Mengenal Computer Vision Syndrome, Gejala Berbahaya yang Menghantui Milenial

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 09 Oktober 2019
Mengenal Computer Vision Syndrome, Gejala Berbahaya yang Menghantui Milenial
Kenali gejala Computer Vision Syndrome yang berbahaya (Foto: pixabay/lukasbieri)

COMPUTER Vision Syndrome (CVS) atau yang disebut juga sebagai visual fatigue dan digital eye strain, merupakan istilah untuk kumpulan gejala yang berhubungan dengan gangguan mata karena penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer.

Alat elektronik itu antara lain komputer, laptop, ponsel, tablet dan sebagainya. Seperti yang diketahui, alat-alat elektronik tersebut seakan sudah menjadi makanan sehari-hari para milenial untuk berkarya, belajar maupun berbisnis.

Baca Juga:

Indahnya Berpelukan Dapat Menyeimbangkan Sistem Saraf

Gejala CVS yaitu rasa lelah atau pegal pada mata. Penglihatan kabur atau ganda, mata merah, perih dan terasa panas. Bahkan dalam beberapa kasus, gejala itu juga disertai dengan sakit kepala, leher, pundak hingga punggung, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Semakin lama kamu gunakan komputer, semakin lama juga gejala yang akan berlangsung (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Semakin lama durasi kamu dalam menggunakan komputer, maka semakin lama pula gejala yang akan berlangsung. Bahkan berlanjut hingga penggunaan komputer selesai.

Lantas bagaimana penggunaan komputer menyebabkan CVS? Jadi gini gengs, saat kamu menatap layar, mata akan terus bergerak dari satu titik ke titik lainnya dan melakukan fokus dalam waktu yang lama. Nah kegiatan itu membutuhkan kerja keras dari otot mata.

Huruf-huruf pada layar komputer itu umumnya tak setajam pada media cetak. Hingga secara tak sadar akan memaksa mata kamu untuk lebih fokus dalam membacanya. Kerlip serta silau cahaya yang berasa dari layar pun menambah beban kerja pada mata.

Frekuensi mata untuk berkedip cenderung berkurang ketika menatap layar. Hal itulah yang menyebabkan mata kamu menjadi kering.

Baca Juga:

Kenali Hubungan Traveling dengan Kesehatan Jiwa

Cegah Computer Vision Syndrome dengan beberapa langkah mudah (Foto: pixabay/startupstockphotos)

Cara Mencegahnya? Tentu saja ada gengs jangan khawatir. Cara yang pertama yaitu ubah pengaturan pada layar komputer kamu. Dalam hal ini atur tingkat keterangan, kontras dan ukuran huruf sesuai dengan kenyamanan kamu. Bila perlu gunakanlah screen filter guna mengurangi kilatan cahaya dari layar komputer/laptop kamu.

Langkah selanjutnya yakni batasi waktu penggunaan komputer gengs. Selain membatasi, selama menggunakan komputer sering-seringlah mengedipkan mata guna melembapkan mata selama bekerja.

Lakukanlah kiat 20-20-20, yakni mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit, untuk menatap objek yang berjarak jauh sekitar 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Dua puluh detik tersebut, merupakan waktu yang dibutuhkan untuk otot mata akhirnya terelaksasi.

Selain itu, langkah pencegahan lainnya ialah gunakan obat tetes air mata. Agar mata kamu tetap lembab. Tapi pastikan obat tetes itu tak mengandung bahan aktif obat atau pengawet.


Nah itu dia gengs beberapa langkah pencegahannya. Gejala Computer Vision Syndrome (CVS) memang sifatnya hanya sementara. Tapi kondisi itu bisa menyebabkan rasa tak nyaman dan hambatan saat kamu melakukan kegiatan sehari-hari. (ryn)

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

#Kesehatan #Milenial
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan