Mengenal Crossfit, Olahraga Kekinian yang Banyak Digemari Artis Tren olahraga crossfit (Foto: Pixabay/Karabulakastan)

OLAHRAGA crossfit belakangan ini mulai populer. Fungsinya yang beraneka ragam, membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Olahraga ini mengasah semua kemampuan badan, bagus untuk meningkatkan kesehatan fisik dan kebugaran kardiovaskular demi menunjang aktivitas sehari-hari.

Faktanya,crossfit juga merupakan olahraga favorit mendiang Ashraf Sinclair. Melansir dari YouTube, beliau sempat berinvestasi untuk membuka tempat olahraga crossfit sewaktu dia aktif dalam dunia seni peran kala itu. Namun, karena satu dan lain hal yang tidak sejalan dengan visi dan misi bersama partnernya, ia tidak melanjutkan investasi itu. Meski demikian, ia tetap berlatih crossfit.

Baca juga:

Terlalu Sering Olahraga Berbahaya! Nomor 3 Khusus untuk Perempuan

Melansir dari Nerd Fitness, crossfit adalah program penguatan dan melatih 'kekuatan utama' untuk berbagai instansi, seperti kepolisian, tim operasi taktis, unit operasi khususnya militer, juara beladiri, juga dilakukan oleh atlet profesional lainnya di seluruh dunia.

Program latihan ini di desain dengan menghadirkan latihan kebugaran yang umum, luas dan inklusif. Tidak ada spesialisasi yang diwajibkan di olahraga ini, semua orang boleh ikut berpartisipasi. Olahraga crossfit sama beratnya dengan sepuluh keterampilan fisik umum, termasuk daya tahan kardiovaskular atau pernapasan, stamina, kekuatan, kelenturan, kekuatan, kecepatan, kelincahan, keseimbangan, koordinasi, dan akurasi.

Dalam bahasa ilmiah, crossfit adalah program pelatihan yang membangun kekuatan melalui latihan yang sangat bervariasi dan menantang. Dalam setiap latihan, kamu akan menguji bagian yang berbeda dari kekuatan fungsional tubuh. Tidak hanya berfokus pada satu bagian tertentu, tetapi lebih dengan tujuan membangun tubuh yang mampu melakukan hampir semua hal.

Crossfit di nilai berbeda dari fitness pada umumnya, olahraga ini 'bekerja sama' dengan pelakunya untuk menemukan gaya olahraga yang sesuai dengan tubuh mereka. Melihat olahraga kebugaran yang cukup berat ini, sebagai pemula juga harus berhati-hati sebelum mencoba kelas ini. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat dari latihan crossfit.

Baca juga:

Rekomendasi Olahraga yang Cocok untuk Orangtua dan Anak

1. Pembinaan dan dukungan

Mengenal Crossfit, Olahraga Kekinian yang Banyak Dilakukan Artis
Mendapatkan Dukungan dan Pembinaan Sesuai Kemampuan (Foto: Pixabay/Karabulakastan)

Ketika kamu berada di pusat kebugaran, kamu tidak tahu apakah kamu sudah melakukan olahraga yang benar atau tidak, cukup atau belum, maksimal atau kurang. Crossfit memiliki pelatih di setiap latihan untuk membantu seseorang memaksimalkan semua gerakan demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Komitmen

Mengenal Crossfit, Olahraga Kekinian yang Banyak Dilakukan Artis
Melatih Komitmen dan Kedisiplinan (Foto: Pixabay/Tacofleur)

Jika seseorang tidak muncul dalam sebuah sesi, orang lain akan mengetahui dan mempertanyakan kehadirannya. Berbeda dengan fitness, dimana seseorang bisa mengatur waktu sendiri. Crossfit melatih sekaligus membentuk kebiasaan dan komitmen positif pegiatnya.

3. Level Up

Mengenal Crossfit, Olahraga Kekinian yang Banyak Dilakukan Artis
Meningkatkan Level Kekuatan (Foto: Pixabay/Tacofleur)

Karena mengetahui berapa banyak beban yang kamu angkat, juga berapa banyak berapa repetisi dan set yang bisa dilakukan, kamu bisa melihat peningkatan yang konstan dengan melakukan crossfit. Kamu juga bisa 'naik tingkat' dengan lebih cepat, meski perlahan tapi pasti. (Nic)

Baca juga:

Konsumsi Makanan Ini Sebelum Olahraga


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH