Otomotif

Mengenal Ford Mustang Mach 1 Gen 1 Tunggangan John Wick

P Suryo RP Suryo R - Senin, 20 Mei 2019
Mengenal Ford Mustang Mach 1 Gen 1 Tunggangan John Wick
Ford Mustang Mach 1 generasi 1 adalah model Mustang yang dipakai John Wick. (Foto: essexmustang)

JOHN Wick sangat murka ketika anjingnya dibunuh pada John Wick 1 (2014). Perkara remeh itu berawal dari anak boss mafia Russia kepincut mobil yang dikendarai John Wick. Dalam film itu John mengendarai Ford Mustang Mach 1 generasi pertama.

Ford Mustang Mach 1 generasi pertama ini mengaspal dari tahun 1969 sampai 1973. Sementara Ford Mustang Mach 1 sendiri diperkenalkan oleh pabrikan asal Amerika itu di tahun 1968.

ford mustang mach 1
John Wick dan Ford Mustangnya. (Foto: topgear)

Baca juga: John Wick: Chapter 3 - Parabellum Diprediksi Kalahkan Kesuksesan Avengers: Endgame?

Tahun 1969 adalah tahun keemasan bagi Ford Mustang. Mobil itu menjadi idaman bagi semua penggila kecepatan. Pada tahun itu tak kurang enam model Mustang yang dirilis; GT, Boss 302, Boss 429, Shelby GT350, Shelby GT500 dan Mach 1. Tambahannya ada tujuh variasi mesin V-8 pada model tahun itu. Namun kebanyakan masuk pada Mach 1.

Mach 1 adalah salah satu model Mustang yang sukses di pasaran, terjual sekitar 72.458 unit. Pada tahun itu Mach 1 hanya tersedia dalam satu model saja SportsRoof. Mach 1 tidak pernah mengeluarkan hardtop atau convertible.

ford mustang
Ford Mustang memang kerap 'berakting' di depan kamera. (Foto: youtube-Yiannimize)

Bac artikel lainnya: John Wick 3 Bakal Dirilis, Ketahui Tujuh Faktanya Dahulu

Pada perjalananya, Mach 1 memiliki kekuatan mesin V8 yang melaju kencang di jalan. Penampilannya disesuaikan dengan kondisi kala itu. Seperti penambahan hood pin, hood scoop termasuk shaker scoop, suspensi yang saling beradu empuk, chrome pop-open gas cap, ban polyglass Goodyear, interior mewah, chinspoiler, spoiler dek belakang dan SportSlats.

Mesin Mustang Mach 1 yang standar berkapasitas 5,8L Windsor 3 percepatan manual, kemudian 6,4 L FE dan 7.0L Cobra Jet 4V. Adapula yang keluar dengan paket drag dengan mesin 7.0L Super Cobra Jet.

Ford Mustang tak hanya ‘berakting’ dalam film John Wick. Beberapa film memajang kebolehan mobil legendaris ini berakting di depan kamera. Seperti Bullitt, Gone in 60 Seconds, Drive, Lethal Weapon, Gone in 60 Seconds yang berbeda versi, Gymkhana VII, Diamonds are Forever, Twister, Thunderball, Clerks II, Me, Myself and Irene, Vanilla Sky, Lost Highway, Misery dan Basic Instinct. (psr)

Artikel lainnya: Pencak Silat dan Kerambit Hadir di John Wick 3, Yayan Ruhian Mengaku Bangga

#John Wick
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan