Wisata

Chichibugahama, 'Pantai Cermin' nan Instagramable

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 01 Agustus 2022
Chichibugahama, 'Pantai Cermin' nan Instagramable
'Pantai Cermin' nan Instagramable (odditycentral)

ADA sebuah tempat wisata populer yang cukup menarik di kota Mitoyo, Jepang. Tempat wisata tersebut ialah Pantai Chichibugahama, yang sangat populer berkat sejumlah unggahan wisatawan di platform media sosial Instagram.

Pantai Chichibugahama yang terletak di prefektur Kagawa sebetulnya tidak begitu terkenal. Namun dengan bantuan teknologi digital saat ini, dalam waktu singkat menjadi magnet para influencer Instagram.

Baca Juga:

Viral! Pantai Misterus Ini Dipenuhi Butiran Kaca Warna-Warni, Indah Sih, Tapi....

Pantai Chichibugahama menjadi viral berkat kekuatan media sosial (facebook/visit mitoyo)

Berawal dari tahun 2016 ketika pemerintah di Kota Mitoyo menyelenggarakan kompetisi foto untuk meningkatkan pariwisata lokal. Kemudian, lewat salah satu unggahan yang paling menarik, terlihat dua orang anak yang tercermin di perairan dangkal Chichibugahama. Efek visual dari foto tersebut sangat menakjubkan, sehingga gagasan untuk memakai efek cermin mengundang para wisatawan untuk berkunjung.

Setelah pantulan air yang diikutsertakan pada kompetisi foto tersebut mendapat perhatian di wilayah sekitar, pemerintah memutuskan untuk fokus di lapangan pantai cermin. Situs web kota mulai mengunggah tips tentang cara mengambil gambar yang sempurna di Chichibugahama. Bahkan mereka sampai mengunggah waktu terbit dan terbenam matahari di pantai berdasarkan kalender yang mereka buat.

Ketika foto-foto itu tersebar di media sosial, situs web kota Mitoyo mendapat lebih dari 40 ribu kunjungan hanya dalam beberapa hari. Jumlah tersebut puluhan kali lebih banyak dari biasanya.

Pantai Chichibugahama dalam majalah travel disebut sebagai Salar de Uyuni di Jepang. Salar de Uyuni adalah tujuan wisata terkena di Bolivia, memiliki atraksi wisata berupa langit tercermin dalam bayangan di atas air.

Baca Juga:

Unjuk Gigi Desa Wisata Usung Konsep Sustainable Tourism

Kemudian, televisi nasional membuat laporan bahwa Chichibugahama tempat yang sebelumnya tidak diketahui, menjadi tempat yang populer. Tempat yang hampir tidak diketahui oleh warga Jepang itu menarik puluhan ribu turis lokal.

Saat ini, semakin banyak para influencer Instagram berkumpul di sepanjang pantai Chichibugahama yang terentang sepanjang satu kilometer saat matahari terbenam. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang menarik untuk diunggah di Instagram.

"Fakta bahwa banyak orang berkumpul di tempat yang hampir tidak terlihat oleh penduduk setempat adalah sesuatu yang membuat saya sangat bahagia. Mengingat perubahan drastis tahun ini, seseorang benar-benar merasakan kekuatan media sosial," jelas Yukari Ishii, pekerja di departemen pariwisata Kota Mitoyo, seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

Sebagai informasi, pandemi COVID-19 di Jepang 'menghantam' sektor pariwisata, tidak terkecuali Pantai Chichibuagahama. Pantai yang sudah terkenal sebagai tempat bertemunya langit dan lautan, bisa menjadi kebangkitan sektor pariwisata Jepang. (Ryn)

Baca Juga:

Pentingnya Promosi Pariwisata Berbasis Teknologi

#Wisata #Travel #Pantai #Wisata Alam #Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan