Teknologi

Mengenal iSIM dan Perbedaannya dengan eSIM

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 14 Desember 2021
Mengenal iSIM dan Perbedaannya dengan eSIM
iSIM sudah terintegrasi langsung dengan prosesor perangkat. (Foto: Screenrant)

SALAH satu fitur yang masih kurang dikenal dari prosesor ponsel baru milik Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 1, adalah fitur yang memberi dukungan untuk kartu SIM terintegrasi atau disebut dengan iSIM. Secara teknis, ponsel yang ditenagai oleh prosesor tersebut harus terhubung ke jaringan seluler tanpa kartu SIM.

Menurut laman Android Authority, iSIM mungkin mirip dengan kartu SIM tertanam atau disebut dengan eSIM yang sudah bisa ditemukan di beberapa ponsel cerdas dan perangkat yang mendukung. Fungsi dari iSIM dan eSIM serupa, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok.

Baca juga:

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Diklaim Jadi Prosesor Super Cepat

Sebagian besar ponsel saat ini memiliki setidaknya satu slot kartu SIM fisik untuk kartu SIM nano. Kartu nano-SIM sudah ada selama bertahun-tahun dan merupakan pengembangan lebih lanjut dari kartu mini-SIM dan micro-SIM.

Kemudian muncul eSIM, sebuah chip yang lebih kecil dari nano-SIM tetapi disolder ke papan sirkuit tercetak yang memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan seluler.

Mengenal iSIM dan Perbedaannya dengan eSIM
iSIM memiliki keunggulan yang sama seperti eSIM, namun memiliki keamanan yang lebih baik. (Foto: Screenrant)

Pengguna dapat mengonfigurasi eSIM agar dapat berfungsi dengan operator jaringan dalam hitungan menit dengan mengunduh profil SIM. Bahkan pengguna dapat memiliki beberapa profil SIM yang dapat mereka alihkan.

Namun sayangnya, pengenalan eSIM terbilang sangat lambat. Beberapa produsen juga masih membuat ponsel yang tidak mendukung eSIM dan produsen juga membatasi fitur tersebut hanya untuk ponsel kelas atas.

Banyak operator seluler juga masih belum menggunakan eSIM. Salah satu area eSIM diadopsi secara luas adalah pada perangkat wearable, karena jam tangan pintar seperti Apple Watch sudah memiliki varian LTE yang menggunakan eSIM.

Baca juga:

'Joker' Kembali Lagi di Android, Waspada

iSIM telah diumumkan oleh Arm pada 2018 sebagai solusi identitas aman yang menggantikan kartu SIM fisik dan eSIM. Miliaran perangkat sudah terhubung ke Internet dan sudah pasti jumlahnya terus bertambah, termasuk perangkat IoT kecil.

iSIM memudahkan pengguna untuk menghubungkan perangkat ke internet karena dapat menghilangkan biaya penerbitan kartu SIM fisik, serta biaya implementasi dan akses fisik saat mengganti operator jaringan seluler.

Mengenal iSIM dan Perbedaannya dengan eSIM
Ponsel iSIM dapat dengan mudah dirancang agar tahan air. (Foto: The Verge)

Kemudian iSIM juga memudahkan untuk menghubungkan perangkat IoT kecil yang tidak memiliki ruang untuk kartu SIM fisik. eSIM masih membutuhkan ruang lebih sedikit daripada nano-SIM, tetapi iSIM jauh lebih kecil karena sudah terintegrasi langsung dengan prosesor perangkat.

Hal tersebut memungkinkan produsen ponsel menggunakan ruang tambahan yang ditempati SIM atau eSIM untuk komponen lain, seperti kapasitas baterai yang lebih besar. Selain itu, perangkat yang menggunakan iSIM atau eSIM dapat dengan mudah dirancang agar tahan air.

iSIM memiliki perbedaan signifikan daripada eSIM, yang bisa disebut juga sebagai keuntungan terbesarnya adalah keamanan yang ditawarkan. Dengan mengintegrasikan SIM dengan system-on-chip (SoC), SIM berjalan dalam enklave aman yang terintegrasi ke dalam chipset dan terlindung dari gangguan. Selain itu, iSIM tidak dapat dihapus sehingga lebih sulit untuk mencuri smartphone.

iSIM dirancang untuk perangkat IoT, memungkinkan produsen menambahkan koneksi seluler ke perangkat. Namun sayangnya, Snapdragon 8 Gen 1 tampaknya menjadi satu-satunya platform seluler yang mendukung iSIM, sehingga tingkat adopsi teknologi ini mungkin lebih lambat daripada eSIM. (frs)

Baca juga:

Rekomedasi 5 Ponsel 5G Terbaik Saat Ini

#Teknologi #Ponsel #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan