Teknologi
Mengenal DentalSlim Diet Control, Alat Penurun Berat Badan Kontroversial Alat diet baru yang menuai kontroversi (Foto: university of otago)

MEMILIKI tubuh ideal tentunya merupakan impian bagi para kaum hawa. Karena itu, tak heran bila para kaum hawa melakukan berbagai upaya untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Seperti halnya rajin berolahraga, hingga melakukan berbagai program diet. Berbicara soal diet, belum lama ini tengah heboh sebuah alat penurun berat badan kontroversial bernama DentalSlim Diet Control.

Baca Juga:

Diet Aman dan Sehat Ala Dokter Reza Gladys

DentalSlim Diet Control dikembangkan oleh ilmuwan dari University of Otago di Selandia Baru (Foto: facebook/xradio villa mercedes)

Alat tersebut dirancang untuk memungkinkan penggunanya membuka mulut hanya sekitar 2 mm saja. Sehingga membuat pengguna tidak dapat mengunyah sambil tetap bernapas dan berbicara. DentalSlim Diet Control dikembangkan oleh ilmuwan dari University of Otago di Selandia Baru. Alat ini merupakan perangkat yang bisa dipasang pada gigi belakang atas dan bawah penggunanya.

DentalSlim Diet Control memiliki baut pengunci unik bertenaga magnet. Saat diaktifkan, pengguna hanya memungkinkan membuka mulut sekitar 2 mm. Tentu saja membatasi penggunanya untuk lebih menaati diet. Meski begitu, pengguna tetap bisa bernapas dan berbicara secara normal.

Pengembang DentalSlim Diet Control percaya bahwa alat tersebut bisa memainkan peran dalam memerangi epidemi obesitas global.

"Hambatan utama bagi orang untuk berhasil menurunkan berat badan adalah kepatuhan, dan ini membantu mereka membangun kebiasaan baru. Memungkinkan mereka untuk mematuhi diet rendah kalori untuk jangka waktu tertentu," kata Profesor Paul Brunton, Wakil Rektor Universitas Otago, seperti yang dikutip dari laman Odditycentral.

Selain itu, Paul menambahkan, bahwa alat tersebut merupakan alternatif non-invasif, reversibel, ekonomis dan menarik. Karena, tidak ada konsekuensi yang merugikan bila menggunakan perangkat tersebut.

Baca Juga:

Mengenal Perawatan Kulit Picosure Laser di Klinik Glafidsya Medika

Namun, perangkat ini menuai banyak kritik online ketika diperkenalkan ke publik. Banyak yang berpendapat bahwa alat tersebut sebagai alat penyiksaan, dan bukan solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, ilmuwan yang mengembangkan alat tersebut mengklarifikasi, bahwa DentalSlim bukanlah solusi penurunan berat badan jangka panjang, yang bisa dicoba oleh siapapun.

Para ilmuwan justru mengatakan bahwa alat itu dirancang dengan mempertimbangkan keadaan darurat. Seperti halnya pasien yang memerlukan operasi penyelamatan jiwa, namun memilik berat badan berlebihan untuk menjalani operasi bedah, hingga mencapai berat badan yang lebih aman.

Kemudian, mereka bisa menonaktifkan kunci magnet serta mengikuti diet penurunan berat badan yang tak terlalu ketat. Kabarnya, praktik mengunci rahang untuk mencegah penggunanya mengunyah bukan hal baru, sudah dipraktekkan pada tahun 1980-an. Namun menyebabkan muntah, risiko tersedak, hingga setelah 9-12 pengguna mengalami sakit pada gusi.

DentalSlim Diet Control merupakan alat yang lebih modern dan si pasien diberi alat khusus untuk membuka magnet, untuk keadaran darurat. Namun dalam praktiknya, serupa dengan memasang kabel pada rahang seseorang untuk mencegah mereka mengunyah.

Peneliti mengklaim, dari hasil studi percobaan, pengguna kehilangan bobot rata-rata 6,36 kg dalam dua minggu, dan termotivasi untuk terus menurunkan berat badan. (Ryn)

Baca Juga:

Girls! Jangan Asal Pilih Perawatan Filler, Perhatikan juga Keamanannya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Max Verstappen Cetak Rekor Baru setelah Juarai GP Miami
Fun
Max Verstappen Cetak Rekor Baru setelah Juarai GP Miami

Juara terbanyak kedua dalam satu negara setelah Lewis Hamilton.

Plane Swap, Atraksi Ekstrem Bertukar Pesawat di Ketinggian
Hiburan & Gaya Hidup
Plane Swap, Atraksi Ekstrem Bertukar Pesawat di Ketinggian

Akan digelar pada 24 April pukul 16.00 waktu AS (25 April 2022 pukul 06.00 WIB).

Ditemukan di Ebay Trofi The Game Awards yang Hilang Milik Developer Celeste
Fun
Ditemukan di Ebay Trofi The Game Awards yang Hilang Milik Developer Celeste

Prestige Is Key menebus trofi itu dengan harga Rp7,2 juta.

'The Flame' Angkat Kisah Perjuangan Melindungi Hutan Adat di Kalimantan
ShowBiz
'The Flame' Angkat Kisah Perjuangan Melindungi Hutan Adat di Kalimantan

The Flame menceritakan kisah perjuangan Iber Djamal sebagai penduduk asli Kalimantan ...

Waspadai Tanda Depresi pada Perempuan
Hiburan & Gaya Hidup
Waspadai Tanda Depresi pada Perempuan

Sinyal depresi pada perempuan yang sebaiknya tidak diabaikan.

ONIC Esports Ambil Langkah Strategis untuk Rebut Gelar Juara
Fun
Miss Universe 2021, antara Pandemi dan Kontes Kecantikan
ShowBiz
Miss Universe 2021, antara Pandemi dan Kontes Kecantikan

Miss Universe 2021 diselenggarakan di Eilat, Israel.

Tampil Stand Out saat Lebaran Tanpa Terkesan Berlebihan
Fashion
Tampil Stand Out saat Lebaran Tanpa Terkesan Berlebihan

Di perayaan lebaran kali ini, nampaknya semakin banyak muslim yang mengekspresikan fashion mereka.

New Kia Soul 2023 Tarik Perhatian Anak Muda
Hiburan & Gaya Hidup
New Kia Soul 2023 Tarik Perhatian Anak Muda

New Kia Soul 2023 menarik perhatian generasi muda. Sebab, mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih menarik.