Gaya Hidup
Mengenal Gaya Hidup Frugal dan Cara Menerapkannya Mengenal gaya hidup frugal, yang cocok diterapkan saat pandemi (Foto: pixabay/megan_rexazin)

GAYA hidup frugal merupakan gaya hidu pyang identik dengan hemat, minimalis serta cermat dalam mengambil keputusan. Dalam hal ini tidak ada pengeluaran berlebihan atau sisa-sia, khususnya saat masa pandemi COVID-19.

Saat pandemiu melanda dunia, banyak hal yang berubah drastis. Banyak orang terpaksa harus berhemat dan memiliki dana darurat, untuk pengaman hidup.

Baca Juga:

Liza Natalia, Eksis Berkontribusi Gaungkan Gaya Hidup Sehat Lewat Zumba

Karena, hidup di saat pandemi relatif dekat dengan sejumlah risiko, dari mulai kehilangan penghasilan atau terpapar Virus COVID-19.

gaya hidup frugal yakni memprioritaskan pengeluaran yang penting versus yang tidak penting (Foto: pixabay/nattanan23)

Mengenai gaya hidup frugal, Ivan Christian Winatha selaku Branding and Communication Strategist by Sequis, menerapkan gaya hidup frugal yakni memprioritaskan pengeluaran yang penting versus yang tidak penting, namun bukan berarti kamu bersikap pelit.

"Gaya hidup frugal mengutamakan nilai suatu barang atau kualitasnya ketimbang harganya," ujar Ivan, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Contohnya, bila kamu membeli sepatu baru karena sepatumu sudah rusak, maka akan memilih sepatu dari bahan yang tahan lama untuk jangka panjang, meski harganya sedikit lebih mahal. Bukan memilih sepatu yang murah tapi hanya bertahan beberapa bulan.

Menurut Ivan, dengan disiplin menerapkan gaya hidup frugal sejak dini, kamu akan terbiasa melakukan prioritas ketika akan berbelanja hal-hal yang kamu anggap penting, dengan tetap melakukan pertimbangan.

Baca Juga:

Gaya Hidup Orang Jakarta Berpusat di Barat dan Selatan

Karena dampak panjangnya, kamu akan lebih mudah meraih kebebasan finansial, lantaran tidak terlilit hutang dan bisa menikmati hidup, seandainya memilih untuk pensiun dini.

Untuk cara memulai gaya hidup frugal, langkah pertama yakni mengevaluasi kembali cash flow. Sebaiknya anggaran yang hanya memberi kesenangan sesaat dan tidak terlalu mendesak, coret dari daftar kamu.

Langkah tersebut berarti menghilangkan atau mengurutkan pengeluaran, dari yang paling dibutuhkan ke pengeluaran yang masih bisa ditunda. Kurangi pengeluaran yang tak diperlukan, agar bisa meningkatkan jumlah uang yang bisa ditabung.

Kemudian, catat pengeluaran harianmu agar mudah untuk melakukan evaluasi pada bulan berikutnya, ketika pendapatan atau gaji berikutnya diterima.

Langkah selanjutnya yakni memanfaatkan promo dan diskon hanya untuk barang yang sangat dibutuhkan. Karena bisa menghemat pengeluaranmu dan ada sisa uang yang bisa kamu simpan atau tabung.

Belilah barang yang benar-benar butuh, bukan karena gengsi atau keinginan (Foto: pixabay/lum3n)

Kemudian, langkah berikutnya yakni hilangkanlah keinginan untuk mendapat pengakuan sosial dari lingkungan atau 'pansos', karena itu bukan kebutuhan, melainkan keinginan atau gengsi.

Akibat dari mengedepankan keinginan atau gengsi, kamu bisa saja terbesit hasrat membeli barang-barang yang dianggap penting meski sebetulnya tidak penting.

Seperti halnya mengganti gadget berbasis Android menjadi iOS, hanya untuk ikutan aplikasi kekinian. Padahal, informasi bisa didapat dari berbagai sumber, seperti portal berita, podcast, webinar, YouTube dan sebagainya.

"Ketika kita menganggap ekspektasi orang lain atas diri kita terlalu penting sampai membeli barang yang sangat mahal tentunya akan berbahaya bagi kesehatan finansial, kesehatan fisik, dan jiwa," ujar Ivan.

Ivan menambahkan, bahwa milenial perlu bijaksana untuk mengetahui perbedaan kebutuhan serta keinginan, serta memilah mana yang harus segera dipenuhi, dan mana yang masih bisa ditunda atau dihilangkan. Bagi Ivan, penuhi saja apa yang kamu butuhkan, bukan apa yang orang lain nilai. (Ryn)

Baca Juga:

Gaya Hidup Minimalis, Bukan tentang Kekurangan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tren Tuangkan Wax panas di TikTok, Berbahaya
Fun
Tren Tuangkan Wax panas di TikTok, Berbahaya

Waxing wajah bukan untuk main-main.

10 Aplikasi Kencan Diinstal, Bukti 'Menggila' Cari Jodoh di Tengah Pandemi
Fun
10 Aplikasi Kencan Diinstal, Bukti 'Menggila' Cari Jodoh di Tengah Pandemi

Parno bertemu orang baru bikin pria ini cari jodoh lewat 10 aplikasi kencan.

Obati Rindu Para Penggemar, Syahravi Gelar ‘4ever In Session’
ShowBiz
Obati Rindu Para Penggemar, Syahravi Gelar ‘4ever In Session’

Dalam durasi konser virtual selama 27 menit tersebut, Syahravi memainkan lagu-lagu yang banyak diminta oleh para penggemar musiknya

3 Seri Laptop Bisnis MSI Siap Maksimalkan WFH
Fun
3 Seri Laptop Bisnis MSI Siap Maksimalkan WFH

WFH semakin produktif menggunakan laptop bisnis MSI.

Donald Trump Akan Larang TikTok di AS
Fun
Jam Tangan Pintar Keren Dukung Aktivitas Olahraga
Fashion
Jam Tangan Pintar Keren Dukung Aktivitas Olahraga

Tampilan jam tangan stylish dan tangguh.

Sutradara 'Black Panther' Hadirkan Serial 'Wakanda' di Disney Plus
ShowBiz
Sutradara 'Black Panther' Hadirkan Serial 'Wakanda' di Disney Plus

Kesepakatan dengan Proximity Media juga mencakup opsi membuat pertunjukan untuk bagian lain dengan nama Disney

Anak Tumbuh di Lingkungan Hijau Punya IQ Lebih Tinggi?
Fun
Anak Tumbuh di Lingkungan Hijau Punya IQ Lebih Tinggi?

Lingkungan hijau mungkin mempengaruhi IQ si kecil.

Zodiak Paling Rajin versus Paling Malas di Dunia Kerja
Fun
Zodiak Paling Rajin versus Paling Malas di Dunia Kerja

Karakter dua kubu ini dapat dilihat dari etos kerjanya.

Salesforce akan Buka kembali Kantor Pusat San Francisco pada Mei 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Salesforce akan Buka kembali Kantor Pusat San Francisco pada Mei 2021

Dibuka berdasarkan panduan dari pejabat kesehatan dan ahli medis setempat.