Gayo, Negeri Kopi

Mengenal Ikan Depik, Endemik Danau Laut Tawar Kebanggaan Suku Gayo

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 30 Oktober 2018
Mengenal Ikan Depik, Endemik Danau Laut Tawar Kebanggaan Suku Gayo
Danau Laut Tawar. (Foto: instagram.com/erwinkonadi88)

IKAN depik (Rasbora tawarensis) merupakan ikan endemik Danau Laut Tawar di Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Danau ini merupakan kebanggaan Suku Gayo yang hidup di sekitarnya. Kekayaan alam Danau Laut Tawar merupakan anugerah bagi masyarakat Suku Gayo. Masyarakat pesisir biasa mencari ikan di danau baik untuk konsumsi keluarga maupun dijual.

Danau Laut Tawar terletak di Daratan Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Suku Gayo sendiri menyebutnya Danau Lut Tawar. Danau dengan luas 5.472 hektare dan panjang 17 km ini memiliki 37 jenis ikan.

Ikan depik merupakan ikan mungil mirip teri. Ikan ini berciri tumbuh kecil dan longjong, bagian punggung berwarna hitam, bagian perut ikan depik berwarna putih lembut. Selain ikan depik ada ikan lain yang mirip dan orang awam selalu tertukar. Yaitu ikan relo dan eas. Ketiganya memiliki tubuh mungil, namun dibedakan warna bentuk tubuhnya.

Ikan depik. (Foto: instagram.com/tokokopigayo)
Ikan depik. (Foto: instagram@tokokopigayo)

Ikan depik bisa ditemukan setiap waktu. Namun, ada waktu-waktu di mana ikan depik naik ke permukaan atau muncul dalam jumlah banyak.

Masyarakat Gayo menyebutnya musim depik. Musim depik biasanya mucul pada saat awal musim hujan dan awal musim kemarau. Pada waktu-waktu itu ikan depik melakukan migrasi dengan tujuan menyesuaikan dengan suhu air.

Ikan depik biasa diolah dengan bumbu-bumbu seperti pada peungat, depik tangkep, dan dedah. Atau dimasak sederhanan dengan cara dipepes, dibakar, atau digoreng. Ikan depik tetap enak dijadikan lauk pauk pendamping nasi.

Warga mengambil ikan depik. (Foto: instagram.com/erwinkonadi88)
Warga mengambil ikan depik. (Foto: instagram@erwinkonadi88)

Dalam Ragam Kuliner Aceh: Nikmat yang Sulit Dianggap Remeh, masyarakat sekitar Danau Laut Tawar memercayai bahwa ikan depik dapat menyembuhkan penyakit malaria dan sebagai penghangat badan.

Nah, kalau kamu melancong ke Gayo, Negeri Kopi, kamu wajib coba ikan depik kebanggan Suku Gayo terutama masyarakat sekitar Danau Laut Tawar. Danau ini tak hanya menyajikan keindahan alam untuk para pelancong, tapi juga sumber kuliner di tanah Gayo. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Peungat Sajian Khas Gayo Hasil Alam Danau Laut Tawar

#Kuliner Aceh #Kuliner Indonesia #Gayo, Negeri Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan