Mengenal Drone Canggih yang Beraksi Bak Kembang Api Berbagai Bentuk di Countdown Asian Games Aksi drone Intel yang memeriahkan pagelaran hitung mundur Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Jumat (18/8). (Istimewa for MerahPutih.com)

MerahPutih.com - Selain penampilan dan aksi Presiden Joko Widodo dengan panahannya, ada yang menarik dari rangkaian acara hitung mundur Asian Games 2018 di Monas, Jumat (18/8). Salah satunya adalah pertunjukan cahaya yang memanfaatkan drone dikenal dengan nama Drone Light Show yang menggunakan drone-drone keluaran Intel.

“Drone light show adalah cara untuk bercerita, ini yang pertama di Jakarta,” kata General Manager Intel Drone Light Show Natalie Cheung, saat pemaparan di Jakarta.

Dalam acara itu, 300 buah drone shooting star, drone quadcopter yang dilengkapi lampu LED multiwarna dan GPS dikerahkan. Alat-alat itu bisa membuat konfigurasi berbagai bentuk sesuai dengan yang diinginkan.

Layaknya pertunjukkan kembang api, drone Light Show dapat menghadirkan berbagai warna, hanya saja tanpa asap. Drone canggih itu sejatinya memang dirancang untuk pertunjukkan cahaya. Jadi tidak memiliki kamera untuk mengambil gambar seperti drone kebanyakan.

Dalam acara ini, Intel bekerja sama dengan Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia. Mereka memerlukan waktu dua bulan untuk mempersiapkan pertunjukkan yang begitu megah ini. Ya, meski memakan waktu berbulan-bulan, alat-alat ini hanya beraksi selama tujuh menit.

Setiap pesawat nirawak ini sudah diprogram untuk memiliki peta lokasi sehingga mereka sudah tahu di mana harus berada. Jadi mereka tidak akan bertabrakan saat berpindah tempat.

Konfigurasi drone dilakukan oleh seorang pilot di komputer yang berjarak maksimal satu kilometer dari lokasi kendaraan tersebut.

Drone yang diterbangkan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di setiap tempat, untuk acara ini drone akan diterbangkan setinggi 130 meter. Drone Shooting Star banyak digunakan untuk keperluan seni, hiburan serta iklan di udara.

Menurut Natalie, drone tipe ini sudah digunakan ratusan di ratusan acara, sealah satunya adalah di Taman Bermain Disney pada musim liburan tahun lalu. Di Asia, mereka antara lain sudah unjuk kebolehan di Jepang dan Singapura. (*)

Sumber: Antara


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH