Parenting

Mengenal Golden Hour Pada Bayi Baru Lahir

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Jumat, 30 Juli 2021
Mengenal Golden Hour Pada Bayi Baru Lahir
Pentingnya IMD untuk bayi baru lahir. (Sumber: Instagram/@ma_coritha)

SETELAH keluar dari rahim ibunya, bayi memasuki dunia baru yang sama sekali berbeda. Jika biasanya di dalam rahim gelap, hangat dan sunyi, begitu lahir ke dunia ia harus menghadapi dunia yang terang dengan suhu berubah-ubah dan berisik. Perubahan ekstrem tersebut membuat bayi kaget dan menangis.

Sentuhan ibu menjadi yang pertama dibutuhkan mereka. Itu bisa didapatkan oleh bayi saat inisiasi menyusui dini (IMD). Konselor Laktasi, Istiyani mengatakan bahwa dua jam pertama sejak bayi dilahirkan begitu berharga untuk indera si kecil. "Kontak kulit dengan kulit antara ibu dengan si kecil pada satu dua jam pertama kelahiran disebut juga dengan the golden hour," ujar sang konselor laktasi yang biasa disapa Isti tersebut.

Baca juga

Perkembangan Anak Lamban? Lakukan Ini Moms

bayi lahir
Kontak kulit antara bayi dan ibunya pasca lahir. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Ia menguraikan bahwa di dua jam pertama kelahiran si kecil kadar hormon adrenalinnya berada pada kadar tinggi. "Ternyata kontak kulit saat IMD bukan hanya sekedar mengajari Inilah momen paling tepat bagi kita untuk menstimulasi panca indera si kecil," tuturnya.

Pertama adalah indera penglihatan si kecil menguat. Ketika lahir penglihatan bayi masih sebatas gelap dan terang. Warna aerola pada puting yang gelap memberikan stimulasi pada penglihatannya dan memancingnya untuk mendekat.

Baca juga:

Moms, Kenali Ciri-Ciri ASI Tidak Layak Konsumsi

BAYI
Seluruh indera si kecil berfungsi saat proses IMD. (FOTO: MP/Iftinavia Pradinantia)

Kedua, Indera pendengaran. Saat lahir indera pendengaran si kecil menguat saat suara ibu yang dikenalnya sejak dalam rahim menstimulasi pendengarannya.

Berikutnya adalah indera penciuman. "Pada saat lahir indera penciuman si kecil berkembang karena montgomery glands (bintik-bintik pada area puting) atau yang disebut kelenjar minyak pada payudara mengeluarkan aroma yang mirip dengan air ketuban," jelasnya.

Selanjutnya adalah indera peraba. Di dua jam pertama kelahirannya, indera peraba bayi mulai aktif. Ketika skin to skin, ia mulai meraba kulit ibunya. Ia akan memegang puting dan memijat-mijat payudara ibunya dengan tangan mungilnya. "Aktivitas ini bagus untuk menstimulasi indera perabanya," ucapnya. (avia)

Baca juga:

Moms, Ini 4 Aktivitas Seru Untuk Anak-Anak Ketika #DirumahAja!

#Parenting #Ilmu Parenting #Ibu Menyusui #Fashion Ibu Menyusui #Inisiasi Menyusui Dini #ASI
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan