Kesehatan

Mengenal DOMS, Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 11 Maret 2020
Mengenal DOMS, Nyeri Otot Setelah Berolahraga
DOMS, kondisi Nyeri Otot (Foto: Pixabay/Ractapopulous)

PERNAH merasa nyeri otot saat mengangkat beban berat atau mendorong diri lebih keras waktu berolahraga? Kondisi ini juga sering terjadi ketika seseorang baru mulai ngegym. Nyeri otot ini biasanya akan muncuk di kemudian hari setelah kedua aktivitas tersebut.

Nyeri otot sangat normal, tapi tidak akan berlangsung lama. Faktanya, nyeri otot merupakan awal dari tanda kebugaran kamu membaik. Jadi, kamu tidak perlu mengeluh saat otot nyeri, nikmati saja. Hal ini sangat wajar.

Baca juga:

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep

Melansir NHS, nyeri otot setelah beraktivitas fisik dikenal dengan sebutan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). DOMS biasanya terjadi ketika kamu yang tadinya jarang beraktivitas fisik, tapi tiba-tiba memutuskan untuk memulai kebiasaan berolahraga yang intens dan rutin.

DOMS tidak Berdampak Negatif (Foto: Pixabay/Princesscea)

Secara otomatis, otot akan diminta untuk bekerja lebih keras. Ketika otot diminta untuk bekerja lebih keras daripada yang biasa kamu lakukan, dapat menyebabkan kerusukan mikroskopis serat-serat otot. Akibatnya, kamu akan merasakan nyeri otot dan kaku.

Baca juga:

3 Langkah Mudah Kencangkan Otot dengan Botol

Kabar baiknya ialah rasa sakit ini akan berkurang ketika otot kamu terbiasa dengan tuntutan fisik baru yang diberikan. Artinya, semakin kamu sering rutin untuk melatih ototmu, rasa sakit ini akan hilang dengan sendirinya.

DOMS terjadi setelah karena jarang melakukan aktivitas fisik (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Rasa sakit ini adalah bagian dari proses adaptasi yang mengarah pada stamina dan kekuatan yang lebih besar ketika otot pulih. Namun, menurut survey, sayangnya masih banyak orang-orang yang tidak tahan dengan prosesnya. Hasilnya, mereka tidak antusias untuk membuat tubuh bugar dengan berolahraga.

Tetap semangat berolahraga ya sahabat Merah Putih! (nic)

Baca juga:

Daftar Makanan Murah yang Ternyata Bisa Membesarkan Otot

#Otot #Gangguan Otot
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan