Mengenal Hyperion, Superman ala Marvel Hyperion dibuat Marvel untuk menyaingi Superman.(Foto: HDWallsBox.com)

SIAPA yang tak kenal tokoh Superman. Superhero DC Comics yang mempunyai kekuatan super dan bisa terbang. Selang 31 tahun setelah DC Comics menerbitkan komik Superman untuk pertama kalinya, Marvel juga merilis komik yang mengenalkan salah satu superhero dengan kekuatan yang sama seperti Superman! Hyperion namanya.

1. Hyperion Muncul Bersamaan dengan Captain America

hyperion
Squadron Supreme memperkenalkan Hyperion, Dr Spectrum, Nighthawk, dan Whizzer (Photo d3comicbookspot.com)

Hyperion yang memiliki nama asli Zhib-Ran dan memiliki nama alter ego Marcus Milton. Ia merupakan salah satu antagonist yang muncul pada komik Avengers Volume 1 edisi 69. Kemunculannya bersamaan dengan Doctor Spectrum, Nighthawk, dan Whizzer.

Dalam edisi itu, Marvel memperkenalkan Captain America yang masuk ke tim Avengers, bersama dengan Thor, Vision, Wasp, dan Black Panther.

Pekerjaan Marcus Milton ialah seorang kartunis dari koran Cosmopolis. Nama Hyperion diambil dari mitologi Yunani.

Hyperion sebelumnya ialah protagonist yang memiliki kekuatan untuk mempertahankan Bumi. Namun sayang, Hyperion punya kelemahan dalam mengontrol emosi. Di saat manusia takut akan kekuatannya, ia akhirnya emosi dan menghancurkan kota.


2. Punya Kekuatan Layaknya Superman

hyperion
Kekuatan laser beam Hyperion yang dapat mengalahkan Hulk.(Foto: Comic Vine)


Simpelnya sih, kekuatan Hyperion hampir sama seperti Superman. Dari kekuatan superhuman, kekuatan sensorik yang bisa melihat tembus pandang, mengeluarkan atomic laser dari matanya, bahkan bisa berlari sangat cepat seperti The Flash.

Salah satu kelemahan Hyperion adalah argonite. Argonite adalah salah satu partikel dari quasi-nuclear dalam dirinya. Mendekatkan Argonite kepada Hyperion akan membuat dia lemah. Terlihat sama persis seperti Superman, bukan?


3. Awalnya Merupakan Sebuah Parodi

creator hyperion
Roy Thomas, pembuat Hyperion, berfoto bersama Stan Lee. (Photo Syfy.com)


Hyperion ialah salah satu karakter parodi yang dibuat Roy Thomas dan Sal Buscema, bersamaan dengan pembuatan Doctor Spectrum untuk Green Lantern, Nighthawk untuk Batman, dan Whizzer untuk Flash.

Roy Thomas berkata di DC Comics, Superman terlihat terlalu kuat sebagai superhero yang dibuat. Dari sanalah, ia membuat parodi yang membuat Superman terlihat jahat dan sebagai antagonis.

Bukan hanya Hyperion, Deadpool juga merupakan sosok parodi dari supervillain DC Comics, yaitu Deathstroke. Deadpool yang mempertanyakan keseriusan Deathstroke sebagai pemburu bayaran.

Marvel membuat Deadpool sebagai gimmick dari Deathstroke. Yang membedakan, Deadpool ialah salah satu antihero yang keren dan memberikan kesan 180 derajat berbeda daripada Deathstroke.(riq)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH