Mengenal Danau Linow yang Airnya Dapat Berubah Warna airnya dapat berubah menjadi berbagai warna (Foto: Instagram/@danau.linow)

KOTA Tomohon yang berada di provinsi Sulawesi Utara dikenal sebagai daerah yang memiliki tujuh keajaiban. Kota Tomohon memiliki tujuh gunung yang berada di sekitar dan di dalam kota tersebut. Selain itu, Tomohon juga memiliki tujuh air terjun dan tujuh danau.

Salah satu danau yang menjadi bagian dari tujuh keajaiban tersebut adalah Danau Linow. Lokasinya berada kurang lebih 30 kilometer dari kota Manado.

Baca juga:

Destinasi Wisata ini yang Tak Boleh Dilewatkan di Sulawesi Utara

Danau ini memiliki keunikan yang sangat menakjubkan. Warna air dari danau Linow dapat berubah-ubah menjadi berbagai warna, yaitu biru gelap, merah kecoklatan, hijau dan kuning.

Kondisi cuaca juga menjadi faktor yamg menyebabkan berubahnya warna danau tersebut. Di pagi hari, air Danau Linow akan berwarna kuning hingga kecoklatan. Menjelang siang hari, berubah warna menjadi hijau muda hingga hijau gelap.

Dapat berubah warna karena adanya kandungan belerang di dalam danau (Foto: Instagram/@danau.linow)

Air Danau Linow dapat berubah warna yang disebabkan kayanya kandungan belerang yang tersimpan di dasar danau. Kandungan ini memengaruhi pembiasan cahaya matahari sehingga menghasilkan warna yang berbeda-beda. Nama Danau Linow sendiri memiliki makna airnya dapat berubah warna.

Kandungan belerang yang ada di dasar Danau Linow berhubungan erat dengan keberadaan gunung didekatnya yaitu Gunung Lokon yang merupakan gunung aktif. kandungan belerang di dasar danau menghasilkan reaksi gas belerang berupa gelembung-gelembung kecil pada air danau

Baca juga:

Mengabadikan Momen Cantik di Destinasi Wisata Danau Batu Bacan

Meski begitu, keberadaan kandungan belerang di dasar danau menimbulkan aroma mirip telur busuk. Terlepas baunya yang mengganggu, Danau Linow tetap menjadi destinasi favorit para pelancong dalam negeri dan mancanegara.

Konon, Danau Linow disebut-sebut sudah ada sejak 500 ribu tahun lalu. Terbentuknya Danau ini karena adanya ledakan dahsyat gunung pada masa lalu. Nama Danau Linow sendiri di ambil dari bahasa Minahasa yaitu lilinowan yang artinya tempat berkumpulnya air.

Danau ini sudah ada sejak 500 juta tahun lalu (Foto: Instagram/@danau.linow)

Keunikan yang ada di area Danau Linow adalah keberadaan binatang endemik asli dari wilayah kota Tomohon yakni sayok atau komo. Sayok atau komo merupakan sebutan khusus dari masyarakat setempat untuk serangga unik yang hidup di air dan memiliki sayap. Danau ini pun menjadi habitat sejumlah spesies burung.

Untuk sampai di Danau Linow, kamu harus menempuh perjalanan darat dari kota Tomohon. Setibanya di dekat kawasan Danau Linow, pelancong diharuskan berjalan kaki sekitar 700 meter untuk tiba di Danau Linow. Pelancong diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp 25.000. Wisata Danau Linow dibuka pukul 8 pagi hingga 5 sore. (lgi)

Baca juga:

Mengenal Tempat Wisata Danau Bedugul di Bali

Kredit : leonard


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH