Mengenal Film Beranak Dalam Kubur (1972)

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 20 Juli 2018
Mengenal Film Beranak Dalam Kubur (1972)
Sumber: ist

SIAPA yang tidak kenal dengan Suzanna? Meski telah meninggal pada tahun 2008 lalu, perempuan kelahiran Bogor, 13 Oktober 1942 tetap dikenang sebagai artis pemeran hantu terbaik. Meski hanya berdandan ala kadarnya, Suzanna mampu membuat penonton merinding.

Salah satu film yang terkenal adalah Beranak Dalam Kubur. Film tersebut dibuat tahun 1972 oleh rumah produksi oleh Produksi Film Negara (PFN) dan Penas serta didistribusikan oleh PT. Tidar Djaja Film.

Beranak Dalam Kubur sendiri merupakan karya film adaptasi dari sebuah komik yang lebih dulu tenar yakni Tangisan di Malam Kabut karya Ganes TH. Komik tersebut terbit satu tahun sebelum filmnya. Film tersebut disutradarai oleh Awaludin dan Ali Shahab.

Di film itu Suzanna berperan sebagai Lila, gadis cantik yang berhati lembut. Saat kecil ia selalu bertengkar dengan kakaknya Dhora (Mieke Wijaya), perempuan jahat dan picik. Karena tidak pernah akur akhirnya mereka berdua dipisahkan.

Lila dibawa ke kota dan tinggal bersama tantenya, sedangkan Dhora tinggal di kampung bernama Ciganyar merawat perkebunan bersama sang ayah dan ibu. Hatun demi tahun berlalu, dua gadis berbeda sifat itu pun tumbuh dewasa. Lila tumbuh menjadi gadis cantik dengan suami tampan dan gagah bernama Robby (Robby Hart). Sedangkan Dhora masih tetap jahat.

Sumber: ist
Sumber: ist

Lila yang saat itu hamil tua mendapat kabar ibu tirinya meninggal memutuskan untuk pulang kampung. Sayangnya, di Ciganyar sang kakak sudah menyiapkan niat jahatnya. Setelah membunuh ibu kandungnya dan melumpuhkan sang ayah, Dhora juga akan menghabisi Lila.

Dhora mengajak Lila ke tepi danau dan mendorongnya sehingga hampir tenggelam, namun beruntung Lila selamat. Di malam hari Lila merasakan kontraksi. Dhora yang tahu akan hal itu bukannya membantu malah menyiram Lila dengan air keras.

Baca juga: Berikut Daftar Artis yang Ikut Pileg 2019

Baca juga: Siapa Sosok Suzanna di Film Remake Beranak Dalam Kubur

Setelah itu Dhora menyuruh anak buahnya untuk mengubur Lila. Tapi tak disangka, Lila justru melahirkan di dalam kubur. Sejak saat itu daerah Ciganyar menjadi angker.

Sebenarnya Lila hanya berurusan dengan Dhora, namun pawa penduduk juga terkena imbasnya. Lila terus menerus gentayangan. Hingga suatu ketika Robby kembali dan mencoba memecahkan kasus hantu gentayangan itu.

Pernah ada judul yang sama

Sumber: ist
Sumber: ist

Di tahun 2007, MD Pictures membuat sebuah film dengan judul sama seperti tahun 1972. Namun jalan cerita di film tersebut sangat jauh berbeda. Beranak Dalam Kubur versi MD Pictures menceritakan tentang teror hantu di sebuah rumah sakit.

Beberapa bintang ikut andil di film itu seperti Adhitya Putri, Revand, Narya, Dinda Kanya Dewi, dan Julia Perez. Film tersebut disutradarai oleh Adji Saputra dan Freddy Lingga.

Sebenarnya, film tersebut direncanakan akan rilis di bulan Januari 2008. Namun karena ada pemutaran film Ayat-Ayat Cinta yang diproduksi dengan produser sama, maka film Beranak Dalam Kubur dimajukan menjadi tanggal 19 Desember 2007.

Di film itu Julia Perez dipercaya untuk berperan sebagai hantu gentayangan yang semasa hidupnya bernama Jasmine. Perempuan cantik itu merupakan gadis baik-baik sebelum ia pergi ke kota. Hingga suatu saat ada pria yang menghamilinya.

Namun karena tak ingin bertanggung jawab, Jasmine disantet oleh pria itu. Ia kemudian bangkit dan melahirkan di dalam kubur. Setelah itu ia gentayangan sambil membawa dendam.

#Suzanna
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan