Mengenal Danha, Desainer Kostum Hanbok yang Dipakai BLACKPINK dalam ‘How You Like That’ Danha ciptakan kreasi Hanbok modern tanpa menghilangkan ciri khasnya (Foto Danha Seoul)

AKHIR-akhir ini kata kunci Hanbok jadi kata yang paling banyak dicari di dunia maya. Apalagi kalau bukan karena pengaruh ‘girl group’ BLACKPINK yang mengenakan pakaian tersebut dalam video musik lagu terbarunya. Melakukan comeback untuk pertama kalinya dalam acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon.

Grup besutan YG Entertainment itu tampil mengenakan kostum khas Korea, Hanbok. Di balik itu ada seorang perancang busana bernama Danha yang bertanggung jawab terhadap kepopuleran pakaian tradisional ini.

Baca Juga:

Sempat Ditunda, Video Klip ’Monster’ Irene dan Seulgi Red Velvet Akhirnya Rilis

baju
Hanbok buatan Danha yang dikenakan BLACKPINK dalam acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon (Foto Instagram@blackpinkofficial)

Mengutip AllKpop, Danha tidak pernah menyangka bahwa perusahaan pakaian akan terkenal di luar negeri ketika memulai bisnisnya itu pada dua tahun silam. Hal ini dimulai ketika YG Entertainment mengajak Danha bekerjasama untuk membuat kostum Hanbok yang dikenakan BLACKPINK dalam lagu terbarunya How You Like That. "Salah satu kostum yang dikenakan anggota (BLACKPINK) diciptakan sebagai pakaian genderless. Dibuat dengan menggabungkan jubah laki-laki dengan atasan perempuan," terang Danha. Danha juga mengaku dia membuat kreasi Hanbok baru agar sesuai dengan koreografi tarian BLACKPINK yang intens.

Sejak masih muda, Danha memang sudah jatuh cinta dengan Hanbok. Bahkan dia biasa mengenakan pakaian tradisional itu ketika pergi bersekolah. Beranjak dewasa, Danha kerap kali membawa Hanbok ketika bepergian ke luar negeri, seperti ke Amerika Serikat dan Eropa. Setiap kali Danha memperlihatkan pakaian tradisional kebanggaannya itu, warga lokal langsung memuji kecantikan Hanbok.

Hal tersebut yang membuat Danha memutuskan untuk membangun bisnis fesyennya yang bernama Danha Seoul. "Aku ingin memperbaharui (Hanbok) agar semua orang bisa memakainya dengan mudah. Tapi aku pikir hal tersebut dapat terjadi jika aku menafsirkan tradisi dengan tepat," terangnya. Tidak tanggung-tanggung demi bisa mempelajari tradisi dan sejarah di balik Hanbok yang benar, dia belajar di Royal Dressing Research Institure pada 2016.

Baca Juga:

Son Ye Jin, Lee Sun Gyun, dan Sam Worthington akan Beradu Akting dalam film 'Cross'

baju
Danha, perancang kostum Hanbok yang dikenakan BLACKPINK dalam lagu How You Like That (Foto Instagram@jennie_kjn & AllKPop)

Dua tahun kemudian Danha melanjutkan sekolah master dan doktor dalam studi kostum di Universitas Sungkyunkwan lalu membangun perusahaannya. Danha Seoul membuat berbagai pakaian tradisional yang dimodernisasi tanpa menghilangkan ciri khasnya. Berlokasi di Seoul, Korea, Danha menjual berbagai koleksi pakaian menawan berdesain Hanbok.

Danha ingin mengubah persepsi orang terhadap Hanbok yang selama ini dianggap tidak praktis, panas, dan kadang sulit untuk dikenakan. Dia ingin memperlihatkan bahwa Hanbok juga dapat dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Apalagi berkat proyek kostum Hanboknya untuk BLACKPINK, Danha semakin yakin bahwa hal ini merupakan kesempatan luar biasa untuk memberi tahu dunia tentang pesona pakaian tradisional Korea. (sam)

Baca Juga:

Drama Korea 'Miss Independent Jieun 2' Mengajarkan Kita untuk Jadi Mandiri


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH