Disebabkan oleh hormon yang kacau dan naik turun. Kondisi ini bisa menyebabkan kelebihan produksi minyak dan keringat yang berlebih dan bisa menyumbat pori-pori. Tidak ada obat khusus untuk mengatasi jerawat hormonal, yang perlu kamu lakukan hanyalah menjaga makan dan banyak minum air mineral.

Baca Juga:

5 Cara Sederhana Menangani Masalah Jerawat Menggunakan Minyak Jarak

4. Blackhead

muka
Hati-hati dengan jenis jerawat blackhead yang sangat nampak di wajah. (Foto: Pexels/bruce mars)

Nah ini dia yang dibenci dan paling banyak dialami orang. Blackhead adalah komedo berwarna hitam dan sering bersarang di permukaan kulit hidung. Penyebabnya sama seperti jerawat pada umumnya. Gumpalan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. Warnanya hitam karena terkena udara. Cobalah konsultasi ke dokter kulit dan melakukan facial secara berkala.


5. Whitehead

wajah
Selalu bersihkan wajah dengan membasuhnya. (Foto: Pexels/Pixabay)


Sama-sama menampakan cairan putih seperti pustula tetapi sebenarnya sangat berbeda. Ukurannya sangat kecil dan selalu hadir secara berdempetan. Penyebab whitehead adalah gumpalan kulit mati serta kotoran dan lemak yang menumpuk di pori-pori. Cara menyembuhkannya adalah dengan rajin cuci muka dan menghindari sentuhan-sentuhan kotoran. (mar)


Baca Juga:

5 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Jerawat



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH