Mengenal Fitur-Fitur Canggih Kamera Hybrid Teranyar Canon EOS R5 C nan Manjakan Videografer Tampaknya depan kamera Canon EOS R5 C. (Foto: Datascrip)

SEKILAS secara fisik bodi kamera tersebut serupa EOS R5. Namun, begitu disimak, tombol shutter berwarna merah jadi pembeda. Apalagi saat digenggam terasa jauh lebih berat sekira 30 gram karena tambahan bagian berongga tempat internal fan cooling nan akrab di bodi kamera Canon versi C (Cinema).

"EOS R5 C ini sebenarnya the true hybrid camera," kata Marketing Canon Division Datascrip Iqbal Rifqi Prayoga pada perkenalan perdana Canon EOS R5 C, di The Opus Ballroom Hotel Sutasoma, Jakarta Selatan, (12/5).

The true hybrid camera, papar Iqbal, karena EOS R5 C memiliki fitur khusus nan mampu mengoptimalkan pengambilan video sekaligus andal dalam menjepret gambar sebab mengusung sistem EOS Cinema dan teknologi EOS R5 dalam satu kamera.

Baca juga:

Pengguna Kamera Canon Kini Bisa Otomatis Unggah Foto ke Google Photos

EOS R5, menurutnya, memang bisa untuk merekam video namun fiturnya sangat terbatas, hingga kemunculan seri C (Cinema) tersebut lantas jadi penyempurna. Kamera R5 versi Cinema tersebut punya kemampuan merekam video tanpa batas karena tersemat sistem pendingin aktif pada kamera.

"Mungkin baru bisa berhenti kalau habis baterainya, habis memorinya, habis acaranya," kata Iqbal disusul ketawa kecil.

EOS R5 C
Kamera EOS R5 C tampa lensa. (Foto: Datascrip)

Kualitas gambar super tinggi tersebut sebab EOS R5 C memiliki sensor 8K CMOS full-frame 45 megapiksel, sehingga mampu menghasilkan video dengan kualitas video 8K/60p RAW.

Pengguna juga dapat membuat video slow motion dengan perekaman high frame rate hingga 4K/120fps, serta dukungan perekaman audio simultan sehingga tidak membutuhkan input audio terpisah nan lumrah diperlukan dalam perekaman high frame rate konvensional.

Jika tak ingin video 8K, pengguna dapat melakukan oversampling agar menghasilkan video 4K / 4:2:2 / 10bit berkualitas gambar tinggi. Dalam meringkas proses pascaproduksi, EOS R5 C memberi fitur C-log 3 untuk menghasilkan gradasi warna lebih kaya sehingga fleksibel dalam proses color-grading, bahkan menghasilkan warna gambar sinematik. Adanya teknologi HDR dengan format HLG dan PQ juga akan bermanfaat saat merekam dengan kontras tinggi.

Baca juga:

Canon EOS R5, Kamera Mirrorless dengan Resolusi Hingga 8K

Pandemi membuat kebiasaan masyarakat berubah terutama kebutuhan akan visual bergerak. Kehadiran Canon EOS R5 C, menurut Director of Canon Business Unit PT Datascrip Monica Aryasetiawan, menjadi jawaban paling tepat khususnya bagi profesional di bidang videografi sekaligus fotografi.

Datascrip, lanjut Monica, sangat percaya diri menatap antusias para profesional maupunp pembuat konten kreatif dapat merasakan pengalaman baru mengarungi pembuatan karya dengan fitur-fitur baru nan andal dari EOS R5 C.

EOS R5 C
Tampaknya atas kamera EOS R5 C dengan lemsa fish eye. (Foto: Datascrip)

Pihaknya bahkan mencatat adanya pertumbuhan permintaan nan semula besar di Jakarta, dan kebanyakan lelaki dengan usia 24-40 tahun, kini selama pandemi justru cukup banyak permintaan di daerah, khususnya Yogyakarta dan Bali karena semakin tumbuh para pelaku industri kreatif di luar Ibukota. "Ya, Yogyakarta malah permintaannya besar banget. Kami sampai kewalahan di pre order gelombang pertama," kata Monica.

Permintaan kamera tersebut cukup tinggi karena sangat pas bagi pengguna tak cuma videografer, tapi juga fotografer atau keduanya. Dari segi 'jepretan', berkat prosesor gambar DIGIC X berkecepatan tinggi serta kemampuan high speed continuous shooting begitu stabil, pengguna dapat memotret dengan mode continuous still shooting dengan kecepatan 20 fps pada resolusi penuh, sehingga memungkinkan pengambilan gambar berkualitas tinggi bahkan pada subjek bergerak.

EOS R5 C menghadirkan gambar sangat tajam di seluruh lebar sensor full-frame-nya lantaran dukungan teknologi Dual Pixel CMOS AF II dan EOS iTR AF X, termasuk Eye Detection AF dan Animal Detection AF sehingga dapat mendeteksi setiap gerakan subjek dengan akurat, bahkan saat subjek tidak menghadap kamera.

"Eye Detection AF, jika objek menghadap belakang atau pakai helm, akan mendeteksi kepala. Sementara, Animal Detection AF bisa deteksi badan, wajah, dan mata," papar Iqbal.

Pengguna juga tak perlu khawatir memotret di tempat dengan cahaya kurang maksimal. Performa low light saat mengambil gambar di tempat minim cahaya, lanjut Iqbal, juga bisa diatasi dengan sensitivitas ISO hingga 51.200 dan rentang kecerahan fokus hingga EV-6.

EOS R5 C
Seorang pengunjung mengabadikan kamera teranyar Canon EOS R5 C. (MP/Ronggo)

Beberapa mode AF, termasuk Dual Pixel Focus Guide sangat berguna saat pemfokusan manual dan menawarkan kontrol serta fleksibilitas lebih besar saat membidik. Ditambah lagi dengan LCD layar sentuh vari-angle sehingga pemfokusan otomatis menjadi lebih intuitif dengan kontrol sentuh langsung.

EOS R5 C memiliki berbagai macam format perekaman untuk memenuhi setiap kebutuhan. Salah satunya, Cinema RAW Light (12-bit) dengan kemampuan menyimpan data rekaman RAW dalam ukuran file lebih ringan, bahkan dapat dilakukan dalam mode perekaman internal. Tersedia juga format XF-AVC memenuhi standar siaran MXF dan format MP4 HEVC/H.264 serbaguna nan mendukung perekaman proxy dalam bitrate lebih rendah demi proses editing video lebih efisien.

Selanjutnya, fitur paling unik dari EOS R5 C tak lain dual system dengan tampilan dua antarmuka berbeda untuk foto dan video. Ketika pada mode PHOTO maka akan tampil antarmuka sama dengan EOS R5, nan menghadirkan fitur dan kinerja untuk kebutuhan fotografi.

EOS R5 C
Datascrip sebagai distributor resmi Canon di Indonesia meluncurkan EOS R5 C. (MP/Ronggo)

Namun, ketika tombol diputar ke mode VIDEO maka akan mengaktifkan tampilan antarmuka Cinema EOS, nan terlihat seperti di EOS C70, dengan menawarkan menu khas Cinema EOS. EOS R5 C juga memiliki terminal Timecode nan dibutuhkan profesional videografer dan editor untuk sinkronisasi antarkamera dalam pengaturan multikamera pada saat pascaproduksi.

Dalam hal penyimpanan, EOS R5 C tersedia dua slot kartu memor menggabungkan CF-Express Tipe B dan kartu memori SD UHS II. Perekaman simultan dengan format 4K XF-AVC, MP4, dan data proxy juga bisa diaktifkan bahkan saat perekaman internal 8K RAW.

Dengan bodi ringan (680g) dan ringkas hampir seukuran EOS R5, serta materialnya dari magnesium alloy membuat kamera tersebut tahan terhadap debu dan tetesan air, dan memberikan kebebasan untuk pengambilan gambar di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan kamera mirrorless full-frame sinema Canon EOS R5 C dengan harga Rp 84.580.000,- (belum termasuk PPN). Namun, saat acara berlangsung hingga tenggat akhir 31 Mei 2022, Datascrip memberikan harga promo sebesar Rp 81.999.000 khusu bodi kamera berikut CF Express Type B 512 G, CF Express Card Reader, 2 unit LP-E6NH, dan Mount Adapter EF-EOS R. (*)

Baca juga:

Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apple Memproduksi Mac Terbaru dengan Chip M2
Fun
Apple Memproduksi Mac Terbaru dengan Chip M2

Mac baru ini kabarnya akan ditenagai chip generasi berikutnya buatan Apple sendiri.

Microsoft Rilis Windows 11 Beta Pertama
Fun
Microsoft Rilis Windows 11 Beta Pertama

Harus terdaftar dalam Windows Insider Program.

Lagi, Adele Bantu Kekasih Melamar Pasangannya
ShowBiz
Lagi, Adele Bantu Kekasih Melamar Pasangannya

Sebelum lamaran berlangsung, Adele memberi tahu penonton tentang apa yang akan terjadi.

Air Ketumbar Bisa Mendetoks Tubuh
Fun
Air Ketumbar Bisa Mendetoks Tubuh

ketumbar kaya vitamin A, vitamin C, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, dan fosfor.

Canggihnya Sepeda Self Balacing dari Tiongkok
Hiburan & Gaya Hidup
Canggihnya Sepeda Self Balacing dari Tiongkok

Juga dapat mendeteksi dan menghindari rintangan.

YG Entertainment Melarang Lisa BLACKPINK Ikuti Pemotretan dan Acara BVLGARI di Paris
ShowBiz
Rizky Nazar Bagikan Pengalaman Seru saat Syuting 'Satria Dewa: Gatotkaca'
ShowBiz
Rizky Nazar Bagikan Pengalaman Seru saat Syuting 'Satria Dewa: Gatotkaca'

Pengalaman Rizky Nazar syuting film 'Satria Dewa: Gatotkaca'

Penampakan Jeep Wrangler di Masa Depan, Siap Dipasarkan
Hiburan & Gaya Hidup
Penampakan Jeep Wrangler di Masa Depan, Siap Dipasarkan

Jeep Wrangler generasi keempat dikabarkan bakal hadir. Hal itu diketahui dari konsep yang dibuat desainer bernama Arjun Kurunji.

Film 'Before, Now & Then (Nana)' Masuk Festival Film Berlin
Fun
Film 'Before, Now & Then (Nana)' Masuk Festival Film Berlin

Before, Now & Then (Nana) diadaptasi dari novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran.

Mengenal Kelebihan Honda CR-V 2023
Hiburan & Gaya Hidup
Mengenal Kelebihan Honda CR-V 2023

Honda CR-V 2023 akan segera diluncurkan pada pertengahan Juli 2022 mendatang