Mengenal Gu Zheng, Alat Musik Kuno dari Negeri Tirai Bambu Perempuan sedang memainkan Gu Zheng. (Instagram/@huimin_lol)

FESTIVAL Pecinan 2019 digelar di Jalan Pantjoran Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat beberapa waktu lalu. sempurna hadirkan suasana tradisional Negeri Tirai Bambu. Aksi cantik barongsai, naga liong, hingga tarian Seribu Tangan konsisten memeriahkan acara tersebut.

Di tengah meriahnya perayaan itu, ada satu momen yang kiranya mampu menarik angan jauh ke suasana negeri Cina. Yakni, aluna syahdu Gu Zheng. Dengan nada dominan Do, Re, Mi, Sol dan La, alat musik ini mengalir begitu indah.

Berangkat dari hal itu, merahputih.com tertarik untuk mengupas sedikit tentang alat musik tradisional asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

1. Alat Musik Kuno asal Tiongkok

Alat Musik Gu Zheng. (Instagram/@nathaniaruthy)
Alat Musik Gu Zheng. (Instagram/@joy_c_1007)

Gu Zheng merupakan alat musik tradisional yang tergolong sangat tua. Keberadaannya diperkirakan sudah ada sejak 2.000 tahun lalu. Meski begitu, alat musik berbentuk kotak ini masih sangat populer dimainkan saat acara-acara besar masyarakat Tionghoa.

Ahli sejarah zaman dinasti Han, Si Maqian pernah menuliskan bahwa sebelum dinasti Qin, Guzheng sudah menjadi alat musik populer untuk mengiringi lagu. Guzheng pada awalnya hanya memiliki 5 senar. Pada zaman dinasti Qin dan Han jumlah senarnya bertambah menjadi 12.

Seiring berjalannya waktu, senar Gu Zheng bertambah lagi menjadi 14 sampai 16. Standar Guzheng yang digunakan sejak tahun 1970 hingga saat ini terdiri dari 21 senar.

2. Mirip, Tapi Bukan Kecapi

Meski bentuknya sangat mirip, alat musik Gu Zheng tak sama dengan Kecapi. yang sangat membedakan adalah nada yang dimiliki. Kecapi yang berasal dari Indonesia sering mengeluarkan nada Mi Fa La Si Do, sedangkan Gu Zheng mengeluarkan nada Do, Re, Mi, Sol dan La.

"Alat musik Gu Zheng ini disusun engan nada pentatonis China tidak ada Fa atau Si. Jika ingin memakai nada Fa atau Si dibutuhkan teknik tambahan," kata Mei, seorang pemain Gu Zheng di Festival Pecinan 2019 seperti dilansir Antara.

3. Alat Musik Umum

Alat Musik Gu Zheng. (Instagram/@nathaniaruthy)
Alat Musik Gu Zheng. (Instagram/@nathaniaruthy)

Meski sarat akan budaya dan sejarah Tiongkok, alat musik ini bukanlah alat musik yang khusus untuk perayaan budaya masyarakat Tionghoa semata. Karena musik itu bersifat menyeluruh dan dapat diterima setiap orang Gu Zheng juga bisa dimainkan dimana saja.

"Gu Zheng juga tidak hanya dimainkan saat Imlek atau Cap Go Meh, tetapi Gu Zheng juga dapat dimainkan saat ada acara pernikahan, bahkan dapat dimainkan di gereja," kata Mei. (*)

Baca Juga: Festival Pecinan 2019, Padukan Budaya Tionghoa dan Betawi

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH