Mengenal Cara Breeding Ikan Discus, Si Cantik Asal Sungai Amazon Ikan Discus banyak digemari para pecinta ikan hias Indonesia (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

IKAN Discus memiliki nama latin Symphysodon, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang cukup diminati oleh para pecinta ikas hias. Betapa tidak, bentuk tubuhnya yang unik dan warna yang menawan, membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan Discus.

Ikan Discus pertama kali ditemukan sekitar tahun 1840 di Brazil, oleh sang penemu yakni Dr/ Johan Jacob Heckel Discus. Hingga akhirnya penamaan ikan Discus menggunakan nama sang penemu.

Baca Juga:

Mengintip Cantiknya Ikan Cichlid Asal Afrika Bersama Cichlid Hobbies Indonesia

Ikan hias tersebut merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazon, Brazil. Jenis ikan yang satu ini memiliki nilai ekonomis cukup tinggi, serta digemari para pecinta ikan hias di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Juniarto Tri Wibowo, Breeder Ikan Discus (Foto:

Salah satunya ialah Juniarto Tri Wibowo, pecinta ikan Discus asal Cikeas, Bogor. Pria yang akrab disapa Ijun tersebut mulai menyukai ikan Discus sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Hingga akhirnya saat dewasa, Ijun kembali menyalurkan hobi dan kecintaanya pada ikan Discus beberapa tahun terakhir ini. Sekiranya sejak 2016 lalu, Ijun mulai fokus mengembangbiakan ikan Discus.

Dalam mengembang biakan ikan hias seperti ikan Discus, tentu bukan perkara mudah. Karena ikan yang satu ini terbilang cukup spesial. Dibutuhkan beberapa trik khusus untuk sukses dalam mengembangbiakan Discus.

Saat ditemui merahputih.com pada Kamis (9/10), Ijun membagikan tips untuk mengembangbiakan alias breeding ikan Discus.

"Langkah pertama yakni siapkan akuraium berukuran 100x40 cm. Setelah itu masukan 8-10 ikan Discus indukan, yang terdiri dari ikan jantan dan betina. Untuk indukan, pilihlah ikan yang berusia 10-18 bulan, karena di usia tersebut ikan sudah siap untuk di breeding," ujar Juniarto Tri Wibowo pada merahputih.com.

Untuk jantan dan betina ikan Discus memang sulit dibedakan, tapi ada beberapa ciri tertentu. Ikan jantan sirip atasnya agak runcing, sementara betina cendrung memiliki warna lebih cerah.

Setelah sekitar 8-10 indukan di satukan, Ijun menjelaskan nantinya para ikan tersebut akan memilih pasangan sendiri. Kemudian barulah dilakukan pemisahan.

Baca Juga:

Kisah Anang Buchori Pengusaha Ikan Cupang yang Punya Omset Puluhan Juta

"Ketika sudah terpantau mojok berduaan di salah satu sudut akuarium, biasanya ikan galak dengan yang lain. Ikan yang siap kawin cendrung galak dan memisahkan diri dan lebih agresif dari ikan lainnya," katanya.

Ikan Discus akan lebih agresif saat sudah siap kawin (Foto: Mp/Raden yusuf nayamenggala)

Setelah terlihat ciri-ciri ikan yang potensial untuk kawin, maka ikan tersebut dipisahkan ke tank breed 50x50 cm. Di sini, kamu harus menyiapkan cone untuk media telur discus, atau paralon yang berdiri vertikal.

Setelah pemisahan di tank breed, kurang lebih 7 hari ikan akan bertelur. Usai proses pembuahan selesai, masukan methylene blue ke dalam tank breed, untuk pencegahan pembusukan pada telur dan pencegahan jamur.

Setelah itu, cone untuk media telur discus, sebaiknya dilindungi dengan kawat alumunium, agar telur tak dimakan oleh induknya. Untuk pakannya sendiri, selama pembuahan indukan bisa kamu berikan cacing beku.

Selanjutnya, telur-telur ikan discus menetas sekitar 48-72 jam. Sekali bertelur ikan Discus bisa mencapai 400 ekor. Setelah 5 hari usai menetas, ikan sudah bisa berenang dan akan menempel di induk, atau istilahnya 'gendong anak'.

Nantinya bayi-bayi ikan Discus akan di asuh secara bergantian oleh induknya. Barulah pada hari ke-12 pasca menetas, anak ikan bisa dibantu dengan asupan makanan dengan artemia.

Setelah 5 hari usai menetas, ikan sudah bisa berenang dan akan menempel di induk (Foto: Mp/Raden yusuf nayamenggala)

Ketika masa 'gendong' sudah mencapai 21 hari, anak ikan discus sudah bisa di pisah atau di sapih ke tank berukurang 100x40 cm. Lalu berikanlah artemia sebagai pakan anak discus yang sudah dipisah, sekitar 3-8 kali sehari.

Ketika anak-anak Discus sudah berusia 4 bulan dan berukuran 2 inci, ikan sudah siap dijual. Kisaran harga untuk ukuran 2 inci yakni Rp70 ribu - Rp250 ribu. Sementara bila ikan sudah mencapai ukuran 4 inci, harganya bisa mencapai Rp500 ribu - Rp6 juta per ekor. (Ryn)

Baca Juga:

Berawal dari Iseng, Bisnis Ikan Cupang Raup Omzet Rp500 juta

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
10 Film Besar Hollywood ini Siap Mengisi Bioskop Sepanjang 2021
ShowBiz
10 Film Besar Hollywood ini Siap Mengisi Bioskop Sepanjang 2021

Film yang dinanti-nanti akhirnya akan rilis tahun ini.

Milo Tanpa Susu, Inovasi Plant-based Nestlé di Asia Tenggara
Fun
Milo Tanpa Susu, Inovasi Plant-based Nestlé di Asia Tenggara

Produk tersebut adalah salah satu inovasi plant-based atau nabati terbaru dari Nestlé.

Koleksi BAPE x New Balance, Lowkey Fashionable Abis
Fashion
Koleksi BAPE x New Balance, Lowkey Fashionable Abis

Koleksi ini bernama "Apes Together Strong"

Kisah Pilu di Balik ‘Miracle in Cell No 7’
ShowBiz
Kisah Pilu di Balik ‘Miracle in Cell No 7’

Mirip dengan cerita pria yang masuk penjara meski tidak bersalah.

Kotoran Telinga Bisa Ungkap Tingkat Stresmu
Hiburan & Gaya Hidup
Kotoran Telinga Bisa Ungkap Tingkat Stresmu

Hormon kortisol memiliki peran penting saat seseorang sedang stres.

Perut Buncit? Begini Mengecilkannya
Fun
Perut Buncit? Begini Mengecilkannya

Perut buncit mengganggu penampilan? Begini menghilangkannya.

Raih Beragam Manfaat dari Buah Tin
Fun
Raih Beragam Manfaat dari Buah Tin

Hal itu karena terdapat beberapa kandungan lainnya seperti, serat, Vitamin B6, dan kaya akan antioksidan.

Female Athlete of The Year Versi AP Jatuh Kepada Naomi Osaka
Fun
Female Athlete of The Year Versi AP Jatuh Kepada Naomi Osaka

Ia juga berhasil menjadi atlet perempuan dengan pendapatan tertinggi

Biar Waras, Masak Aja!
Hiburan & Gaya Hidup
Biar Waras, Masak Aja!

Kesehatan jiwa haruslah dicapai dengan menjalani hal-hal yang membuat kamu bahagia.

Naif Berhenti Setelah 25 Tahun
ShowBiz
Naif Berhenti Setelah 25 Tahun

Naif resmi bubar.